Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Android yang Mudahkan Aktivitas Sehari-hari

Aplikasi Android yang memudahkan hidup kita

Ada ungkapan yang beredar di masyarakat saat ini yang berbunyi "Hape smart, tapi orangnya tidak smart". Dikarenakan, ponsel yang digunakan punya teknologi serta fitur yang canggih, namun tidak mampu dimaksimalkan oleh penggunanya untuk memudahkan hidupnya.

Nah, atas dasar itu, saya terinspirasi untuk membuat pembahasan tentang beberapa aplikasi smartphone Android akan membuat aktivitas atau hidup kita jadi lebih mudah. Sebagian adalah aplikasi bawaan Hp, tetapi ada juga yang perlu download dari Google Play Store.

Ayo bahas satu per satu beserta alasannya di bawah ini.

Opera Browser


Opera Browser

Ada momen ketika sedang asyik browsing di internet, aktivitas terhenti karena Internet Positif yang melarang untuk membuka website tertentu yang kita inginkan.

Sebenarnya, fitur buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini bagus untuk menyaring konten negatif, namun tetap saja menyebalkan ketika tidak bisa mengakses situs yang dituju karena kena filter tersebut.

Sebagai solusi, menggunakanlah aplikasi VPN. Namun, jika tidak mau repot instal, kamu bisa menggunakan browser yang sudah memiliki fitur VPN bawaan seperti Opera Browser.

Cara menggunakan VPS Opera Browser sangat mudah. Tinggal buka Tab baru di Private Mode, aktifkan VPN, dan mulailah berselancar tanpa ada gangguan dari Internet Positif.

CamScanner



Foto dokumen (KTP, kartu keluarga, formulir pendaftaraan, dll) dengan aplikasi kamera bawaan Hp, mungkin akan bagus-bagus saja. Namun, agar hasilnya tambah maksimal, sebaiknya gunakan aplikasi CamScanner.

Alasannya, aplikasi ini punya fitur untuk merapikan foto dokumen agar terlihat seperti aslinya. Jadi, foto dokumen yang diambil melalui aplikasi ini akan rapi seperti kita menggunakan scanner.

Menariknya, CamScanner juga memiliki filter pengubah warna dokumen agar terlihat seperti hasil fotokopi.

Clock


Clock

Sebenarnya, jika kita sudah punya smartphone, tidak perlu lagi beli jam weker untuk membangunkan tidur. Dikarenakan pada smartphone sudah ada aplikasi Clock yang didalamnya itu ada fitur alarm yang bisa diatur sesuka hati.

Tinggal atur saja kapan alarm ingin dibunyikan, bahkan kamu bisa menuliskan catatan sebagai informais tambahan, dan mengatur bunyinya. Selain itu, alarm juga bisa diatur supaya berbunyi hanya sekali saja, setiap hari, atau pada hari yang ditentukan dalam sepekan.

Selain alarm, di aplikasi Clock juga terdapat fitur Stopwatch yang berfungsi menghitung waktu yang terpakai dan Timer untuk menghitung mundur.

Calculator


Calculator

Agar bisa hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara cepat serta akurat, kalkulator tentu saja dibutuhkan. Tapi, sekarang tidak perlu kalkulator fisik karena setiap telepon seluler sudah dilengkapi dengan aplikasi perhitungan matematika ini.

Shazam



Pasti kamu pernah mengalami seperti ini. Dengar lagu yang enak banget di suatu tempat, kemudian penasaran dengan judulnya apa. Tapi, tidak ada seorang pun yang mngetahui judul lagunya ketika ditanya. Nah, dengan Shazam, kamu bisa mengetahui judul lagu dari lirik, suara atau musiknya.

Google Translate


Google Translate

Siapa sih yang tidak mengetahui layanan penerjemahan dari Google ini. Dengan Google Translate, pengguna bisa menerjemahkan bahasa yang ingin diketahui, mulai dari teks, foto dan suara sehingga berkomunikasi dengan orang asing dari luar negeri jadi lebih mudah.

Google Maps


Google Maps

Hari gini masih nyasar dan tidak tahu jalan? Makanya, sebelum pergi ke tempat yang belum kamu kenal, lacak dulu lokasinya dengan Google Maps.

Cara menggunakan Google Maps sangat mudah, yaitu cukup masukkan saja alamat dari lokasi yang ingin kamu ketahui. Selain itu, kamu juga bisa melihat rute tercepat untuk menuju ke sana berdasarkan alat transportasi yang digunakan, mulai dari berjalan kaki, naik sepeda motor, mobil, atau transportasi umum.

***

Oke, itulah pembahasan tentang beberapa aplikasi Android yang dapat memudahkan aktivitas harian atau hidup kita.

Jika ada pertanyaan tentang aplikasi yang saya rekoemendasikan atau kamu punya masukan mengenai aplikasi yang bisa membuat hidup penggunanya jadi lebih mudah, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Android yang Mudahkan Aktivitas Sehari-hari"