Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Epic Games Ungkap Unreal Engine 5, Ini yang Harus Diketahui Gamer dan Game Developer

Unreal Engine 5

Hype Epic Games perkenalkan Unreal Engine 5.


Sebagian gamer mungkin hanya mengetahui kalau Epic Games adalah pengembang dan penerbit dari game Fortnite dan pemilik dari situs Epic Games Store yang selalu bagi-bagi game PC gratis setiap hari Jumat. Namun, banyak yang belum tahu bahwa Epic Games merupakan sosok di balik Unreal Engine.

Nah, pada tanggal 14 Mei 2020, Epic Games secara mengejutkan mengunggah video berjudul "Unreal Engine 5 Revealed! | Next-Gen Real-Time Demo Running on PlayStation 5" ke channel YouTube Unreal Engine yang mengungkap kehadiran Unreal Engine 5 (UE5) sekaligus memperlihatkan ketangguhan dari engine tersebut dalam menyuguhkan grafis serta efek pencahayaan yang nyata.

Teknologi Nanite dan Lumen


Ada dua teknologi baru yang dibawa oleh Unreal Engine 5, yaitu Nanite dan Lumen yang akan digunakan pada PlayStation 5. Dengan teknologi tersebut, grafis yang ditampilkan ketika bermain game akan seperti CG pada sebuah film.

Nanite merupakan geometri mikropoligon yang memberikan kebebasan kepada para game artis dalam membuat detail geometris sebanyak yang dapat dilihat mata, sedangkan Lumen adalah solusi penerangan global yang sepenuhnya dinamis yang mampu bereaksi cepat terhadap adegan dan perubahan cahaya.

Intip video demo-nya di bawah ini.


Unreal Engine 5 bagi Gamer dan Game Developer


Bagi gamer, tentu saja ini adalah kabar yang sangat mengejutkan karena game di masa depan yang menggunakan engine ini akan mampu menampilkan grafis yang sangat nyata, mulai dari karakter, lingkungan dan pencahayaannya.

Untuk game developer, Unreal Engine sudah bisa diakses secara gratis oleh yang masih indie maupun studio game AAA. Epic Games tidak akan meminta royalty apapun kepada game developer hingga game buatanya dikomersilkan. Menariknya lagi, royalty hanya akan diminta setelah keuntungan kotor dari game mencapai 1 juta USD.

Sebelumnya Epic Games langsung meminta royalty sebesar 5 persen atas pengguna Unreal Engine setelah game developer menghasilkan 3.000 USD dari game buatannya.

Epic Online Service Diluncurkan

Tidak cuma tentang grafis, Epic Games juga berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur cross-platform melalui Epic Online Service yang dapat diakses secara bebas oleh game developer sehingga studio kecil bakal lebih mudah untuk mengembangkan gamenya di berbagai platform.

Waktu Rilis Unreal Engine 5


Dikabarkan bahwa Unreal Engine 5 akan diluncurkan pada tahun 2021. Tentu saja, untuk mempelajari dan mengembangkan game dengan teknologi baru tidaklah mudah dan butuh penyesuaian sehingga (menurut saya) diperkirakan deretan game yang dibangun menggunakan UE5 ini baru akan dirilis pada satu atau dua tahun setelah engine game ini resmi dirilis

Sumber: Blog Unreal Engine

Posting Komentar untuk "Epic Games Ungkap Unreal Engine 5, Ini yang Harus Diketahui Gamer dan Game Developer"

Berlangganan via Email