Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Coba, 10 Game Android Gratis Populer di Indonesia Tahun 2020

Game Android gratis populer di Indonesia 2020

Tren game Android populer selalu berubah ubah setiap tahun. Bahkan, ada yang awalnya sangat populer kemudian popularitasnya pudar karena hadirnya banyak game baru dengan gameplay yang lebih fresh hingga terlupakan oleh gamer.

Dikarenakan ada banyak banget game Android yang ada di Google Play Store maka saya akan merangkumnya dalam sebuah daftar 10 game di Hp atau smartphone Android yang memiliki popularitas sangat tinggi pada tahun 2020.

Sebagai penilaian, sebagian saya ambil dari game memiliki penjualan game yang tinggi, dan sebagian lainnya dipilih karena komunitasnya yang solid meskipun sudah rilis sejak lama. Jadi, daftar game populer ini dibuat berdasarkan pengamatan dan pendapat pribadi.

Oke, di bawah ini adalah daftar game Android dengan popularitas tinggi di Indonesia versi Teknologipintar.com.

Free Fire


Game bergenre Battle Royale ini adalah yang paling populer di Indonesia saat ini. Meski sering dapat ledekan dari gamer sebagai game tanpa pintu dan grafisnya burik, tapi nyatanya game yang diterbitkan oleh Garena ini tetap ramai dimainkan oleh gamer tanah air.

Selain gameplay yang seru, spesifikasi Hp yang dibutuhkan untuk memainkan Free Fire juga tidak perlu tinggi. Oleh karena itu, game ini sangat populer di kalangan anak-anak yang hanya punya Hp Android low spec.

Mobile Legends: Bang Bang


MOBA kok analog? Tapi mau bagaimana lagi, tren MOBA analog inilah yang membuat Mobile Legends jadi sangat digemari. Game buatan Moonton ini sangat populer di Indonesia karena menawarkan gameplay cepat daripada MOBA PC.

Komunitasnya juga luas dan solid sehingga tidak susah untuk mencari teman untuk main bareng (mabar). Ekosistem esports Mobile Legends bisa dibilang sebagai yang terbesar di Indonesia, dan membuat esports dikenal luas oleh masyarakat umum.

PUBG Mobile


Battle Royale yang satu ini punya grafis lebih baik dari Free Fire. Selain itu, PUBG Mobile juga franchise yang diadaptasi dari pionir Battle Royale di PC, yaitu PlayerUnknown's Battlegrounds.

Ekosistem esports PUBG Mobile juga sangat berkembang, mulai dari tingkat amatir, antar sekolah, hingga profesional. Dari kompetisi lokal hingga nasional. Disamping itu, lumayan banyak komunitas yang membuat turnamen sendiri dengan hadiah ala kadarnya.

Hanya saja, PUBG Mobile membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi untuk memainkannya. Sehingga, game ini lebih populer bagi pengguna remaja atau dewasa yang mampu beli ponsel pintar dengan spesifikasi tinggi.

Lords Mobile


Awalnya, saya bingung. Kenapa Lords Mobile bisa rame banget sih? Tapi, setelah coba memainkannya, ternyata game ini sangat adiktif.

Selain gameplay strateginya yang unik, fitur petualangan yang ditawarkan juga menarik dan ada komunitasnya. Membuat kita ingin terus memainkan Lords Mobile, meningkatkan kekuatan, dan menghancurkan kerajaan lain.

Disamping itu, penawaran belanja item in-game yang diberikan oleh sistem juga sangat menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Well, saya sempat beberapa kali beli dengan ikhlas karena teknik promosinya yang pas banget dengan kondisi yang sedang saya hadapi di game.

Pokemon GO


Game yang sempat fenomenal di awal perilisannya ini punya gameplay yang sangat melibatkan komunitas. Apabila kamu hanya main sendirian, mungkin Pokemon GO tidak akan jadi game yang menarik. Tapi, setelah kamu join dengan komunitas dan main bareng mereka, barulah keseruan dari game ini akan sangat terasa.

