Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bukan Deep Web, 10 Tips Twitter untuk Tweeps Pemula

Tips Twitter untuk Pengguna Pemula

Twitter adalah media sosial (medsos) yang sangat digemari oleh pengguna karena kebebasan yang ditawarkan. Nah, itulah yang bikin Twitter beda dengan medsos lain di Indonesia.

Apabila Facebook dan Instagram memberlakukan sensor dan filter yang sangat ketat untuk konten sensitif maupun negatif, khususnya pornografi, Twitter malah sangat bebas terhadap konten tersebut.

Namun, justru itulah yang membuat Tweeps (pengguna Twitter) betah karena bisa menyalurkan pendapat dan ide "gila" mereka secara merdeka di Twitter.

Bagi Tweeps pemula, saya punya beberapa tips yang bisa membuat aktivitas berjejaring sosial di Twitter jadi lebih asik.


Ayo kita bahas satu demi satu!

Kreativitas dalam 280 Karakter


Tidak seperti medsos lain yang membebaskan penggunanya untuk menuliskan post sepanjang-panjangnya. Sebelumnya, Twitter hanya memberikan 140 karakter untuk setiap post. Namun, agar penggunanya bisa lebih leluasa dalam berkreasi, akhirnya Twitter meningkatkan batas per post jadi 280 karakter. Jadi, kreatif lah untuk membuat post. Atau, jika mau panjang, buat dalam bentuk thread saja.

Mau Cerita? Buat Thread Aja!


Apabila kamu punya kisah panjang untuk diceritakan di Twitter maka buatlah sebuah thread. Caranya mudah, buat sebuah post, kemudian komentar pada post tersebut, lalu komentar lagi di kolom komentar dari komentar post pertama itu, dan seterusnya hingga kisahmu selesai diceritakan.

Komentar dalam post sendiri akan otomatis menjadi sebuah thread. Sama seperti post, komentar juga dibatasi sebanyak 280 huruf. Langkah untuk membuat thread bisa kamu baca disini.

Tidak Bisa Edit Post, Jangan Buat Kesalahan


Nah, Twitter juga tidak memberikan fitur edit post. Jadi, perhatikan setiap post yang kamu buat sebelum dikirim, khususnya typo atau salah ketik. Jika kamu merasa ada kesalahan dalam post maka yang bisa kamu lakukan hanya memaklumi atau menghapusnya.

Matikan Autoplay untuk Hemat Kuota Internet


Agar hemat kuota internet, sebaiknya kamu matikan fitur auto play video atau putar video secara otomatis ketika menggunakan paket data seluler. Fitur ini juga cukup mengganggu bagi sebagian pengguna.

Untuk mematikannya, tekan foto profil kamu yang berlokasi di kiri atas layar, kemudian ke Setting and Privacy, lalu pilih Data Usage, dan di Video Autoplay ganti jadi Never.

Pahami Tentang Retweet, Mention, dan Hashtag


Retweet, fitur Twitter untuk membagikan post akun lain ke beranda kamu. Bisa diberikan komentar pribadi terlebih dulu atau langsung bagi saja.

Mention, berguna untuk memasukkan akun Tweeps lain ke post yang kamu buat. Nanti akan ada pemberitahuan ke akun pengguna yang kamu mention. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketik @ yang diikuti username Twitter akun yang ingin di-mention pada post kamu, nanti akan muncul beragam akun berdasarkan input yang kamu berikan. Boleh lebih dari satu mention dalam sebuah post.

Contoh mention @teknologipintar @master_fakry

Hashtag merupakan keyword atau kata kunci untuk mengelompokkan post. Kamu bisa menulis hashtag dengan mengetik # diikuti keyword yang diinginkan. Tidak boleh diberi spasi dan mengandung simbol atau tanda baca. Dalam sebuah post, kamu bisa memasukkan lebih dari satu hashtag.

Contoh hashtag #TeknologiPintar #MasterFakry

Trending Topic


Adalah pembahasan populer berdasarkan hashtag yang sedang banyak digunakan atau kata kunci yang banyak bahas oleh pengguna Twitter. Kamu bisa melihat trending topic mulai dari seluruh dunia, berdasarkan negara atau wilayah sesuai pengaturan.

Supaya suatu kata kunci atau hashtag bisa masuk trending topic maka kamu harus bisa mengajak Tweeps untuk ikut posting hashtag yang sama sebanyak-banyaknya.

Cara Mengubah ke Dark Mode


Modus gelap atau Dark Mode dipercaya dapat mengurangi konsumsi energi baterai ponsel. Selain itu, warna gelap juga dianggap lebih nyaman untuk dipandang. Untuk mengaktifkan Dark Mode, tekan foto profil di kiri atas layar, lalu ke Settings and Privacy, kemudian pilih Display and Sound, dan ganti pengaturan Dark Mode jadi On.

Akun Centang Biru


Akun jenis ini sudah mendapat persetujuan dari Twitter sebagai akun resmi.

Untuk mendapatkan centang biru, kamu harus melengkapi informasi pada akun Twitter, mulai dari foto profil, sampul (header), biodata, email, website, dan nomor telepon. Dan jangan lupa, status akun kamu juga harus public.

Jika sudah lengkap, kamu harus melakukan pengajuan dengan mengisi formulir verifikasi akun disini. Ikuti semua arahannya.

Setelah isi formulir dan dikirim, pihak Twitter akan memeriksa kelayakan akun. Jika disetujui maka tanda centang biru akan ditampilkan di sebelah kanan username kamu.

Tidak Perlu Deactive Akun


Ini adalah fitur untuk menghapus akun kamu dari jagat Twitter. Akun yang di-deactive akan hilang secara permanen dan pengguna tidak akan bisa membuat akun dengan username yang sama. Jadi, kalau ingin vakum dari Twitter, tidak perlu deactive, cukup tidak perlu login saja. Jadi, di lain hari ketika kangen dengan teman-teman di Twitter, kamu bisa kembali dengan username yang sama.

Jaga Privasi, Gunakan Proteksi Akun


Tidak semua orang ingin akunnya diikuti pengguna lain yang tidak dikenal atau setidaknya hanya akun yang diizinkan saja yang boleh follow.

Agar bisa mengatur siapa saja yang dapat follow akun kamu pada pengaturan. Caranya, tekan foto profil kamu, lalu Setting and Privacy, pilih Privacy and Safety, kemudian aktifkan Protect Your Tweets.

Dengan mengaktifkan Protect Your Tweets maka hanya akun yang sudah follow saja yang bisa melihat tweet kamu. Dan, semua orang yang ingin follow harus mengirimkan permintaan (request) dan mendapatkan persetujuan dari kamu terlebih dahulu.

***

Demikianlah tips terbaru Twitter yang dapat saya bagikan kepada para pemula agar medsos ini jadi semakin menyenangkan. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait pembahasan ini atau di luar itu, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Bukan Deep Web, 10 Tips Twitter untuk Tweeps Pemula"

Berlangganan via Email