Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bayar Pajak STNK, Samsat Bintaro Ada di Bank BJB

samsat bintaro bank bjb

Well, ini adalah pengalaman saya nunggak pajak motor selama 2 tahun. Yah, karena pandemi, jadi tidak memiliki keberanian untuk berdesakan di samsat untuk melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor kendaraan atau disingkat STNK.

Akhirnya, kondisi mulai membaik sehingga saya memiliki keberanian untuk datang ke Samsat Bintaro untuk menunaikan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor.

Samsat Bintaro berlokasi di Bank BJB lantai 3, posisinya pada ruko-ruko seberang Bintaro Plaza. Sebelumnya, Samsat Bintaro pernah berdiri sendiri di ruko yang berbeda. Namun, balik lagi ke Bank BJB.

Saya datang kesana sekitar jam 08.00 WIB, waktu dimana Samsat ini buka. Tutupnya jam 14.00 WIB.

Oh iya, di Samsat Bintaro, kita hanya bisa melakukan perpanjang STNK per 1 tahun. Tidak bisa membuat plat baru atau perpanjang STNK per 5 tahun. Kalau mau yang 5 tahunan, harus datang ke kantor samsat yang menerbitkan TNKB atau plat nomor.

Persyaratan Perpanjang STNK


Persyaratan yang diperlukan untuk perpanjang STNK, yaitu dokumen asli dan juga fotokopi dari eKTP, STNK, dan BPKB. Kalau yang masih kredit atau BPKB-nya tidak ada, silakan minta surat keterangan ke leasing. Nanti, dokumen tersebut diberikan semua ke resepsionis.

Jika tidak mau ribet fotokopi dari rumah, ada juga jasa fotokopi di belakang Bank BJB.

tukang fotokopi samsat bank bjb

Harganya Rp5.000 untuk semua dokumen yang diperlukan beserta mapnya sehingga lebih rapi.

map fotokopi syarat perpanjang stnk

Saat mau masuk, harus antri dulu di luar Bank BJB-nya dan mematuhi protokol kesehatan. Wajib mengenakan masker, cek suhu, dan masuk secara bergantian. Jadi, di dalam nantinya tidak ada kerumunan orang. Tidak perlu takut capek berdiri karena disediakan kursi cukup banyak.

Prosedur Pembayaran


Setelah dipanggil masuk, langsung naik ke lantai 3. Kumpulkan persyaratan pada keranjang di resepsionis, dan tunggu sampai dipanggil. Kalau sudah sampai tahap ini, proses menunggu paling lama sekitar 30 menit. Pembayaran hanya bisa tunai dan usahakan uang pas.

Pengalaman perpanjang STNK tahunan di Samsat Bintaro bisa dibilang nyaman, tidak terlalu ramai, dan sejuk karena ruangan AC. Humasnya pun ramah dan cukup membantu jika kita ada pertanyaan terkait layanan samsat.

Oh, satu pertanyaan yang saya ajukan ke humas, yaitu "Apabila wajib pajak menunggak pajak motor selama 2 tahun atau lebih, tapi di STNK hanya tersisa satu slot untuk perpanjang tahunan, maka apakah bisa melakukan disini?"

Jawaban dari Humas ternyata tidak bisa, dengan kondisi tersebut, diperlukan tahap pembuatan plat nomor baru sehingga prosesnya hanya bisa dilakukan pada samsat pusat. Kalau mengacu ke keterangan STNK motor saya, maka prosesnya hanya bisa dilakukan di Samsat Ciputat.

Samsat Bintaro Plaza


Kemudian, saya sempat tanya tentang Samsat Bintaro di Bintaro Plaza. Jadi, samsat tersebut berfungsi untuk perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Layanan SIM ini bisa dinikmati masyarakat setiap hari Rabu dan Kamis.

Dan harus dicatat bahwa pemilik SIM hanya bisa melakukan perpanjang pada 14 hari atau 2 pekan sebelum masa kadaluarsanya atau jatuh tempo.

Kalau tahap perpanjang SIM di Samsat Bintaro Plaza ini saya belum pernah coba sih. Jadi, belum tahu detail, fakta hingga prosedurnya seperti apa.

Biaya Tarif PNBP, Pelayanan STNK PP. No. 60 Tahun 2016


Penerbitan STNK Baru
  • R2/3 Rp100.000
  • R4/Lebih Rp200.000

Penerbitan STNK Perpanjangan
  • R2/3 Rp100.000
  • R4/Lebih Rp200.000

Pengesahan STNK
  • R2/3 Rp25.000
  • R4/Lebih Rp50.000

Penerbitan Surat Mutasi Ranmor
  • R2/3 Rp150.000
  • R4/Lebih Rp250.000

Penerbitan TNKB
  • R2/3 Rp60.000
  • R4/Lebih Rp100.000

Posting Komentar untuk "Bayar Pajak STNK, Samsat Bintaro Ada di Bank BJB"

Berlangganan via Email