Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Paket Data Freedom U dari IM3 Indosat Ooredoo

Review Freedom U IM3 Indosat Ooredoo

Saya adalah pengguna kartu perdana IM3 sejak tahun 2005-an, saat masih duduk di bangku SMK. Saat itu, promo spektakulernya adalah gratis nelpon selama 3 detik. Jadi, saya manfaatkan layanan tersebut untuk berkomunikasi dengan pacar. Well, masa-masa irit, gak punya budget, tapi tetap ingin teleponan.

Cukup untuk nostalgianya! Salah satu kebutuhan internetan sehari-hari, khususnya saya pribadi, di smartphone atau Hp adalah WhatsApp untuk kerja, Facebook untuk lihat update terbaru dari teman, YouTube sebagai sarana pembelajaran, Chrome untuk browsing informasi lainnya, dan main game mobile untuk iseng isi waktu senggang.

Agar bisa tetap hemat, sebagai pengguna IM3 dari Indosat Ooredoo, saya pilih paket internet yang paling cocok dengan kebutuhan tersebut adalah Freedom U. Sebelumnya, layanan ini bernama Unlimited.

Alasan memilih paket Freedom U adalah adanya layanan internetan sepuasnya untuk beberapa aplikasi yang paling banyak saya gunakan setiap hari, yaitu Facebook, WhatsApp, Instagram, dan YouTube.

Ada banyak pilihan paket di Freedom U, mulai dari yang pali murah untuk ngirit hingga yang paling mahal dengan kebebasan yang lebih tinggi. Saya sendiri berlangganan paket bulanan seharga Rp60.000 yang diberi nama Freedom U 3GB + 15GB Apps.

Layanan Unggulan Freedom U


Di Freedom U ini, layanan yang didapatkan, yaitu kuota utama, kuota unlimited, SMS sepuasnya, Pulsa Safe, dan Data Rollover.

Mari saya jabarkan satu per satu.

Kuota utama adalah kuota yang digunakan untuk internetan jenis apapun. Mau main game, kejar booyah di Free Fire, push rank Mobile Legends: Bang Bang, browsing internet, berkirim email, download film, dan lainnya. Di paket yang saya beli, masa berlakunya selama 30 hari dengan kuota utama sebesar 3GB.

Kuota unlimited merupakan kuota yang dikhususkan untuk penggunaan aplikasi tertentu yang sudah ditetapkan (aplikasi sehari-hari), yaitu Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, Twitter, YouYube, Spotify, Joox, LINE, Gojek, dan Grab. Jadi, layanan inilah yang menjadi daya tarik utama untuk saya.

Perbedaan dengan kuota utama, jika kita membuka aplikasi sehari-hari maka yang digunakan lebih dulu adalah yang kuota unlimited ini. Kalau sudah habis, barulah menggunakan kuota utama. Atau, jika kita buka aplikasi selain dari yang ada di daftar maka yang terpakai adalah kuota utama. Di paket yang saya beli, kuota unlimited yang didapat adalah sebesar 15GB.

Namun, perlu dicatat juga bawah setiap paket punya kelebihannya sendiri. Semakin tinggi harga paket maka semakin lengkap aplikasi sehari-harinya.

Detailnya bisa kamu lihat di bawah ini.

harga paket freedom u

harga freedom u

Yang paling hebat adalah paket Rp150.000. Tidak ada lagi batasan atara kuota utama dan kuota unlimited karena kuota sebesar 60GB bisa digunakan untuk segala aktivitas internetan.

SMS sepuasnya, tapi hanya ke sesama pengguna IM3 Ooredoo. Kalau SMS ke nomor operator lain ya tetap dipotong pulsa.

Pulsa Safe, berfungsi untuk menjaga keamanan pulsa pengguna agar tidak terpotong setelah kuota utama habis. Kecepatan internet dalam Pulsa Safe adalah sampai dengan 64Kbps.

Pulsa Safe tidak akan aktif setelah masa berlaku Freedom U berakhir. Jadi, pulsa akan terpotong dengan deras kalau tetap internetan, disengaja maupun tidak. Jadi, pastikan pulsa kamu cukup untuk melakukan perpanjangan otomatis sebelum waktu jatuh temponya tiba.

Saya sering nih lupa isi pulsa setiap kali masa berlaku Freedom U berakhir, padahal sudah ada pengingat melalui SMS dan notifikasi aplikasi myIM3. Maklum saja, males banget buka SMS dari operator. Isinya promo terus, giliran ada info penting jadi tidak dibuka.

Pernah kejadian, kuota utama saya habis sehingga cuma bisa buka aplikasi yang menggunakan kuota unlimited. Nah, karena ada fitur ini, saya masih bisa tetap browsing dikit-dikit lah. Tapi, lamaaa banget, lemot. Harus sabar, haha.