Selain itu, Pokemon GO rutin mengadakan event sehingga kamu tidak akan bosan memainkan game yang mengandalkan Augmented-Reality (AR) dan GPS ini dalam jangka panjang. Saya sendiri sudah memainkannya sejak game ini rilis di tahun 2016 dan masih aktif hingga sekarang.

Call of Duty Mobile


Game mobile shooter ini tampil dengan grafis yang bagus banget. Call of Duty Mobile atau CODM menawarkan dua mode permainan yang akrab bagi gamer pecinta game shooter, yaitu Team Deathmatch dan Battle Royale. Untuk game berkelas seperti ini, tentu saja dibutuhkan smartphone dengan spesifikasi cukup tinggi sehingga pemainnya lebih banyak ke kaum menengah atas.

Honkai Impact 3rd


Suka dengan game action? Nah, game dengan grafis 3D bergaya anime ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Selain grafis yang bagus, efek serangan yang ditampilkan dalam setiap pertarungan juga sangat luar biasa keren.

Pada game yang disukai oleh penggemar Jejepangan ini, banyak banget karakter perempuan yang bisa dipilih dan digunakan, mulai dari yang berparas kawaii hingga tegas.

Roblox


Ini adalah saingan dari Minecraft. Tapi, Roblox lebih asik karena bisa dimainkan secara gratis dan tampil dengan grafis bergaya LEGO. Di game ini, kamu bisa bermain di banyak pilihan lokasi dan menjadi apapun. Bahkan, bisa membuat duniamu sendiri.

Selain di Android, Roblox juga tersedia pada berbagai platform permainan, mulai dari iOS (iPhone), PlayStation 4, Xbox One, PC, dan VR headset. Menariknya, kamu bisa bermain dengan gamer beda platform karena ada fitur crossplay.

Arknights


Ini adalah game yang menggabungkan antara genre RPG dan Tower Defense. Karakter disini disebut Operator. Ada banyak Operator dengan berbagai kelas yang bisa kamu dapat dan gunakan. Jumlah bintang akan menentukan kekuatan dan karakter yang kamu miliki.

Tidak banyak yang saya ketahui mengenai gameplay dari Arknights. Tapi, berdasarkan pendapat teman-teman yang doyan Jejepangan dan game wibu, saya dapat menilai kalau game ini cukup populer di Indonesia.

Apalagi, Arknights juga sempat direkomendasikan oleh Kominfo sebagai salah satu game mobile untuk main di rumah ketika Pandemi COVID-19.

Clash of Clans


Sebelum Free Fire dan Mobile Legends "menyerang", Clash of Clans atau CoC adalah game Android dengan komunitas yang sangat besar di Indonesia. Yang jual ID CoC juga banyak. Di CoC, kamu akan berbagai untuk membangun sebuah desa kecil dan megembangkannya hingga menjadi kerajaan yang kuat.

Atur bangunan serta tingkatan levelnya hingga yang tertinggi dan buat pertahanan untuk menahan serangan musuh. Di saat yang sama, kamu juga harus mempersiapkan pasukan terkuat untuk menggempur desa pemain lain.

***

Itulah daftar 10 game Android gratis yang paling populer di Indonesia tahun 2020. Semua game pada daftar di atas bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Jadi, kamu tinggal cari saja di market Android terbesar Google itu.

Meski tahun ini belum berakhir, tapi saya cukup yakin kalau mereka bakal terus populer hingga akhir tahun ini, setidaknya sampai ada game baru yang mampu menggeser popularitas mereka di hati gamer Indonesia.

Apabila kamu punya penilaian sendiri tentang game Android gratis yang paling populer di Indonesia, ayo berikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Wajib Coba, 10 Game Android Gratis Populer di Indonesia Tahun 2020 "

Berlangganan via Email