Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Meningkatkan Kualitas Channel YouTube

tips youtube

Agar membuat channel YouTube tambah populer.

Jika sudah membuat banyak mengunggah konten video di channel YouTube kamu, tapi masih belum mendapat banyak subscribe atau view videonya masih rendah, maka tips singkat ini mungkin bisa dijadikan referensi.

Untuk mengembangkan sekaligus meningkatkan kualitas channel YouTube, ini juga bisa dijadikan inspirasi bagi blogger, kamu harus menilai konten apa saja yang disukai oleh pemirsa YouTube serta melakukan penyesuaian agar mereka kembali dan menonton lebih banyak video di channel kamu.

Oke, di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Lihat Kebiasaan Pengunjung


Sekarang, buka channel kamu dan pergi ke Creator Studio, kemudian buka Analytics.

Disana akan diperlihatkan banyak statistik dari para pemirsa yang menyaksikan video di channel kamu. Buat catatan mengenai jenis video apa yang paling disukai, dari mana mereka datang, rata-rata usia yang menonton, hingga video dengan penghasilan tertinggi.

Setelah mengetahui data tersebut, maka selanjutnya kamu bisa memutuskan konten seperti apa yang akan dibuat lebih banyak, prioritas untuk menghasilkan uang lebih banyak di YouTube, sehingga pengembangan channel bisa lebih lancar dan pastinya lebih disukai oleh pemirsa YouTube, baik oleh subscriber ataupun bukan.

Kualitas diatas Kuantitas


Mungkin agak sulit menentukan video mana yang berkualitas di YouTube. Sebab, yang diedit dengan ide yang matang belum tentu ramai, sedangkan yang dibuat ala kadarnya kadang-kadang bisa viral dan ditonton oleh banyak orang.

Namun, hal tersebut jangan dijadikan patokan. Untuk mengembangkan channel jadi lebih baik, buat penjadwalan rilis video yang memungkinkan untuk kamu dan penggemar.

Misalnya, kamu hanya mampu membuat video yang bagus dalam seminggu hanya satu, atau bahkan sebulan hanya dapat memproduksi satu video. Ya, jangan dipaksakan membuat lebih dari itu sehingga membuat kualitas atau pembahasan yang diangkat jadi tidak unik atau terkesan dangkal.

Trennya, YouTuber masa kini memposting video hampir setiap hari agar masuk rekomendasi YouTube dan mendapatkan banyak view. Namun, saya juga memperhatikan ada juga kreator konten yang upload video di channel-nya hanya sebulan sekali atau lebih, tapi sekalinya upload, view-nya bisa mencapai jutaan dalam waktu singkat.

Cari Inspirasi


Perhatikan apa yang kreator atau YouTuber lain lakukan, ambil referensi dari peristiwa yang telah terjadi atau sedang berlangsung, dan tetap update dengan budaya yang sedang populer.

Ambil inspirasi dari apapun yang terkait dengan materi konten di channel kamu, saring untuk menentukan mana yang memungkinkan untuk dibuat lebih dulu berdasarkan kondisi dan kemampuan yang dimiliki.

Popularitas bukan tujuan akhir, tapi proses untuk menjadi pembuat konten yang lebih baik.

Buat Program dengan Tujuan yang Terukur


Tentukan goal, buat perencanaan konten, dan selalu ingat untuk membuat sesuatu yang kamu sukai serta kuasai.

Mungkin YouTuber lain membuat video review Hp banyak ditonton orang, tapi kalau kamu belum memiliki kemampuan itu dan tidak punya passion disana, sebaiknya jangan ikut-ikutan.

Tetap buat konten yang biasanya, kamu sukai dan kuasai. Kecuali, kamu benar-benar ingin mencoba sesuatu yang baru dan akhirnya punya gairah disitu. Barulah bijaksana kalau ikutan, misalnya buat video review Hp.

Coba, Pelajari, Ulangi


Singkatnya, jika memberikan efek terhadap perkembangan channel, berarti itu bagus, lanjutkan. Namun, jika tidak. Cobalah melakukan sesuatu yang baru. Polanya begitu terus!

Di dunia ini, tidak ada kesuksesan yang instan. Semuanya butuh proses yang kadang perlu waktu yang cukup lama untuk mencapainya.

Namun, rumus yang bisa digunakan lebih kurang sama. Coba saja dulu, pelajari apa yang kurang dan nilai yang bisa ditambahkan agar hasilnya lebih baik. Kemudian, kalau gagal perbaiki, tetapi jika berhasil terus kembangkan.

Ulangi terus lingkaran proses tersebut sampai akhirnya tidak terasa channel YouTube kamu sudah berkembang pesat. Kontennya lebih baik mungkin, mulai dari materi yang diangkat, pemilihan kata, kualitas video, jadwal terbit, jumlah view serta subscriber, dan lainnya.

***

Well, itulah beberapa tips singkat yang bisa kamu jadikan referesi untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas channel YouTube jadi lebih maju dan (mungkin) ramai. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk selalu ingat bahwa buatlah konten yang kamu suka.

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kualitas Channel YouTube"

Berlangganan via Email