Data Rollover, layanan yang menggabungkan kuota yang tersisa ke kuota di bulan yang baru. Jenis yang masuk dalam layanan ini hanyalah kuota utama dan kuota unlimited.

Namun, perlu diketahui juga nih. Kalau kita lupa untuk memperpanjang Freedom U sampai waktu jatuh temponya maka semua Data Rollover akan hangus.

Nyesek banget kalau lupa perpanjang paket, karena saya pernah kehilangan kuota aplikasi sekitar 50GB karena lupa isi pulsa menjelang masa perpanjang otomatis.

Jadi, untuk mencegah terjadinya "kerugian", ketika paket mendekati jatuh tempo, direkomendasikan untuk segera mengisi pulsa. Minimal sejumlah biaya paket yang dipakai.

Kecepatan Internet


Untuk kecepatan internet dari paket ini, saya menggunakan aplikasi Speedtest by Oakla. Kartu yang saya gunakan sudah 4G LTE. Lokasi pengujian adalah di tempat kerja saya yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pengujian saya lakukan sebanyak lima kali untuk mengetahui kestabilan dan kemungkinan kecepatan tertinggi dan terendahnya.

Kecepatan download maupun upload bisa dilihat di bawah ini.

Kecepatan internet Freedom U IM3 Speedtest by Oakla

Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan download tertingginya bisa mencapai 7,82Mbps dan terendahnya 3,88Mpps. Sedangkan kecepatan upload tertinggi adalah 5,61Mbps dengan titik terendah berada di 2,77Mbps.

Tentu saja hasil dari pengujian ini bisa saja berbeda bagi pengguna lainnya, karena hasilnya sangat tergantung dari kondisi sinyal dan lokasi saat pengujian dilakukan.

Sejauh ini, sinyal internet dari IM3 Ooredoo sudah cukup memuaskan, khususnya pada daerah tempat tinggal saya di Ciputat Timur (Tangerang Selatan), kantor di Kebon Jeruk (Jakarta Barat), dan daerah sekitar Jabodetabek lainnya.

Meskipun demikian, ada kalanya juga sih koneksinya parah banget, tapi jarang terjadi kepada saya.

***

Bagi saya, Freedom U adalah paket data internet yang cocok banget untuk siapa saja yang eksis di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Atau, untuk yang doyan nonton video di YouTube serta dengerin lagu dari Spotify dan JOOX.

Well, demikianlah review berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan Freedom U. Apabila kamu punya pertanyaan atau pengalaman tentang paket data internet ini, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya!

52 komentar untuk "Review Paket Data Freedom U dari IM3 Indosat Ooredoo"

  1. Mau tanya dong , kebetulan newbie pakai im3, barusan paketin yg freedom u 3gb + 15gb tpi ko sering dpt sms kalau kuotanya abis ya ?? Trs kalau shope itu termasuk ke pemakaiana kuota aplikasi ga sih?? Tdi pas buka shope malah ga bisa 😭 trs dpt sms kalau kuotanya abis, bingungg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering dapat sms kuota habis, padahal aslinya masih ada. Cuekin aja. Acuan kita untuk cek sisa kuota cukup melalui aplikasi myIM3.

      Agar bisa buka Shopee dengan kuota aplikasi, kamu harus langganan yang paket freedom u mulai harga Rp80.000. Saya sudah jelaskan juga di dalam artikel.

      Hapus
    2. Saya malah ngak bisa di gunakan buka YouTube FB dan wa padahal kuota apps saya masih 15 GB pemakaian baru 2 hari kuota utama abis tinggal yang apps tapi ngak bisa di gunakan gimana ya biar bisa di gunain

      Hapus
    3. mohon maap. kalo kasusnya seperti itu, saya belum pernah menemukan. jadi tidak punya solusi, kecuali menghubungi layanan pelanggan indosat di nomor (021) 30003000.

      Hapus

  2. Mau tanya dong, kan itu ada kuota aplikasi 15GB itu maksudnya gimana ya? Jadii kita bisa akses aplikasi sehari hari ituu hanya smpe 15GB selama satu bulan? Berarti jatohnya gak unlimited dong yaa, atau gimana maaf saya newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. 15GB itu dibagi menjadi kuota utama (bebas) dan kuota aplikasi (unlimited). Kalau kuota utama habis, ga bisa internetan. kalau kuota aplikasi habis, masih bisa internetan (hanya buka aplikasi tertentu) tapi kecepatannya berkurang jauh.

