Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Paket Data Freedom U dari IM3 Indosat Ooredoo

Review Freedom U IM3 Indosat Ooredoo

Saya adalah pengguna kartu perdana IM3 sejak tahun 2005-an, saat masih duduk di bangku SMK. Saat itu, promo spektakulernya adalah gratis nelpon selama 3 detik. Jadi, saya manfaatkan layanan tersebut untuk berkomunikasi dengan pacar. Well, masa-masa irit, gak punya budget, tapi tetap ingin teleponan.

Cukup untuk nostalgianya! Salah satu kebutuhan internetan sehari-hari, khususnya saya pribadi, di smartphone atau Hp adalah WhatsApp untuk kerja, Facebook untuk lihat update terbaru dari teman, YouTube sebagai sarana pembelajaran, Chrome untuk browsing informasi lainnya, dan main game mobile untuk iseng isi waktu senggang.

Agar bisa tetap hemat, sebagai pengguna IM3 dari Indosat Ooredoo, saya pilih paket internet yang paling cocok dengan kebutuhan tersebut, yaitu Freedom U. Sebelumnya, layanan ini bernama Unlimited.

Alasan memilih paket Freedom U adalah adanya layanan internetan sepuasnya untuk beberapa aplikasi yang paling banyak saya gunakan setiap hari, yaitu Facebook, WhatsApp, Instagram, dan YouTube.

Ada banyak pilihan paket di Freedom U, mulai dari harian, mingguan dan bulanan dengan harga dan promo yang bervariasi. Saya sendiri berlangganan paket bulanan seharga Rp60.000 yang diberi nama Freedom U 3GB + 15GB Apps.

Layanan Unggulan Freedom U


Di Freedom U ini, layanan yang didapatkan, yaitu kuota utama, kuota aplikasi, bonus kuota aplikasi, SMS sepuasnya, Pulsa Safe, dan Data Rollover.

Mari saya jabarkan satu per satu.

Kuota utama adalah kuota yang digunakan untuk internetan jenis apapun. Mau main game, kejar booyah di Free Fire, push rank Mobile Legends, browsing internet, berkirim email, download film, dan lainnya. Di oaket yang saya beli, masa berlakunya selama 30 hari dengan kuota utama sebesar 3GB.

Kuota aplikasi merupakan kuota yang dikhususkan untuk penggunaan aplikasi tertentu yang sudah ditetapkan (aplikasi sehari-hari), yaitu Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, Twitter, YouYube, Spotify, Joox, LINE, Gojek, dan Grab. Jadi, layanan inilah yang menjadi daya tarik utama untuk saya.

Perbedaan dengan kuota utama, jika kita membuka aplikasi sehari-hari maka yang digunakan lebih dulu adalah yang kuota aplikasi ini. Kalau sudah habis, barulah menggunakan kuota utama. Atau, jika kita buka aplikasi selain dari yang ada di daftar maka yang terpakai adalah kuota utama. Di paket yang saya beli, kuota aplikasi yang didapat adalah sebesar 15GB.

Namun, perlu dicatat juga bawah setiap paket punya aplikasi khususnya sendiri. Semakin tinggi harga paket maka semakin lengkap aplikasi sehari-harinya.

Misalnya saja YouTube, layanan streaming video ini baru masuk hitungan sebagai aplikasi sehari-hari pada paket 2 hari Rp5.000, paket 7 hari Rp15.000, dan paket 30 hari mulai dari Rp60.000, sementara TikTok dimulai pada paket Rp80.000. Lalu, Instagram hanya tersedia pada paket bulanan mulai Rp60.000.

Jika kamu adalah pengguna yang doyan shopping di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak, beli paket minimal yang Rp80.000. Dikarenakan, pada paket inilah keempat e-commerce tersebut masuk dalam daftar aplikasi sehari-hari.

Yang paling hebat adalah paket Rp150.000. Tidak ada lagi batasan atara kuota utama dan kuota aplikasi karena kuota sebesar 38GB dapat digunakan untuk segala aktivitas internetan.

Bonus kuota aplikasi, dari namanya saja harusnya sudah tahu ya fungsinya. Yep, ini adalah tambahan untuk kuota aplikasi, tapi hanya berlaku selama 7 hari alias sepekan saja sejak paket dibeli.

Jika kita membuka aplikasi sehari-hari, selama bonus ini masih aktif, maka kuota yang dipotong adalah yang bonus ini. Kalau sudah habis atau kadaluarsa, barulah kuota aplikasi yang digunakan.

Digunakan atau tidak, bonus kuotanya akan tetap habis jika sudah jatuh tempo. Bonus ini tidak termasuk dalam kuota yang diakumulasikan pada layanan Data Rollover.

SMS sepuasnya, tapi hanya ke sesama pengguna IM3 Ooredoo. Kalau SMS ke nomor operator lain ya tetap dipotong pulsa.

Pulsa Safe, berfungsi untuk menjaga keamanan pulsa pengguna agar tidak terpotong setelah kuota utama habis. Kecepatan internet dalam Pulsa Safe adalah sampai dengan 64Kbps.

