Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Smart TV Perlu Antena? Kelebihan Saluran TV Digital

smart tv

Sejak dihentikan pada 2 November 2022, banyak pengguna TV analog yang mungkin ingin beralih ke smart TV karena televisi jenis tersebut biasanya sudah dibekali oleh fitur TV digital sehingga tidak perlu lagi untuk menambah Set Top Box (STB) untuk bisa menonton saluran TV favoritnya.

Kemudian muncul pertanyaan. Mungkin pertanyaan umum yang biasanya muncul di benak orang-orang atau masyarakat yang baru ingin beralih dari TV analog ke smart TV. Sebuah pertanyaan yang biasanya terfikirkan saat ingin membeli TV baru di masa sekarang ini, khususnya smart TV, karena harganya tentu saja lebih tinggi daripada TV LCD biasa yang belum dibekali dengan teknologi penerima sinyal TV digital.

Pertanyaan tersebut adalah seputar, "Apakah smart TV perlu menggunakan antena" atau "Apakah smart TV bisa menggunakan antena biasa".

Well, saya akan menjawab berdasarkan pengalaman memiliki smart TV, tepatnya android TV, dan juga fakta di lapangan mengenai hal tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi sejauh ini, smart TV masih tetap memerlukan antena untuk mendapatkan sinyal siaran TV analog maupun digital. Antena yang digunakan juga tidak perlu khusus karena bisa menggunakan antena biasa, baik itu yang langsung colok di belakang TV atau yang memerlukan power listrik tambahan untuk penerimaan sinyal yang lebih kuat.

Intinya, smart TV masih memerlukan antena untuk bisa nonton saluran TV digital. Berbeda halnya jika Anda ingin internetan atau nonton lewat aplikasi di smart TV, bukan antena yang dibutuhkan, tetapi sinyal Wifi dengan internet yang aktif.

Jadi, teknologi yang digunakan untuk nonton saluran TV digital dan nonton lewat aplikasi di smart TV adalah berbeda.

Kelebihan Saluran TV Digital


Dibandingkan dengan siaran TV analog, TV digital memiliki tayangan yang lebih bagus dan stabil. Bisa saja, siaran TV analog menampilkan tayangan yang bagus pada channel atau saluran tertentu, namun apakah bisa dipastikan saluran yang lain akan sebagus yang itu juga. Belum tentu! Karena biasanya, pemirsa harus menggeser atau mengatur ulang posisi antena jika ingin memperoleh tayangan yang bagus di channel lainnya.

Berbeda dengan saluran TV digital. Asalkan televisi kita sudah mendapatkan saluran yang ingin ditonton, sudah pasti gambarnya akan bagus. Tidak perlu mengatur posisi atau memutar-mutar antena lagi.

Disamping itu, ada banyak saluran TV digital baru dengan tayangan-tayangan yang menarik. Saluran TV yang belum pernah saya temui ketika masih memanfaatkan saluran TV analog, seperti Mentari TV dan Gramedia TV. Bahkan di TV Digital, TVRI memiliki setidaknya 4 saluran dengan tema berbeda.

Posting Komentar untuk "Apakah Smart TV Perlu Antena? Kelebihan Saluran TV Digital"