Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Alexa Toolbar, Bukan untuk Menaikkan Ranking

Alexa Toolbar

Kata orang, Alexa Toolbar bisa menaikkan ranking Alexa. Benarkah?

Alexa Toolbar adalah add-ons atau ekstensi browser untuk mengetahui secara cepat dan instan mengenai Alexa Rank, situs yang punya tema serupa, jumlah backlink, tampilan situs di masa lalu, Search Analytics, dan kecepatan loading dari suatu website.

Manfaat Alexa Toolbar


Perlu dicatat dan digarisbawahi kalau fungsi sesungguhnya dari Alexa Toolbar bukan untuk mendongkrak traffic atau peringkat Alexa. Mengenai fitur yang disediakan oleh toolbar Alexa tersebut, ayo kita bahas satu per satu, ya!

Alexa Traffic Rank: dengan memasang Alexa Toolbar, kamu akan lebih mudah untuk melihat ranking Alexa dari website atau blog yang sedang dibuka.

Seperti yang banyak diketahui bahwa Alexa Rank merupakan peringkat yang paling diburu oleh para penggiat SEO dan pemilik website. Ranking ini merupakan indikator yang mentukan populer atau tidaknya sebuah website di dunia atau suatu negara. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ranking, tetapi yang jelas, ranking Alexa akan semakin tinggi jika banyak pengunjung dan yang membaca website kita.

Search Analitycs: melalui fitur ini, kamu bisa mengetahui detail dari keseluruhan pengunjung yang datang ke suatu website, antara lain platform yang digunakan, keyword pencariannya, jumlah rata-rata laman yang dibaca oleh pengunjung, durasi, bouce rate-nya, platform yang digunakan untuk mengakses, dan lainnya.

Related Links: Jumlah backlink merupakan data yang sangat berguna. Semakin banyak backlink, maka semakin tinggi peringkat suatu website di mesin pencari dan tentu saja Alexa.

Wayback Machine: Nah, fitur ini akan memungkinkan kamu untuk melihat tampilan, template, atau susunan artikel lama dari suatu website.

Mitos Alexa Rank


Kemudian, apakah memasang Alexa Toolbar di browser yang kita pakai, baik itu Mozilla Firefox maupun Google Chrome, akan meningkatkan Alexa Rank dari website atau blog yang dibuka? Tentu saja tidak, itu hanya mitos.

Ada bayak banget faktor yang menentukan peringkat Alexa. Sedangkan, Alexa Toolbar adalah alat untuk menampilkan secara lebih mudah tentang data-data Alexa dari suatu website atau situs online.

Bahkan, melakukan klaim website di Alexa tidak akan mempengaruhi peringkat. Namun, data yang diperoleh Alexa dengan kita melakukan klaim akan lebih baik. Jadi, statistis yang ditampilkan ketika melihat data Alexa-nya akan lebih akurat.

Kesimpulannya, yang perlu dilakukan apabila kamu ingin meningkatkan Alexa Rank, antara lain membuat konten original, konten berdasarkan tren yang banyak dipencarian, membangun link melalui backlink dan internal link, mengaplikasikan SEO yang baik, dan menggunakan template website yang responsif serta rapi.

Jadi, anggapan bahwa memasang Alexa Toolbar adalah cara untuk meningkatkan ranking Alexa, nyatanya hanyalah mitos. Masih banyak mitos lain untuk menaikkan Alexa Rank, yaitu memasang widget Alexa, hanya menghitung internet matketer dan pemilik website, klaim website di Alexa, membayar jasa Alexa, dan masih banyak lagi.

Kalau tertarik untuk menggunakan Alexa Toolbar, akses ke lamannya saya sediakan di bawah ini.

2 komentar untuk "Manfaat Alexa Toolbar, Bukan untuk Menaikkan Ranking"

  1. mantap punya...jangan lupa berkunjung ke https://resepichaichi.blogspot.com/

    BalasHapus

Berlangganan via Email