Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makin Praktis! Cara Bayar Tagihan Pajak PBB di BCA Mobile

iuran pajak bumi bangunan

Batas pembayaran tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) biasanya jatuh pada tanggal 31 Agustus. Bertahun-tahun yang  lalu, saya biasanya melakukan pembayaran pajak ini di kantor kelurahan.

Namun, bayar pajak di kantor kelurahan itu rasanya kurang fleksibel, harus meluangkan waktu di hari dan jam kerja. Sekarangkan sudah zamannya bayar online lewat internet sehingga mostly pembayaran-pembayaran gitu sudah bisa dilakukan secara online melalui berbagai platform.

Nah, kali ini saya ingin sharing pengalaman dalam membayar pajak lewat BCA Mobile.

Tutorial Bayar PBB di BCA Mobile


Cara bayar PBB via BCA Mobile ini ternyata gampang banget.

Persyaratannya hanyalah kamu sudah terdaftar di BCA Mobile dan sudah menginstall aplikasi tersebut di smartphone. Jika belum terdaftar, langsung saja ke cabang BCA terdekat untuk melakukan aktivasi.

Download BCA Mobile di smartphone. Kalau belum, download dulu ya! Google Play untuk Android atau App Store untuk iOS / iPhone.

Apabila sudah terdaftar dan install, buka dan masuk ke BCA Mobile dengan memasukkan Kode Akses.

Selanjutnya, di bagian Home pilih m-Payment > Pajak.

Tentukan jenis pajak yang ingin dilunasi, dalam hal ini pilih PBB, masukkan Nomor Objek Pajak (NOP), dan pilih juga tahun dari pajak yang ingin dibayarkan.

Lanjut, pilih Send. Jika data yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul informasi tagihan yang  harus dibayar, biaya admin, dan denda (kalau ada).

Apabila yakin untuk membayar, pilih OK, dan masukkan PIN m-BCA, lalu pilih OK lagi untuk menyelesaikan pembayaran.

Udah deh, selesai!

cara bayar pbb di bca mobile

Catatan!


Kamu bisa melakukan pembayaran untuk lebih dari satu NOP.

Tidak perlu melakukan validasi pembayaran ke kantor kelurahan karena sistem pembayaran melalui BCA Mobile ini sudah online sehingga jika sudah bayar lunas maka datanya sudah tercatat di pusat.

SPPT PBB bukanlah tanda kepemilikan tanah dan bangunan, ya!

Pembayaran PBB melalui BCA Mobile ini mungkin belum tersedia untuk semua daerah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba dulu.

Apabila daerah Anda belum mendukung pembayaran lewat BCA Mobile, bisa gunakan alternatif lain, misalnya melalui minimarket (Alfamart, Indomaret), Tokopedia, dan aplikasi LinkAja.

Posting Komentar untuk "Makin Praktis! Cara Bayar Tagihan Pajak PBB di BCA Mobile"