Pulsa Safe tidak akan aktif setelah masa berlaku Freedom U berakhir. Jadi, pulsa akan terpotong dengan deras kalau tetap internetan, disengaja maupun tidak. Jadi, pastikan pulsa kamu cukup untuk melakukan perpanjangan otomatis sebelum waktu jatuh temponya tiba.

Saya sering nih lupa isi pulsa setiap kali masa berlaku Freedom U berakhir, padahal sudah ada pengingat melalui SMS dan notifikasi aplikasi myIM3. Maklum saja, males banget buka SMS dari operator. Isinya promo terus, giliran ada info penting jadi tidak dibuka.

Pernah kejadian, kuota utama saya habis sehingga cuma bisa buka aplikasi yang menggunakan kuota aplikasi. Nah, karena ada fitur ini, saya masih bisa tetap browsing dikit-dikit lah. Tapi, lamaaa banget, lemot. Harus sabar, haha.

Data Rollover, layanan yang akan menggabungkan kuota yang tersisa ke kuota di bulan yang baru. Jenis yang masuk dalam layanan ini hanyalah kuota utama dan kuota aplikasi.

Namun, perlu diketahui juga nih. Kalau kita lupa untuk memperpanjang Freedom U sampai waktu jatuh temponya maka semua Data Rollover akan hangus.

Nyesek banget kalau lupa perpanjang paket, karena saya pernah kehilangan kuota aplikasi sekitar 50GB karena lupa isi pulsa menjelang masa perpanjang otomatis.

Jadi, untuk mencegah terjadinya "kerugian", ketika paket mendekati jatuh tempo, sangat direkomendasikan agar segera mengisi pulsa. Minimal sejumlah biaya paket yang dipakai.

Kecepatan Internet


Untuk kecepatan internet dari paket ini, saya menggunakan aplikasi Speedtest by Oakla. Kartu yang saya gunakan sudah 4G LTE. Lokasi pengujian adalah di tempat kerja saya yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pengujian saya lakukan sebanyak lima kali untuk mengetahui kestabilan dan kemungkinan kecepatan tertinggi dan terendahnya. Kamu bisa lihat kecepatan download dan upload-nya pada tangkapan layar di bawah ini.

Kecepatan internet Freedom U IM3 Speedtest by Oakla

Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan download tertingginya bisa mencapai 7,82Mbps dan terendahnya 3,88Mpps. Sedangkan kecepatan upload tertinggi adalah 5,61Mbps dengan titik terendah berada di 2,77Mbps.

Tentu saja hasil dari pengujian ini bisa saja berbeda bagi pengguna lainnya, karena hasilnya sangat tergantung dari kondisi sinyal dan lokasi saat pengujian dilakukan.

Sejauh ini, sinyal internet dari IM3 Ooredoo sudah cukup memuaskan, khususnya pada daerah tempat tinggal saya di Ciputat Timur (Tangerang Selatan), kantor di Kebon Jeruk (Jakarta Barat), dan daerah sekitar Jabodetabek lainnya.

Meskipun demikian, ada kalanya juga sih koneksinya parah banget, tapi jarang terjadi kepada saya.

***

Bagi saya, Freedom U adalah paket data internet yang cocok banget untuk siapa saja yang eksis di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Atau, untuk yang doyan nonton video di YouTube serta dengerin lagu dari Spotify dan JOOX.

Well, demikianlah review berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan Freedom U. Apabila kamu punya pertanyaan atau pengalaman tentang paket data internet ini, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya!

Baca juga: Review Extra Booster Freedom U dari IM3 Ooredoo

6 komentar untuk "Review Paket Data Freedom U dari IM3 Indosat Ooredoo"

  1. Mau tanya dong , kebetulan newbie pakai im3, barusan paketin yg freedom u 3gb + 15gb tpi ko sering dpt sms kalau kuotanya abis ya ?? Trs kalau shope itu termasuk ke pemakaiana kuota aplikasi ga sih?? Tdi pas buka shope malah ga bisa 😭 trs dpt sms kalau kuotanya abis, bingungg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering dapat sms kuota habis, padahal aslinya masih ada. Cuekin aja. Acuan kita untuk cek sisa kuota cukup melalui aplikasi myIM3.

      Agar bisa buka Shopee dengan kuota aplikasi, kamu harus langganan yang paket freedom u mulai harga Rp80.000. Saya sudah jelaskan juga di dalam artikel.

      Hapus

  2. Mau tanya dong, kan itu ada kuota aplikasi 15GB itu maksudnya gimana ya? Jadii kita bisa akses aplikasi sehari hari ituu hanya smpe 15GB selama satu bulan? Berarti jatohnya gak unlimited dong yaa, atau gimana maaf saya newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. 15GB itu dibagi menjadi kuota utama (bebas) dan kuota aplikasi (unlimited). Kalau kuota utama habis, ga bisa internetan. kalau kuota aplikasi habis, masih bisa internetan (hanya buka aplikasi tertentu) tapi kecepatannya berkurang jauh.

      Hapus
  3. Kalau semua kuota habis sebelum 30 hari tetep ngga bisa internetan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap bisa internetan kok, cuma untuk aplikasi khususnya aja. tapi, dengan kecepatan yang lemoooot bgt :/

      Hapus

Berlangganan via Email