Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Terbujuk Rayuan Telemarketing Asuransi yang Ngaku dari Bank

telemarketing ngaku bca

Cara berhenti polis asuransi PRU Accident Shield dari Prudential.

Jadi, pada bulan Desember 2020, saya ditelepon oleh seseorang yang mengaku sebagai telemarketing Bank BCA dengan nomor panggilan (021) 29394500, 02129394500 atau +62 2129394500 yang menginformasikan bahwa saya mendapat suatu penghargaan atas aktivitas kartu kredit yang cukup aktif, baik dalam penggunaan dan pembayarannya.

Akhirnya, sampai pada akhirnya saya ditawarkan untuk ikutan suatu pola investasi atau tabungan yang nantinya reward akan diberikan melalui kartu kredit. Setiap bulan, akan ada bonus beberapa persen yang akan saya dapatkan dari nilai investasi, apabila tidak menggunakan kartu kredit sampai limit atau batasnya.

Setidaknya, limit kartu kredit tersisa Rp416.667, dan kalaupun terpaksa memakai sampai limit, maka diberikan waktu hingga 3 bulan untuk menyediakan ruang untuk angka minimal tersebut. Kalau hingga 3 bulan limit-nya terus terpakai, maka investasinya dibatalkan secara otomatis.

Hal tersebut dimaksudkan agar tagihan program investasi, atau tabungan lah ya, bisa diberikan kepada kartu kredit saya. Lebih kurang seperti itu yang saya ingat.

Tergiur kata-kata manis sang marketing, akhirnya saya iya iyakan saja apa yang dia sampaikan. Sampai pada akhirnya, dia meminta nama untuk "Penerima Manfaat".

Ketika ditanya seperti itu, saya langsung kepikiran bahwa penawarannya ini adalah jenis asuransi jiwa atau kesehatan. Kebetulan, sebelumnya saya langganan polis asuransi Prudential sejak 10 tahun yang lalu, mulai sekitar tahun 2010.

Kalau ternyata produk yang ditawarkan adalah asuransi, saya sih tidak mau. Untuk memastikan, saya tanyakan beberapa kali ke telemarketer-nya. Namun, dijawab bukan asuransi. Kemudian saya lanjut melakukan closing untuk persetujuan, menutup telepon dan menunggu dokumen perjanjiannya.

Setelah lebih kurang seminggu, ada kiriman ke rumah saya. Waktu dibuka, isinya adalah dokumen dan tertulis sebagai polis asuransi PRU Accident Shield dari Prudential. Saya baca-baca, eh ternyata dokumen ini adalah hasil dari penawaran telemarketer BCA tempo hari.

Waduh, padahal saya sudah memastikan kalau produk yang ditawarkan bukan asuransi dengan cara bertanya beberapa kali, dan jawabannya selalu "bukan asuransi". Tapi, apa? Ternyata asuransi.

Okelah, saya tunggu tagihan kartu kredit, biasanya datang pada pekan pertama setiap bulannya. Dan ketika saya melihat tagihan kartu kredit, ternyata biaya polisnya ditagihkan ke kartu kredit BCA.

Pada saat itu juga saya langsung telepon Halo BCA di nomor 1500888 menggunakan nomor Telkomsel (karena pulsanya banyak dan tidak terpakai, maklum nomor kedua) untuk menutup atau membatalkan asuransi tersebut.

halo bca

Biasalah, aktivitas menelepon Customer Service (CS) berjalan agak lama. Saya pun mencoba menyabarkan diri untuk menjawab pertanyaan konfirmasi data diri dari pihak BCA dan akhirnya saya mendapat kesempatan untuk berbicara dengan CS. Namun, setelah bicara untuk membatalkan, CS BCA bilang kalau BCA hanya sebagai saluran pembayarannya saja sehingga tidak bisa membantu menutup asuransi tersebut. Kemudian saya disarankan untuk menelepon langsung ke Prudential.