      Hapus
  3. Kalau semua kuota habis sebelum 30 hari tetep ngga bisa internetan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap bisa internetan kok, cuma untuk aplikasi khususnya aja. tapi, dengan kecepatan yang lemoooot bgt :/

      Hapus
    2. kak kemaren aku beli paket yg 3gb+15gb tapi barusan habis 3gb kok yg unlimited gabisa digunain ya?

      Hapus
    3. kalo pake paket freedom u, sebaiknya internetan hanya menggunakan aplikasi medsos secara langsung supaya yang kepake kuota unlimited-nya. kalo menggunakan browser seperti Chrome, nanti yang kepake kuota utama.

      Hapus
  4. mau nanya dong, untuk kuota aplikasi tertentu kan 15gb, nah misal kalo sehari itu abis 15gb besoknya lagi masih ada ga 15gb nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada, 15GB itu untuk kuota 1 bulan. kalau habis 1 hari ya, besoknya tetap habis. bisa beli kuota tambahan.

      Hapus
  5. bang kan saya beli paket yg 60 gb 150k, kok setiap tengah malam tidk bisa internetan.. itu kenapa yaa. tp setelah jam 7an baru bisa lg,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduw, apa itu terjadi setiap hari atau saat ini sudah lancar? harusnya bisa 24 jam.

      Hapus
    2. udh normal bang sekarang, kayanya pas itu lg ada gangguan kali di daerah saya jd pas tengah malem gk bisa internetan. tapi sekarang udh bisa lg

      Hapus
    3. bro yang 150k 60gb kuota utama habis baru unlimited atau langsung unlimited bisa digunakan ?

      Hapus
  6. Bang, semisal buka fesbuk ato twitter tapi di browser laptop yg kepake kuota utama ato kuota apps?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kondisinya begini, buka di browser, yang dipakai adalah kuota utama. kuota apps hanya digunakan ketika kamu buka lewat aplikasi.

      Hapus
  7. Bang mau tanya, saya kan beli kuota freedom U 2GB+7,5GB Apps, kuota utamanya abis, terus saya bellin kuota booster 1GB utama+4 GB malam, tapi kok kecepatannya lemot banget ya bang, padahal kuota appsnya masih kepake 81%(belum masuk FUP)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya jangan beli yang kuota booster, tapi yang ekstra kuota. soalnya, kuota booster itu untuk nambahin yang kuota aplikasi.

      Hapus
  8. Mau tanya nih bang, saya pake yang 27gb, ko langsung kepotong yg kuota utama 7gb yaa, setelah abis kuota utamauutama ituyitu, 20gb gak bisa dipake padahal di keterangan masih ada tu 20gn

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kamu internetannya bukan melalui aplikasi, tapi pake browser Chrome kan? makanya kuota utamanya yang abis duluan. nah, 7GB itu kuota bebas browsing pake apa aja, sedangkan yg 20GB itu kuota khusus aplikasi yg terdaftar di Indosat im3.

      Hapus
  9. pengguna im3 dari 2006 juga, nomer g ganti2
    dan sekarang sudah muak dengan sinyal nya :D

    sorry bukannya mau jatuhin, tapi memang bukan di daerah saya saja pak. saya touring ke jawa pun dari jkt-rembang sinyal sama saja
    berarti kan bukan tergantung area tapi memang sinyalnya bapuk (terlebih untuk main game online)

    tapi beda cerita kalau isi nya yg 150rb, manteng terus pak sinyal nya hehe
    terdapat perbedaan kelas di provider yg sama ya.
    semoga para newbie betah pakai ooredo

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kalo di tempat saya nggak pernah ada masalah. pake juga cm yg paket 60rb, hehe.

      Hapus
  10. Kan aku coba pakai yg freedom U 1gb + 4,5gb apps. Itu kok yg kuota utamaku habis, kuota appsnya gabisa dipake ya? Kayak buat buka youtube or twitter gitu gabisa. Padahal kan diketerangan kuota appsnya bisa buat buka yt dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kuota aplikasi memang untuk buka yg kamu bilang itu. tp, harus melalui aplikasi mobile nya, bukan dari browser/chrome. kalo buka nya selain dari aplikasi, yg kepake ya kuota utama.

      Hapus
  11. Bang kalo yg paket 25 rb ad apk kyk goggle crome,yt,goggle clasrom, bisa dipake gak y terutama di paket apps
    Saya beli yg ini karna termasuk murah aja gitu
    Pendapat nya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk paket 25rb, aplikasi yang kamu sebutkan itu tidak didukung dengan kuota unlimited. adanya di paket Rp60.000 dan itu pun cuma google classroom yg unlimited, sedangkan chrome nggak.

