Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Esports Lokapala PON XX Papua Jadi Momentum Kebangkitan Game Lokal Indonesia

lokapala pon xx papua 2021

PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk cabang olahraga esports yang mana terdapat beberapa game popular yang dipertandingkan, salah satunya game karya anak bangsa, yaitu Lokapala.

Meskipun diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan game Lokapala ini patut menjadi catatan tersendiri karena dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat game karya anak bangsa di pentas prestisius nasional maupun pada kancah global.

"Dengan diselenggarakannya pertandingan persahabatan ini pada PON XX Papua, kami berharap dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan game tanah air," ujar Dedi Suherman, CEO Melon Indonesia.

Pertandingan yang dilaksanakan secara offline dengan prokes ketat dan menyuguhkan total hadiah Rp180 juta ini diselenggarakan pada tanggal 22 September untuk pertandingan semifinal, 23 September untuk pertandingan Bronze Match, dan 25 September grand final. Dari hasil timeline match tersebut, diperoleh 4 tim terbaik sebagai pemenang.

Juara dan hadiah eksibisi esports Lokapala PON XX Papua 2021
  • Juara 1: Jeet Esports - Rp100 Juta + Piala
  • Juara 2: Dewa United - Rp50 Juta
  • Juara 3: Capital Esports - Rp20 Juta
  • Juara 4: Pasopati Esports - Rp10 Juta

Pada kategori game Lokapala, Jeet Esports yang terdiri dari Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan, dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli Dewa United yang berisikan Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal, dan Roger Jeremy yang berada di posisi juara kedua. Sementara itu, Capital Esports yang terdiri dari Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R Asnawi harus puas sebagai peringkat ketiga.

"Sejak eksibisi esports PON XX Papua dibuka pada tanggal 21 September lalu, kita telah telah menyaksikan kehebatan 188 atlet yang bertanding dalam penuh strategi dan kecerdasan para atlet. Dan para tim yang telah bermain dalam penuh sportifitas sesuai dengan janji atlet yang telah diserukannya," Frengky Ong, Ketua Pengarah dan Sekjen PB Esports Indonesia.

Setelah diselenggarakannya pertandingan persahabatan di PON XX Papua 2021, diharapkan semua kategori game dan atlet bisa terus maju dan mendapatkan sambutan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang baik agar bisa mengangkat kiprah esports Indonesia di kancah dalam negeri maupun di pasar global.