Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Terbaru Ganti Password Akun Tokopedia di Website agar Tidak Diretas Hacker

Ganti Password Tokopedia

Cara mengganti kata kunci Tokopedia dengan mudah.


Tersiar berita yang kurang sedap dari salah satu e-commerce besar Indonesia, Tokopedia, yang mana dikabarkan bahwa setidaknya sebanyak 15 juta data pengguna telah diretas oleh hacker dan dijual pada forum online.

Tokopedia adalah situs jual beli online yang mengklaim diri sebagai yang terlengkap, mudah dan aman di Indonesia. Selain melalui website, Tokopedia juga dapat diakses oleh pengguna dari aplikasinya perangkat seluler, seperti di Android melalui Google Play Store dan iOS (iPhone) via Apple Store.

Tentu saja, ini adalah kabar yang mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi pengguna Tokopedia untuk secepatnya mengubah password atau kata kunci alias sandi Tokopedia yang digunakan saat ini.

Tutorial Ganti Password Tokopedia


  • Buka website Tokopedia disini
  • Masuk atau login menggunakan email dan password kamu
  • Pilih verifikasi menggunakan email atau SMS ke nomor telepon (sebaiknya pilih SMS supaya lebih cepat karena proses ini hanya berlangsung 30 detik)
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon foto profil yang berada di kanan atas website
  • Pilih Pengaturan (Setting)
  • Pada menu profile, pilih tab Keamanan (Security)
  • Klik Ubah Kata Sandi (Change Your Password)
  • Masukkan Kata Sandi Lama (Old Password), Kata Sandi Baru (New Password), dan lakukan Ulangi Kata Sandi Baru (Retype New Password), lalu Klik tombol Ubah (Change).
  • Selesai, kata sandi lama telah berhasil diubah

Tips Mencegah Hack


Apabila kamu adalah tipe orang yang menggunakan password yang sama untuk semua akun yang dimiliki, sebaiknya juga mengubah kata sandi dari semua akun yang ada, mulai dari email, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), dan lainnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, disarankan juga untuk mengganti kata kunci secara berkala sebagai langkah pencegahan. Dan, jangan lupa juga untuk selalu keluar atau Sign Out setelah selesai menggunakan atau bertransaksi di website Tokopedia atau pada situs manapun.

Saran Membuat Password yang Kuat


Supaya password sulit untuk di-hack oleh peretas maka kamu harus mengkombinasikan antara huruf, angka, dan simbol. Usahakan kata kunci yang kamu buat setidaknya mengandung satu huruf besar, angka, dan simbol.

Disarankan untuk tidak menggunakan kombinasi yang mudah untuk kata kunci, seperti sama seperti username/ID, email, 123456, tanggal lahir, nomor telepon seluler atau informasi tentang diri sendiri yang kira-kira mudah untuk diketahui.

Contoh password yang baik dan benar: Teknolog1pintar!

Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Ganti Password Akun Tokopedia di Website agar Tidak Diretas Hacker"

Berlangganan via Email