Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengalaman Terbujuk Rayuan Telemarketing Asuransi yang Ngaku dari Bank

telemarketing ngaku bca

Cara berhenti polis asuransi PRU Accident Shield dari Prudential.

Jadi, pada bulan Desember 2020, saya ditelepon oleh seseorang yang mengaku sebagai telemarketing Bank BCA dengan nomor panggilan (021) 29394500, 02129394500 atau +62 2129394500 yang menginformasikan bahwa saya mendapat suatu penghargaan atas aktivitas kartu kredit yang cukup aktif, baik dalam penggunaan dan pembayarannya.

Akhirnya, sampai pada akhirnya saya ditawarkan untuk ikutan suatu pola investasi atau tabungan yang nantinya reward akan diberikan melalui kartu kredit. Setiap bulan, akan ada bonus beberapa persen yang akan saya dapatkan dari nilai investasi, apabila tidak menggunakan kartu kredit sampai limit atau batasnya.

Setidaknya, limit kartu kredit tersisa Rp416.667, dan kalaupun terpaksa memakai sampai limit, maka diberikan waktu hingga 3 bulan untuk menyediakan ruang untuk angka minimal tersebut. Kalau hingga 3 bulan limit-nya terus terpakai, maka investasinya dibatalkan secara otomatis.

Hal tersebut dimaksudkan agar tagihan program investasi, atau tabungan lah ya, bisa diberikan kepada kartu kredit saya. Lebih kurang seperti itu yang saya ingat.

Tergiur kata-kata manis sang marketing, akhirnya saya iya iyakan saja apa yang dia sampaikan. Sampai pada akhirnya, dia meminta nama untuk "Penerima Manfaat".

Ketika ditanya seperti itu, saya langsung kepikiran bahwa penawarannya ini adalah jenis asuransi jiwa atau kesehatan. Kebetulan, sebelumnya saya langganan polis asuransi Prudential sejak 10 tahun yang lalu, mulai sekitar tahun 2010.

Kalau ternyata produk yang ditawarkan adalah asuransi, saya sih tidak mau. Untuk memastikan, saya tanyakan beberapa kali ke telemarketer-nya. Namun, dijawab bukan asuransi. Kemudian saya lanjut melakukan closing untuk persetujuan, menutup telepon dan menunggu dokumen perjanjiannya.

Setelah lebih kurang seminggu, ada kiriman ke rumah saya. Waktu dibuka, isinya adalah dokumen dan tertulis sebagai polis asuransi PRU Accident Shield dari Prudential. Saya baca-baca, eh ternyata dokumen ini adalah hasil dari penawaran telemarketer BCA tempo hari.

Waduh, padahal saya sudah memastikan kalau produk yang ditawarkan bukan asuransi dengan cara bertanya beberapa kali, dan jawabannya selalu "bukan asuransi". Tapi, apa? Ternyata asuransi.

Okelah, saya tunggu tagihan kartu kredit, biasanya datang pada pekan pertama setiap bulannya. Dan ketika saya melihat tagihan kartu kredit, ternyata biaya polisnya ditagihkan ke kartu kredit BCA.

Pada saat itu juga saya langsung telepon Halo BCA di nomor 1500888 menggunakan nomor Telkomsel (karena pulsanya banyak dan tidak terpakai, maklum nomor kedua) untuk menutup atau membatalkan asuransi tersebut.

halo bca

Biasalah, aktivitas menelepon Customer Service (CS) berjalan agak lama. Saya pun mencoba menyabarkan diri untuk menjawab pertanyaan konfirmasi data diri dari pihak BCA dan akhirnya saya mendapat kesempatan untuk berbicara dengan CS. Namun, setelah bicara untuk membatalkan, CS BCA bilang kalau BCA hanya sebagai saluran pembayarannya saja sehingga tidak bisa membantu menutup asuransi tersebut. Kemudian saya disarankan untuk menelepon langsung ke Prudential.