Saya juga sudah membaca dokumen polis PRU Accident Shield dan disana memang ada pernyataan seperti yang disampaikan oleh CS BCA, yaitu kalau BCA hanya sebagai media saluran pembayaran saja sedangkan kalau mau urus apa-apa ya langsung kontak ke Prudential.

Akhirnya, saya lanjut telepon ke hotline atau call center Prudential di nomor 1500085. Diangkat oleh CS, dan saya langsung ditanyakan beberapa hal, mulai dari nomor polis asuransi, nomor kartu kredit, alamat hingga nama penerima manfaat.

Masalahnya, saya lupa nomor polisnya, ketinggalan di rumah. Saya pun menyampaikan hal tersebut, dan ternyata masih bisa diproses dengan informasi yang disampaikan tadi. Selanjutnya, saya sampaikan keinginan untuk menutup polis PRU Accident Shield.

Alasan penutupannya pun ditanyakan, dan saya jawab karena tidak sesuai antara yang disampaikan oleh telemarketer dengan apa yang sebenarnya terjadi. Bagaimana tidak sesuai, disampaikannya tentang tabungan, tapi faktanya asuransi.

Oke, lanjut ya. Untung CS Prudential sangat membantu sehingga proses penutupan berjalan dengan sangat lancar. Namun, ada biaya administrasi untuk penutupan, yaitu Rp50.000, yang akan dipotong dari dana yang sudah ditagihkan ke kartu kredit saya sebesar Rp416.667 sehingga dana yang dikembalikan ke saya melalui kartu kredit adalah Rp366.667.

Proses pengembalian dananya adalah 14 hari. Dan tidak perlu mengembalikan buku polis asuransinya, namun lebih baik kalau dikembalikan.

Masalah selesai, namun saya masih penasaran mengenai nomor yang mengaku telemarketing BCA. Saya melakukan pencarian ke mbah Google menggunakan keyword "02129394500" dan ternyata banyak juga orang yang mengalami masalah seperti ini. Merasa terjebak produk investasi atau tabungan dari telemarketing yang mengaku dari Bank BCA.

Ternyata saya tidak sendirian, haha.

Mengenai kebenaran bahwa nomor tersebut resmi sebagai telemarketing BCA atau pihak ketiga yang hanya mengaku-ngaku, setelah saya telusuri, ternyata nomor itu tidak terdaftar di data BCA sehingga bisa disimpulkan bahwa itu bukan nomor telemarketing BCA.

Ini saya ketahui dari seorang netizen yang bertanya di akun Twitter @HaloBCA.

mengaku telemarketing bca

Dan, kamu yang membaca artikel ini juga mungkin telah dihubungi oleh nomor tersebut atau sudah terlanjur "kena" bujuk rayu telemarketing.

Sebagai penutup, disini saya tidak mempermasalahkan produknya, PRU Accident Shield dari Prudential, memang produk yang cukup bagus untuk investasi. Kalau ikutan peraturannya, produk asuransi ini memang berperan seperti tabungan, namun dengan nilai tambah asuransi jiwa kalau kita kenapa-kenapa.

Hanya saja, saya sangat menyayangkan cara dalam menawarkan produknya itu yang seperti penipuan. Kalau kamu terlanjur terbujuk rayuan, ambil langkah seperti saya, langsung saja telepon ke call center Prudential untuk melakukan penutupan.

Di lain hari, kalau saya mendapat panggilan telepon dari nomor telemarketing tersebut, akan langsung saya reject atau blokir sekalian kalau masih terus menghubungi. Sejauh ini, nomor telemarketing BCA yang saya ketahui, antara lain (021) 29265555 dan (021) 27887388.

Jika kamu memiliki pengalaman seperti ini, boleh banget tulis di kolom komentar. Mungkin saja ada pembaca yang ingin mengetahui kisah kamu dan cerita tersebut dapat menjadi masukan dalam mengambil keputusan!


