Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Sistem Operasi Android 32-bit atau 64-bit

Cara mengetahui Android 32-bit dan 64-bit

Niantic Lab memberikan pengumuman bahwa melalui update bulan Agustus 2020, Pokemon GO tidak akan lagi mendukung ponsel dengan sistem operasi Android versi 32-bit.

Pokemon GO adalah game mobile Augmented-Reality (AR) yang sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Untuk memainkannya, pemain harus berjalan dan berinteraksi dengan pemain lain sambil membawa ponsel di dunia nyata.

Keputusan yang diumumkan melalui blog resmi ini bertujuan agar Niantic bisa fokus mengembangkan Pokemon GO untuk sistem operasi dan teknologi terbaru.

Pokemon GO tidak bisa dimainkan di Android 32-bit

Dengan kebijakan ini nantinya tidak akan mempengaruhi pengguna Android 64-bit dan perangkat iOS dalam memainkan Pokemon GO.

Bagi gamer yang masih ingin memainkan Pokemon GO, disarankan untuk mengganti ponsel pintarnya ke gadget dengan sistem operasi Android 64-bit atau beralih ke iOS (iPhone).

HP Android yang Tidak Bisa Memainkan Pokemon GO


Niantic juga memberikan daftar HP smartphone Android 32-bit yang tidak lagi bisa memainkan Pokemon GO, yaitu Samsung, Sony Xperia, Motorola, dan sebagian ponsel yang diluncurkan di bawah tahun 2015.

Dari Samsung, yaitu Galaxy S4, S5, Note 3, J3. Sedangkan Sony Xperia ada Z2 dan Z3. Dan, dari Motorola hanya Motorola Moto G generasi pertama.

Jika penasaran dan ingin mengetahui sistem operasi Android yang digunakan 32-bit atau 64-bit, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama AIDA64 yang dapat di-download secara gratis dari Google Play Store.

Cara Melihat Android 32-bit atau 64-bit dengan AIDA64


  • Buka AIDA64 di ponsel kamu
  • Pilih menu CPU

    AIDA64 CPU

  • Nah, setelah masuk menu CPU, di bagian Instruction Set ada keterangan tentang versi Android 32-bit atau 64-bit

    AIDA64 Instruction Set


  • Kalau ponsel yang saya gunakan, ASUS ZenFone Max Pro M2, keterangannya adalah 64-bit ARMv8-A

Konversi 32-bit ke 64-bit


Mungkin, kamu bertanya-tanya tentang cara untuk melakukan konversi (covert) sehingga Android 32-bit dapat berubah menjadi 64-bit maka jawabannya adalah tidak bisa.

Gunanya mengetahui 32-bit dan 64-bit adalah agar kita bisa mengetahui, apakah Android yang digunakan mendukung aplikasi yang ingin digunakan atau tidak. Kasusnya persis seperti Pokemon GO ini, yang akhirnya memutuskan untuk tidak support Android 32-bit.

***

Demikianlah tips dari saya bagi yang ingin mengetahui perangkat Android yang sedang digunakan menggunakan Android 32-bit atau 64-bit.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melihatnya, seperti dari website resmi dari ponsel yang kamu gunakan, CPU-Z, Antutu Benchmark, atau lihat versi Kernel di About Phone, tapi bagi saya metode yang praktis dan cepat adalah melalui AIDA64.

Apabila masih bingung dan kamu punya ada pertanyaan tentang tips yang saya buat ini atau apapun mengenai Pokemon GO, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Sistem Operasi Android 32-bit atau 64-bit"

Berlangganan via Email