Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mudah dan Cepat, Cara Bayar PBB di Internet Banking BCA

PBB

Bayar PBB di KlikBCA mudah dan cepat.

Setiap tahun, pemilik tanah dan rumah akan mendapatkan tagihan dari kelurahan melalui Rukun Tetangga (RT) masing-masing yang berupa Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) untuk properti yang dimiliki.

Dulu, pembayaran PBB hanya dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor kelurahan, kemudian membayar secara tunai disana. Namun, karena teknologi sudah semakin maju sehingga pelunasannya jadi lebih mudah, yaitu melalui online atau internet banking. Salah satunya, yang saya gunakan adalah layanan internet banking dari BCA di website KlikBCA.

Bagi kamu yang ingin bayar PBB melalui cara tersebut, langkah-langkahnya bisa baca di bawah ini.

Cara Bayar PBB melalui KlikBCA


  1. Buka website KlikBCA
  2. Masukkan USER ID dan password
  3. Pilih menu Pembayaran di sisi kiri layar, lalu klik submenu Pajak
  4. Pada laman Pajak, pilih Jenis Pajak PBB, masukkan Nomor Objek Pajak (NOP), dan Tahun tagihan pajak yang ingin dibayar
  5. Klik Lanjutkan
  6. Cek informasi yang diberikan dan pastikan tagihan pada KlikBCA sama dengan SPPT PBB kamu terima
  7. Jika tagihan sudah sesuai, masukkan kode Respon KeyBCA, lalu klik Kirim
  8. Selesai, PBB lunas, dan jangan lupa simpan (Save) bukti pembayaran atau Print juga boleh

Perlukan Melakukan Validasi Setelah Bayar PBB melalui Internet Banking?


Tidak perlu datang ke kelurahan setelah melakukan pembayaran melalui internet banking karena sistemnya sudah online. Namun, jika ingin meminta stempel lunas pada kertas tagihan PBB, silakan datang ke kantor dengan membawa bukti pembayarannya.

Jika punya banyak waktu, disarankan untuk bayar di kelurahan karena akan dapat cap lunas. Hanya saja, bagi orang yang tidak sempat datang, tidak ada salahnya untuk melakukan pembayaran pajak melalui alternatif online yang tersedia.

Apakah PBB Saya Bisa Bayar via Internet Banking BCA?


Perlu diketahui, sepertinya belum semua daerah PBB-nya bisa dibayarkan secara online atau melalui internet banking, khususnya BCA. Dikarenakan, ada teman-teman yang mengaku error ketika mencoba melakukan pembayaran melalui layanan jenis ini. Namun, untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang Selatan (tempat tinggal saya), sudah bisa bayar PBB melalui KlikBCA.

Apa Bisa Bayar PBB Lewat BCA mobile?


Walaupun hampir semua fitur internet banking bisa dilakukan di BCA mobile, sayangnya hingga saat ini pembayaran pajak, khususnya PBB, belum bisa.

Belum Dapat Tagihan, Apakah Bisa Bayar PBB?


NOP setiap tahunnya tidak akan berubah-ubah alias tetap, jadi kamu bisa membayar PBB tahunan walaupun tagihannya belum diberikan karena alasan (mungkin) Ketua RT-nya lupa atau kertas tagihannya hilang.

Denda Telat Bayar PBB


Batas waktu pembayaran PBB ini biasanya jatuh pada tanggal 31 Agustus. Jika telat akan dikenakan denda sebesar dua persen setiap bulan sejak tanggal jatuh tempo. Keterlambatan bayar PBB paling lama adalah 24 bulan atau dua tahun.

Cara Mudah Hitung Total Denda PBB


Tagihan PBB di SPPT PBB dikali dua persen, hasilnya dikali jumlah bulan setelah tanggal jatuh tempo. Misalnya, tagihannya sejuta, telat bayar tiga bulan.

Hitung denda per bulan.

Rp1.000.000*2/100 = Rp20.000

Total denda tiga bulan.

Rp20.000*3 = Rp60.000

Jadi, denda yang harus dibayar adalah Rp60.000.

Posting Komentar untuk "Mudah dan Cepat, Cara Bayar PBB di Internet Banking BCA"

Berlangganan via Email