Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transaksi Naik Drastis! Alfagift Jalin Kemitraan dengan MoEngage

alfagift alfamart

Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan.

MoEngage merupakan platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan, dipercaya oleh lebih dari 1000 merek konsumen global seperti Ally Financial, McAfee, Flipkart, Domino's, Nestle, Deutsche Telekom, Travelodge, dan banyak lagi.

Melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90.

"Kami membangun Alfagift karena kami menyadari adanya peluang besar untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia kami," kata Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift. "MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat."

Sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota sudah semakin populer karena ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja.

Alfagift diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce bagi para pelanggan setia serta memungkinkan mereka agar merasakan pengalaman belanja pribadi dengan manfaat lebih seperti penawaran, diskon, dan loyalty point hingga produk yang lebih beragam layaknya di toko fisik Alfamart.

Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisa jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler.

"Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan brand inovatif seperti Alfagift, yang mengutamakan customer-centricity dalam strategi bisnis mereka. Keterlibatan berbasis wawasan akan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital, dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami dan memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi," kata Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage.

Berbekal visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, berikut adalah strategi yang telah dirancang atas kemitraan dengan MoEngage.
  • Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan: Menggunakan alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembeliannya. Alfagift melihat adanya 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.

  • Meningkatkan Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU) dengan mendorong adopsi dan menawarkan komunikasi berbasis perjalanan yang relevan di berbagai saluran: Melalui langkah ini, Alfagift berhasil meningkatkan DAU menjadi 214 ribu dan MAU menjadi 1,4 juta. Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45% di DAU.

  • Meningkatkan kerekatan aplikasi dengan menawarkan diskon yang relevan menggunakan wawasan dan preferensi belanja: Alfagift bekerja sama dengan MoEngage untuk menyoroti manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli produk apa pun. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75% pelanggan dari H0 hingga H90.

MoEngage memberdayakan pemasar dan pemilik produk dengan wawasan tentang perilaku pelanggan dan kemampuan untuk bertindak berdasarkan wawasan tersebut untuk melibatkan pelanggan di seluruh web, seluler, email, sosial, dan saluran perpesanan.

Merek konsumen di 35 negara menggunakan MoEngage untuk mendukung pengalaman digital bagi lebih dari 900 juta pengguna setiap bulan. Dengan kantor di sembilan negara, MoEngage didukung oleh Steadview Capital, Multiples Private Equity, Eight Roads, F-Prime Capital, Matrix Partners, Ventureast, dan Helion Ventures.

Posting Komentar untuk "Transaksi Naik Drastis! Alfagift Jalin Kemitraan dengan MoEngage"