Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Tutorial Membuat Daftar Isi Video di YouTube, Cara Menggunakan Fitur Timestamp

Cara menggunakan fitur timestamp video di YouTube

Cara membuat timestamp di video YouTube.


Ada berbagai cara untuk membuat video yang diunggah ke YouTube menjadi menarik, salah satunya adalah dengan membuat daftar isi, chapter atau timestamp dalam sebuah video.

Fungsi timestamp adalah agar para penonton atau viewers mengetahui daftar isi dalam sebuah video sehingga mereka bisa langsung menuju ke menit dan detik dari pembahasan yang diinginkan.

Cara membuat timestamp di video YouTube ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu menuliskan waktu dari setiap adegan beserta keterangannya di dalam deskripsi video.

Contoh Penulisan Timestamp


Misalnya, dalam video Makaroni Ngehe di channel YouTube pribadi saya. Saya ingin memberikan informasi bahwa adegan keledesannya itu dimulai pada menit 1, di detik 36, yang dipisah dengan titik dua (:). Maka, keterangan timestamp yang kamu tulis di deskripsi adalah 01:36 Mulai kepedesan.

Jadi, format penulisannya adalah menit:detik. Kalau lebih dari sejam (mungkin) begini, yaitu jam:menit:detik. Belum yakin dengan yang sejam karena belum pernah mengunggah video sepanjang itu. Tapi, jika kamu punya pengalaman, berikan pendapat di kolom komentar, ya!

00:00 Intro video
00:58 Mulai makan
01:36 Mulai kepedesan
02:12 Kesimpulan

Cara memberikan timestamp ke video YouTube dapat dilakukan ketika upload video baru atau ke unggahan video lama melalui fitur Edit Video.

Format penulisan timestamp YouTube yang baik dan benar

Kemudian tuliskan timestamp sesuai yang diinginkan pada bagian Description. Kalau sudah selesai ditambahkan, jangan lupa klik Save.

Edit video YouTube untuk menambah timestamp

Video yang diberikan timestamp juga akan berbeda. Kamu bisa lihat di timeline-nya. Video yang memiliki timestamp, timeline-nya bakal terlihat putus-putus. Kemudian, pada setiap timeline juga akan ada keterangan berdasarkan yang ditulis oleh pemilik video.

Video YouTube yang sudah diberikan timestamp

Seperti yang kamu lihat di gambar atas, saya menulis Mulai makan di detik 58 maka mulai waktu yang ditentukan itu, keterangannya adalah "Mulai mKn" sampai menemukan timestamp baru atau video selesai jika tidak ada timestamp lainnya.

Manfaat Menggunakan Timestamp


Ada banyak manfaat dari penggunaan timestamp ini, baik untuk viewers maupun content creator (YouTuber).

Bagi viewers, akan lebih mudah untuk langsung menuju menit dan detik dari pembahasan yang ingin dilihat dengan mengklik teks timestamp di deskripsi video. Atau, bisa mengetahui durasi dari suatu pembahasan pada setiap chapter dalam video.

Untuk content creator, (seharusnya) akan mendapatkan views lebih banyak karena setiap klik di timestamp itu dihitung sebagai views. Selain itu juga akan membuat viewers jadi lebih cepat untuk menuju pembahasan yang diinginkan sehingga mereka merasa lebih nyaman dan kembali lagi.

***

Oke, demikianlah tutorial dari saya untuk membuat daftar isi chapter di video YouTube melalui fitur timestamp. Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang pembahasan ini atau ingin berbagi pengalaman dalam memanfaatkannya, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Tutorial Membuat Daftar Isi Video di YouTube, Cara Menggunakan Fitur Timestamp"

Berlangganan via Email