Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Gampang Banget, Cara Membuat Thread di Twitter

Tips dan langkah mudah membuat Thread di Twitter

Ternyata masih banyak juga tweeps (pengguna Twitter) yang masih belum mengetahui cara untuk membuat sebuah thread. Padahal, caranya sangat mudah dan mungkin tidak terasa bahwa mereka sebenarnya sudah membuat thread.

Jadi, sesungguhnya thread adalah post yang di bawahnya terdapat rangkaian komentar dari pemilik post. Namun, yang sekarang dianggap thread adalah post dengan rangkaian komentar dari sang pemilik post.

Sampai disini, semoga kamu dapet ya idenya!

Saya juga pernah menyinggung cara membuat thread pada artikel berjudul 10 Tips Twitter untuk Tweeps Pemula. Namun, bagi kamu yang masih bingung tentang cara membuat sebuah thread di Twitter. Saya jabarkan langkah-langkahnya deh.

Dalam kasus ini, saya membuat thread melalui aplikasi Twitter di Android. Namun, sistemnya tetap sama, hanya berbeda di tampilan antar mukanya saja.

Tutorial dan Tips membuat Thread di Twitter


Buka Twitter!

Buat post pertama dengan konten apapun, teks, gambar atau bahkan video. Namun sebagai tips, jika kamu ingin membuat thread, pada post pertama, jelaskan juga kalau post tersebut akan menjadi sebuah thread. jangan lupa buat hashtag-nya juga, yang unik (seperti #caramembuatthreadditwitter), supaya kamu bisa mencarinya dengan mudah.


Berikan komentar pada post sendiri yang sudah dibuat, yang berisi lanjutan dari pembahasannya, nanti akan ada tanda garis vertikal yang menghubungkan post atas (parent post) dengan yang bawah (child post).

Lakukan terus seperti di atas, child post yang diberikan komentar akan berubah sebagai parent post untuk komentar baru, dan setiap komentar yang baru akan menjadi child post.

Teruslah berkomentar di post sendiri untuk melanjutkan thread


Sekadar informasi, sampai sekarang Twitter belum memiliki rencana untuk memberikan fitur edit post. Oleh karena itu, jangan sampai ada kesalahan dalam membuat thread.

Apabila kamu sudah sampai pada post terakhir, jangan lupa beritahukan bahwa itu adalah akhir dari thread yang kamu buat sebagai informasi kepada para follower atau netizen yang ikut membaca.

Tips mengakhiri thread di Twitter

Kamu bisa mengetahui sebuah thread yang dari keterangan di bagian bawah post. Post yang terdapat atau bagian dari sebuah thread akan bertuliskan "Show this thread".

Klik teks itu, nanti kamu akan dibawa menuju posisi post itu berada yang mana ukuran teksnya akan lebih besar dibanding post lain di dalam thread.

***

Oke, itu saja tutorial dan tips singkat mengenai cara membuat thread yang baik di Twitter, baik melalui PC, laptop atau smartphone. Jika ada yang ingin ditanyakan, atau ingin sekadar berdiskusi, silakan saja post di kolom komentar, ya!

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Gampang Banget, Cara Membuat Thread di Twitter"

Berlangganan via Email