Saya juga sudah membaca dokumen polis PRU Accident Shield dan disana memang ada pernyataan seperti yang disampaikan oleh CS BCA, yaitu kalau BCA hanya sebagai media saluran pembayaran saja sedangkan kalau mau urus apa-apa ya langsung kontak ke Prudential.

Akhirnya, saya lanjut telepon ke hotline atau call center Prudential di nomor 1500085. Diangkat oleh CS, dan saya langsung ditanyakan beberapa hal, mulai dari nomor polis asuransi, nomor kartu kredit, alamat hingga nama penerima manfaat.

Masalahnya, saya lupa nomor polisnya, ketinggalan di rumah. Saya pun menyampaikan hal tersebut, dan ternyata masih bisa diproses dengan informasi yang disampaikan tadi. Selanjutnya, saya sampaikan keinginan untuk menutup polis PRU Accident Shield.

Alasan penutupannya pun ditanyakan, dan saya jawab karena tidak sesuai antara yang disampaikan oleh telemarketer dengan apa yang sebenarnya terjadi. Bagaimana tidak sesuai, disampaikannya tentang tabungan, tapi faktanya asuransi.

Oke, lanjut ya. Untung CS Prudential sangat membantu sehingga proses penutupan berjalan dengan sangat lancar. Namun, ada biaya administrasi untuk penutupan, yaitu Rp50.000, yang akan dipotong dari dana yang sudah ditagihkan ke kartu kredit saya sebesar Rp416.667 sehingga dana yang dikembalikan ke saya melalui kartu kredit adalah Rp366.667.

Proses pengembalian dananya adalah 14 hari. Dan tidak perlu mengembalikan buku polis asuransinya, namun lebih baik kalau dikembalikan.

Masalah selesai, namun saya masih penasaran mengenai nomor yang mengaku telemarketing BCA. Saya melakukan pencarian ke mbah Google menggunakan keyword "02129394500" dan ternyata banyak juga orang yang mengalami masalah seperti ini. Merasa terjebak produk investasi atau tabungan dari telemarketing yang mengaku dari Bank BCA.

Ternyata saya tidak sendirian, haha.

Mengenai kebenaran bahwa nomor tersebut resmi sebagai telemarketing BCA atau pihak ketiga yang hanya mengaku-ngaku, setelah saya telusuri, ternyata nomor itu tidak terdaftar di data BCA sehingga bisa disimpulkan bahwa itu bukan nomor telemarketing BCA.

Ini saya ketahui dari seorang netizen yang bertanya di akun Twitter @HaloBCA.

mengaku telemarketing bca

Dan, kamu yang membaca artikel ini juga mungkin telah dihubungi oleh nomor tersebut atau sudah terlanjur "kena" bujuk rayu telemarketing.

Sebagai penutup, disini saya tidak mempermasalahkan produknya, PRU Accident Shield dari Prudential, memang produk yang cukup bagus untuk investasi. Kalau ikutan peraturannya, produk asuransi ini memang berperan seperti tabungan, namun dengan nilai tambah asuransi jiwa kalau kita kenapa-kenapa.

Hanya saja, saya sangat menyayangkan cara dalam menawarkan produknya itu yang seperti penipuan. Kalau kamu terlanjur terbujuk rayuan, ambil langkah seperti saya, langsung saja telepon ke call center Prudential untuk melakukan penutupan.

Di lain hari, kalau saya mendapat panggilan telepon dari nomor telemarketing tersebut, akan langsung saya reject atau blokir sekalian kalau masih terus menghubungi. Sejauh ini, nomor telemarketing BCA yang saya ketahui, antara lain (021) 29265555 dan (021) 27887388.

Jika kamu memiliki pengalaman seperti ini, boleh banget tulis di kolom komentar. Mungkin saja ada pembaca yang ingin mengetahui kisah kamu dan cerita tersebut dapat menjadi masukan dalam mengambil keputusan!


Posting Komentar untuk "Pengalaman Terbujuk Rayuan Telemarketing Asuransi yang Ngaku dari Bank"

Berlangganan via Email