Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokapala Ikut Dipertandingkan di PON XX Papua, Semua Boleh Daftar!

lokapala pon xx papua

Lokapala merupakan game MOBA buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios yang mana diterbitkan oleh PT Melon Indonesia. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara online oleh PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Selasa, 24 Agustus 2021, diumumkan bahwa game ini akan dipertandingkan di Eksibisi PON XX yang digelar di Papua. Kabar bahagia ini menjadi titik mula bagi dunia esports yang resmi dijadikan sebagai cabang olahraga di PON (Pekan Olahraga Nasional).

Lokapala juga mencetak sejarah sebagai game esports lokal pertama yang ikut serta dalam acara turnamen esports nasional. Dulu, acara PON pertama kali diselenggarakan di Surakarta dengan tujuan untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Saat ini, dengan hadirnya Lokapala pada PON XX Papua, diharapkan dapat menjadi langkah awal bahwa Indonesia juga berdaulat dalam industri esports. Selain itu, hadirnya Lokapala di PON XX Papua adalah sebagai bentuk nyata agar menginspirasi developer game lokal untuk terus berkarya serta turut berpartisipasi dalam kesuksesan game, baik di Indonesia maupun global.

"Telkom sangat mendukung ekosistem game di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri esports di Indonesia, tentunya diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja, oleh karena itu kita juga mendorong para kreator game lokal bisa menghasilkan game yang bisa mendunia," komentar Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia.

"Suatu kehormatan dan sekaligus bangga, gim Lokapala dilibatkan dan dijadikan salah satu gim dalam eksibisi di PON XX Papua 2021. Sebagai bentuk akselerasi digital, kami dari PT Melon Indonesia yang adalah bagian dari Telkom group, di mana Telkom Indonesia saat ini turut mendukung industri gim dalam negeri yang mana dalam hal ini PT Melon Indonesia menjadi penyedia atau publisher gim LOKAPALA yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios," kata Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia.

PON XX Papua ini, cabang esports Lokapala akan menggunakan sistem friendly match yang mana para pemain Lokapala bisa mendaftarkan dirinya dan rekan tim sebagai atlet. Sistem friendly match ini juga menjadi ajang promosi Lokapala sebagai game lokal dan game terbaru dalam rangka mempermudah peserta dari berbagai daerah karena saat mendaftar tidak terdapat peraturan tim harus berada dalam provinsi yang sama.

Pertandingan kualifikasi esports Lokapala di PON XX Papua 2021 dengan total hadiah Rp200 juta ini akan berlangsung secara online pada tanggal 6-7 September 2021, sedangkan semifinal dan finalnya pada berlangsung pada tanggal 22-26 September 2021 di Papua.

Pendaftaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 juga telah resmi dibuka. Masyarakat bisa mendaftar secara langsung di website garudaku.com dengan langkah-langkah berikut ini.
  • Kunjungi situs www.garudaku.com
  • Lalu klik tombol "Buat akun baru" dan masukkan nomor WhatsApp > Kemudian klik tombol "Daftar Akun"
  • Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim via WhatsApp dan lakukan aktivasi akun dengan mengisi data diri (nama, username, password, foto profil, email, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, dan kota)
  • Berikutnya ikuti minimal 3 komunitas yang tersedia
  • Setelah itu klik menu "Turnamen" dan pada "Pertandingan persahabatan PON - Lokapala" bisa langsung klik "Daftar"

Selain mendukung penuh game Lokapala di ajang PON XX Papua 2021, PT Melon Indonesia dan Telkom Indonesia akan terus mendukung pengembang game di Indonesia dalam program Indigo Game Incubation (Indigo) sehingga kedepannya game buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional hingga global.