Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagus Mana? Perbandingan Spek iPhone SE 2020 vs iPhone 8

iPhone SE 2020

Apple iPhone SE 2020 vs iPhone 8.


Pada awal tahun 2020, Apple telah meluncurkan produk baru berupa iPhone dengan harga "terjangkau" yang diberi nama iPhone SE. Ini adalah generasi kedua iPhone SE yang pertama kali dirilis pada tahun 2016.

Dari desainnya, bagi kamu yang mengikuti perkembangan iPhone, mungkin langsung sadar kalau smartphone berbasis sistem operasi iOS ini punya kemiripan dengan iPhone 8, ponsel flagship Apple di tahun 2017 silam.

Dari berbagai sumber pun diungkapkan bahwa iPhone SE memiliki spesifikasi atau spek yang mirip dengan iPhone 8. Namun, tentu saja dengan beberapa peningkatan yang membuatnya lebih layak dibeli dibanding ponsel punya jeda rilis sekitar tiga tahun itu.

Persamaan iPhone SE dengan iPhone 8


Selain desainnya yang sama persis, mulai dari dimensi body, ukuran layar 4.7 inci, posisi dan spek kamera, persamaan lainnya terletak pada bezel atas bawah yang masih sangat tebal.

Selain itu, terdapat tombol Home di bezel bawah yang membuatnya tampil semakin jadul. Padahal, tombol fisik sudah mulai ditinggalkan, bahkan pada smartphone Android murah terbaru.

Tren layar zaman sekarang kan bezeless yang mana sisi kanan, kiri atas dan bawah super tipis. Menurut saya, dari desain iPhone SE ini kurang mencerminkan smartphone masa kini.

Persamaan lainnya, mungkin terdapat pada baterainya. Well, angka kapasitasnya memang belum diketahui secara resmi, tapi dari informasi yang diberikan Apple di website, daya tahannya hingga 13 jam video playback, 8 jam video streaming, dan 40 jam audio playback yang ketahanannya punya kesamaan dengan iPhone 8.

iPhone SE 2020SpesifikasiiPhone 8
iOS 13Sistem OperasiiOS 11, tapi bisa upgrade ke iOS 13
Retina HD display
4.7-inch widescreen LCD
Multi‑Touch with IPS technology
1334-by-750-pixel resolution
326 ppi
1400:1 contrast ratio (typical)
Haptic Touch
LayarRetina HD display
4.7-inch widescreen LCD
Multi‑Touch with IPS technology
1334-by-750-pixel resolution
326 ppi
1400:1 contrast ratio (typical)
Haptic Touch
138.4 mm x 67.3 mm x 7.3 mmDimensi138.4 mm x 67.3 mm x 7.3 mm
148 gramBobot148 gram
Touch IDSensorTouch ID
Rated IP67 (maximum depth of 1 meter up to 30 minutes) under IEC standard 60529Tahan Cipratan, Air, dan DebuRated IP67 (maximum depth of 1 meter up to 30 minutes) under IEC standard 60529

Perbedaan iPhone SE dengan iPhone 8


Jika bicara persamaan dengan iPhone 8 maka iPhone SE ini bakal terkesan ampas. Namun, jika sudah mengetahui perbedaan serta peningkatan yang dibawanya, bisa jadi kamu justru ingin banget untuk membelinya.

Bayangkan saja, iPhone SE yang dijual mulai harga 399 USD ini dilengkapi prosesor A13 Bionic yang digunakan juga oleh iPhone 11 Pro yang dibandrol mulai 999 USD. Sementara iPhone 8 hanya menggunakan A11 Bionic.

Pastinya, dengan prosesor terbaru, performa iPhone SE jadi lebih baik, mulus, tanpa ngelag.

iPhone SE 2020SpesifikasiiPhone 8
A13 BionicProsesorA11 Bionic
64GB, 128GB, 256GBStorage64GB, 128GB
Dual-SIM (nano-SIM dan e-SIM)SIMnano-SIM
Black, White, RedWarnaGold, Silver, Space Grey

Selain prosesor, peningkatan juga terdapat pada fitur kameranya. Untuk spek kamera sih masih tetap sama, yaitu utama 12MP dan kamera depan 7MP.

Fitur baru kamera utama iPhone SE

  • Portrait Mode dan Dept Control untuk pengambilan dan mengatur efek bokeh
  • Smart HDR yang meningkatkan pencahayaan dan bayangan
  • Red-eye correction
  • QuickTake, memungkinkan kamu untuk merekam video dengan cepat tanpa perlu keluar dari mode foto
  • Peningkatan video: Dynamic range lebih jauh untuk mode 30fps, cinematic video stabilization pada kualitas rekaman 4K dengan stereo recording (iPhone 8 hanya sampai 1080p), dan stereo recording

iPhone SE 2020SpesifikasiiPhone 8
12MP Wide camera
f/1.8 aperture
Portrait Mode and Depth Control
Cinematic video stabilization (4K)
Smart HDR for photos
Red-eye correction
QuickTake
Kamera Utama12MP Wide camera
f/1.8 aperture

Fitur baru kamera depan iPhone SE

  • Portrait Mode
  • Cinematic video stabilization untuk kualitas rekaman 1080p (iPhone 8 tidak punya)

iPhone SE 2020SpesifikasiiPhone 8
7MP camera
f/2.2 aperture
Portrait Mode and Depth Control
Cinematic video stabilization (1080p)
QuickTake
Kamera Depan7MP camera
f/2.2 aperture

iPhone SE lebih juga karena sudah dual SIM yang terdiri dari nano-SIM dan e-SIM. Jadi, kamu bisa menggunakan dua nomor sekaligus dalam satu telepon seluler. e-SIM adalah SIM digital yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkan paket data seluler di smartphone.

Kesimpulan Perbandingan iPhone SE vs iPhone 8


Menurut saya, jika dibandingkan dengan iPhone 8 maka iPhone SE 2020 jelas lebih baik. Dengan spek yang relatif sama, iPhone SE hadir dengan peningkatan.

Untuk harga, nampaknya iPhone 8 masih lebih mahal, kecuali ada promo yang memungkinkannya jadi lebih murah.

Sejak pengumuman iPhone SE 2020, pada waktu yang sama Apple juga mengumumkan penghentian produksi iPhone 8. Produksinya ya, bukan penjualannya. Jualan sih terus berjalan. Dan, iPhone 8 yang masih bagus pun tidak akan rusak dengan kebijakan ini.

Jika muncul pertanyaan, "Apakah layak jika saya sudah punya iPhone 8, kemudian mau beli iPhone SE untuk menggantikannya?" Jawaban saya, tidak. Dalam penggunaan harian, harusnya tidak akan terasa perbedaan yang terlalu jauh.

Apabila kamu belum punya iPhone, menggunakan iPhone jadul, atau saat ini menggunakan Android, tidak ada salahnya untuk beli. Kecuali, jika punya cukup banyak uang untuk beli iPhone SE, saya tetap sarankan untuk tidak beli, haha.

Kalau punya banyak uang, sebaiknya beli iPhone 11 saja!

Posting Komentar untuk "Bagus Mana? Perbandingan Spek iPhone SE 2020 vs iPhone 8"

Berlangganan via Email