25 komentar untuk "Pengalaman Terbujuk Rayuan Telemarketing Asuransi yang Ngaku dari Bank"

  1. Ini persis yang terjadi ke saya. Katanya akan ada bunga 10% sebagai manfaat, ujungnya ga ada apa-apa. Mungkin saya juga salah dengar karena itu di telepon dan si telemarketer ngomongnya cepet banget ya.

    Ya sudahlah, batalin aja. Jadi pelajaran pahit sih...terima kasih infonya, sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas saya Yaya boleh tanya tanya kah? kebetulan saya juga terjebak aauransi ini dan mengajukan pembatalan. kira2 brapa lama ya prosesnya? thanks

      Hapus
  2. AH AKU JUGA KENA, udah tagihan 2 bulan kartu kredit, karena baru ngeh😭 sebel tipu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba saya Yaya boleh tanya tanya kah? kebetulan saya juga terjebak aauransi ini dan mengajukan pembatalan. kira2 brapa lama ya prosesnya? thanks

      Hapus
  3. Masalahnyaa gue diakhir nekenin ini ga harus bayar kan. Kqtanya ngga sisaim kredit doang. Berartikan emang penipu. Kalo misalnya percakapannya didenger lg bisa kok. Bisa ga sih kita ngaduin biar ni produk ditutup? Terus kalo limit credit masih sisa banyak diabisin tuh tolol bgt prudential.

    BalasHapus
  4. Tapi kalo bca kalo ngga mau ngurusin. Dia juga salah, artinya dia menyebarluaskan informasi nasabahnya dong? Orang tau secara detail, alamatnya dimana dll. Kecuali dia makesure kalo itu telemarketing mereka. Kalo misalnya bca belaga gila, sok2an mengatasnamakan saja. Yaa berarti bca pun tidak menjaga privasi data nasabah dong?

    BalasHapus
  5. Wah ini persis banget dengan kasus yg saya alami. Dan kebetulan alamat surat menyurat ke kantor, jadi betul-betul terjerumus sebab PPKM jadi nggak ke kantor selama 1 bulan. Sedangkan polis dikirim ke kantor jadi dengan ketentuan sudah lewat dari 14 hari sejak dokumen polis diterima, saya TIDAK BISA REFUND premium yang sudah dicharge untuk bulan pertama, jadi untuk premi bulan Juni, IDR 416,667 x 2 polis tetap dibayar. Jadi tagihan Agustus di BCA CC saya ada premi IDR 833,334. Asli parah sih, dibikin langsung 2 polis pula.

    Setelah saya call Prudential, parahnya ini premi per bulan guys! Gila banget, menurut saya sih nggak worth it sama sekali beli asuransi model kayak gini. Please gak usah!

    Btw kalo di twitter screenshot twitter, BCA bilang itu nomor gak terdaftar, kenapa bisa di polis PRU accident shield ini bisa gamblang menyebutkan di KETENTUAN POLIS

    1. Bank
    PT Bank Central Asia yang bekerja sama dengan Penanggung dalam memasarkan produk PRU accident shield.

    Jadi agak aneh sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus jadinya di batalin ngga tuh kak? Dan total jadi nya kena biaya brapa untuk penutupan polis? Btw, saya jg kena nih kasusnya langsung 2 nomor polis

      Hapus
    2. Aku persis kaya @Retno waktu ngebatalin ke BCA "kami gak bisa membatalkan" harus telepon pihak Prudential, kerjasama tipu2 apa gimana sih, capek hati pokoknya

      Hapus
    3. Terus uangnya bisa kembali ngga ka? Soalnya sy jg kena 2 polis 8rban

      Hapus
  6. Barusan kena minggu lalu, rayuannya sama, 10% sisa limit CC akan masuk ke rekening tabungan tiap bulan. Lalu dalam keadaan ga konsen saya setuju2 aja sambil si telemarketer itu ngomong cepet2 supaya kita ga sadar sedang ditipu kali ya. saya bahkan ga nangkep kalo perbulan ada premi 416k waktu ditelpon itu.