      Hapus
  12. Bg ,mau nanya, kan saya ambil yg freedom u 10gb +25gb apps ya, di aplikasi im3 kuotanya masih 31gb lagi, tapi ga bisa buat buka youtube dan instagram. Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lagi ada gangguan aja, ditunggu aja nanti juga bener sendiri.

      Hapus
  13. Hallo kak, kalau kita beli freedom U, apakah paket sebelumnya akan terganti?
    Paket yg saya beli sebelumnya bukan freedom U dan saya mau beli freedom U tapi saya masih punya kuota dari paket yg sdh saya beli. Apakah akan hangus atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau beli paket yang berbeda, maka paket lama akan berhenti alias hangus, digantikan yg baru. jadi, kuotanya gak rollover. sebaiknya beli pas mau habis masanya aja.

      Hapus
  14. Mau tanya dong, saya beli kuota U 3gb+15gb apps, tapi setelah kuota utamanya habis, masih ada kuota 15gb apps, kenapa gabisa digunakan untuk WA,FB,dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, harusnya bisa itu. kurang tau deh saya kalo ternyata nggak bisa.

      Hapus
  15. Mau nanya kak
    Kalo yg 15Gb itu bisa dibilang fup selama saru bulan ?

    BalasHapus
  16. izin bertanya kak, berarti klo pake app zoom sm microsft teams itu nguranginya yg kuota 15 gb apps ya kak? terimakasih

    BalasHapus
  17. bang, kuota utama+apps saya kan masih ada 25gb. kebetulan kemaren dpt kuota tambahan 2gb, nah kuota tambahannya itu udah abis. terus kuota yg 25gb nya kok ga bisa di akses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuota bonus akan digunakan lebih dulu daripada yang lain. kalau ternyata setelah bonusnya habis, kemudian kuota utama tidak bisa diakses, coba restart dulu Hp kamu terus coba internetan lagi. kalo gak bisa juga, silakan hubungi customer service indosat.

      Hapus
  18. Saya beli paket freedom u 15gb+25gb apps.nah yg 25gb nya abis sedangkan kuota utama nya masih sisa 13gb tapi ko udah susah buat buka youtobe,fb..lemoooottt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jarang nih yang keluhannya kuota unlimited-nya yang habis duluan, haha. kalo kasusnya gitu, coba buka medsos tersebut melalui browser internet aja, seperti Google Chrome, supaya kuota utamanya terpakai.

      Hapus
  19. Bang mau tanya dong, saya buka apliksi seperti ig, shopee atau facebook kok yang di potong kouta utama ? ini udh yg ke 2 kali saya beli paket, masih tetap seperti itu , nnti klo kouta utama sudah habis baru kouta apps nya ke potong, kok gitu ya saya pakai yg freedoom u 7 + 20

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduw, di kasus saya sih belum pernah kejadian gitu. nanti saya coba cek lagi deh

      Hapus
    2. Saya juga beli pake 15gb+25gb.
      Yg 13gb kuota utamanya ga bisa dipake jadi kaya pake paket chatting lemot banget ga bisa buka ig youtube.
      Udah dari seminggu.
      Itu knpa ya apa emang kuota utama ga bisa di pake

      Hapus
  20. Ijin tanya bang..klau sy beli 15+20gb trus sy tetring ke youtube tv smart..apa kuota aplikasi yg kepotong..sebelumny makasih

    BalasHapus
  21. Mau tanya bang.. saya beli yg 2 GB+7,5 Apps waktu kuota utamanya habis kok udh gk bisa buka wa padahal di aplikasi ny masih 11 GB? (yang 3,5 GB kuota malam)

    BalasHapus
  22. Lah jadi bukan unlimited dong yah nyesel beli
    Kirain kaya Telkomsel yang harus ngabisin kuota nya baru kepake unlimited nya,,,kecewa si namaya doang freedom u

    BalasHapus
  23. halo mas, izin bertanya. saya newbie utk kartu IM3 ini. Jadi misal saya ingin beli paketan yg 60GB harus beli kartu perdana yang 60GB juga ya, tidak bisa beli kartu dengan paketan lain? Dan juga kalau ingin aktivasi paket aplikasi harus beli paket nya di myIM3 ya?? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  24. Mau tanya dong itu mksdnya kuota apk 15gb, mksdnya stiap apk dpt 15gb sebulan? Atau kuota 15gb itu untuk semua apk tertentu itu?

    BalasHapus
  25. bang mau tanya untuk paket 10GB U25GB gabisa buat nelfon sesama lagi ya?

    BalasHapus
  26. Oke min terima kasih atas infonya, infonya malah dapet dari blok ini, saya cari info di website indosat malah di suruh login dulu males bueeettt dah, sekali lagi terima kasih

    BalasHapus