Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Keunggulannya! 5 Alasan Beralih dari Televisi Biasa ke Smart TV

Kakak Adik Nonton TV Bersama

Kemajuan teknologi, khususnya Internet of Things (IoT), berpengaruh pesat terhadap pengembangan berbagai produk terbaru. Mulai dari gadget, mesin industri, transportasi sampai perangkat hiburan seperti televisi yang disebut smart TV.

Smart TV atau televisi pintar adalah televisi yang dilengkapi fitur yang tidak dimiliki oleh televisi biasa. Kemampuan itu, antara lain yang menurut saya paling menarik adalah membuka internet browser, menjalankan aplikasi streaming video, screen mirroring, dan voice command.

Perbedaan Smart TV dengan Android TV


Pertanyaan ini sama seperti menanyakan perbedaan smartphone dengan Android. Android TV adalah smart TV yang menggunakan sistem operasi Android.

Merek atau brand pabrik televisi ternama yang beroperasi di Indonesia pun sudah banyak yang menawarkan produk smart TV, mulai dari Samsung, LG, Polytron, Sharp hingga Xiaomi.

Jadi, tidak perlu lagi bertanya mana yang lebih baik antara smart TV dengan Android TV. Kalau mau tanya produk smart TV mana yang lebih baik, yang ini sah-sah saja karena ada banyak produk dengan fitur, ukuran, dan harga yang bervariasi dari berbagai merek.

Apakah Smart TV Perlu Antena Analog?


Jawabannya adalah tergantung kebutuhan.

Apabila kamu hanya ingin menggunakannya untuk nonton YouTube atau aplikasi video streaming seperti Netflix maka hanya perlu koneksi internet saja.

Namun, jika ingin menggunakannya untuk nonton televisi seperti biasa, menggunakan antena juga bisa, asalkan ada port-nya. Penggunaan antena analog untuk nonton di smart TV sih tidak disarankan, sama seperti di LCD TV, karena tayangannya akan kurang optimal.

Menurut saya, beli smart TV tapi masih menggunakan antena analog sih percuma karena pemanfaatan fitur dan teknologinya jari tidak maksimal. Hari gini masih pakai antena analog seperti di televisi tabung, ganti ke antena televisi digital atau gunakan layanan televisi kabel agar gambar berkualitas tinggi (HD) sehingga di mata juga lebih nyaman.

Alasan Smart TV Lebih Baik dari Televisi Biasa


Seperti yang dijelaskan di atas, ada tiga manfaat smart TV yang paling menarik dan praktis untuk penggunaan harian saya.

1. Buka Internet Browser


Dengan fitur ini, kamu bisa memanfaatkan smart TV layaknya PC atau smartphone untuk berselancar di dunia maya, mulai dari Facebook-an, membaca berita dari media online, melakukan pencarian di Google, dan lainnya. Apalagi kalau kamu adalah orang yang tidak begitu menyukai nonton acara televisi swasta, nampaknya fitur ini akan jadi favoritmu. Praktis banget donk!

2. Menjalankan Aplikasi Streaming Video dan Audio


Bosan dengan acara televisi swasta dan nasional? Smart TV bisa dipasangkan aplikasi streaming video. Biasanya, ada smart TV yang sudah dilengkapi beberapa aplikasi video seperti Netflix, YouTube, dan Spotify. Walaupun, ada juga smart TV yang tidak bisa digunakan untuk Netflix.

Pastinya, streaming serial Drama Korea (Drakor) dan lagu-lagu favorit jadi lebih nyaman karena layar yang lebih besar daripada layar smartphone atau monitor PC dan laptop.

3. Kemampuan Screen Mirroring


Biasanya, fitur ini digunakan oleh gamer yang ingin menampilkan permainannya dari smartphone ke smart TV.

Dengan screen mirroring, apa pun yang ditampilkan pada layar ponsel pintar akan diperlihatkan juga di layar smart TV sehingga orang lain bisa ikut menikmati apa yang ada pada layar ponsel kamu dengan tampilan yang lebih besar.

Screen Mirroring bisa dilakukan secara mudah menggunakan koneksi nirkabel atau sambungan tanpa kabel melalui fitur yang tersedia pada perangkat smart TV dan smartphone.

4. Dilengkapi Google Play Store


Nah, ini yang bikin smart TV jadi favorit. Pengguna bisa download berbagai aplikasi berguna dari pasar aplikasi Android terbesar Google, yaitu Play Store. Mulai dari game, aplikasi nonton film, musik, dan lainnya.

Tentunya, seperti smartphone juga sih. Mungkin akan ada aplikasi yang tidak kompatibel dengan smart TV pengguna sehingga tidak bisa diunduh dari Google Play Store.

5. Bisa Voice Command


Setiap televisi masa kini, pastinya akan dilengkapi dengan remote untuk gonta-ganti channel dan pengaturan dari jarak jauh yang dikendalikan melalui banyak tombol.

Nah, biasanya remote smart TV tidak hanya bisa dikendalikan oleh tombol fisik, tapi juga dengan voice command atau kendali suara dari pengguna.

Dengan kendali suara, pencarian konten jadi lebih mudah karena pengguna tidak perlu repot mengetik kata kunci yang mereka inginkan.

Harga Smart TV di Indonesia


Jika dibandingkan harga LCD TV biasa dengan spesifikasi yang sama, seperti ukuran layar dan resolusi yang ditawarkan, nampaknya smart TV memang lebih mahal.

Namun, dengan semakin banyaknya pabrikan televisi yang ikut menghadirkan opsi smart TV pada produk buatannya maka semakin kesini harganya pun jadi makin bersaing.

Salah satu yang berani banting harga adalah Xiaomi dengan Mi TV 4A berukuran 32 inci dijual hanya 2 jutaan Rupiah.

Tetapi, jika kamu cukup banyak uang untuk memenuhi kepuasan nonton di smart TV, Samsung mungkin punya produk yang sangat bagus dengan harga yang sesuai, yaitu Q800T QLED Smart TV berukurang 82 inci seharga 145 juta IDR.

Posting Komentar untuk "Banyak Keunggulannya! 5 Alasan Beralih dari Televisi Biasa ke Smart TV"

Berlangganan via Email