    Akhirnya hari ini dokumen2 dan polis sampai ke rumah. Saya baca semua dan ga satupun membahas tentang program dari CC BCA barusan. Jadi saya langsung konfirmasi lewat telepon ke pihak BCA dan Pru.

    Hasilnya: Kedua pihak mengaku tidak tahu ada program 10% limit CC BCA itu.
    Fix ini penipuan dari telemarketer.

    Jadi langsung saya minta pembatalan polis lewat telepon saat itu juga. Untungnya prosesnya cepat untuk ini, ga sampe 10 menit. Salut deh CS pru.
    Tapi itu telemarketer2 keparat sangat perlu ditatar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas cs nya prudential itu 1500085 itu kah? Saya baru aja sore ini kena....

      Hapus
  7. tapi masa hanya dari telefon , tidak ada ttd diatas materai, kok mereka bisa langsung mendaftarkan kita ke suatu polis begitu saja ya ? lalu main auto debet dari creditcard

    itu kok sistem BCA bisa begitu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dengan bukti rekaman telepon sudah cukup

      Hapus
  8. aku baru saja di telpon pihak yang mengaku dari BCA .
    Dalam kondisi lagi sakit lemes ga kuat ngomong cuma ak jawab eem eemm
    Yang telpon bicara panjang lebar aku ga ngerti ga paham , akhirnya aku bilang kalo aku ga pengen ikut gitu , aku ga mau .
    Tetap saja masih merayu ngomong panjang lebar .
    Aku jawab lagi kapan kapan saja mbak aku ga pengen .
    Akhirnya dia nyerah dia tutup telpon nya

    BalasHapus
  9. Saya baru saja kena !! Memang kurang ajar ini prudential dan bca tentunya . Harus bayar 2 bulan dengan 2 polis . Gara2 telemarketing tidak jelas sekali . Kecewa sekali saya dengan bca !!

    BalasHapus
  10. Saya baru saja tadi di telpon oleh pihak asuransi mengatasnamakan btn, saya pikir awalnya hanya menawarkan produk, beberapa menit saya iyakan saja, namun makin aneh ketika validasi data saya tutup alesan sedang bekerja, apa itu sudah termasuk menyetujui yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya barusan dapet tlpon juga tapi belum sampai selesai saya matiin tlponnya? Apakh itu sudah terdaftar?? Takutnya nnti ada kiriman. Bisa d katakan terdaftar kalo kita udah mnjawab pertanyaan apa saja ya?

      Hapus
  11. Halo untuk di case saya uangnya tidak bisa kembali. Karena sudah lewat dari masa pembelajaran polis 14 hari dari diterimanya dokumen polis.

    BalasHapus
  12. Saya juga kena,langsung masuk tagihan 2x bayar.mana pembelajaran polis udah lewat 14 hari.ada yang tau gak cara pembatalan'y? Dan apa harus bayar dulu?

    BalasHapus
  13. Saya barusan kena juga kebutlan , lalu ini untuk pembatalannya gimna yaa ?

    BalasHapus
  14. Saya baru terima kiriman polisnya. Pertama kaget, krn telemarketing BCA gak ada satu kata pun nyebut itu Prudential. Nah lalu ada diinfokan soal 10 persen bunga untuk manfaat dengan batas waktu 10 tahun, tp 5 tahun juga bisa klaim. Di polis gak ada cantumkan itu sama sekali. Terimakasih tulisannya, jadi mau langsung komplain dan nutup polis.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Tadi siang di telpon karyawan BCA menawarkan produk Cc bca dan prudential,yaudah mao telp halloBCa mau tutup sekalian KK BCA nya.alasannya pake ini aja

    BalasHapus
  17. aku juga kena. udah 4 bulan gak aku bayar. karna aku blm sempet juga buat nelp prudentialnya. ini klo mau tutup aku harus bayar dulu gak ya? gede banget sebulannya 800an :(

    BalasHapus