Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Review Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker Indonesia

Review Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker Indonesia

Review speaker bluetooth portable dari Xiaomi.


Beberapa tahun yang lalu, ketika meliput acara peluncuran salah satu smartphone Android dari Xiaomi, di dalam goodie bag yang dibagikan ke media, ternyata ada satu unit Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker. Wow, saya merasa beruntung karena sudah lama ingin wireless speaker, eh akhirnya dapat ini.

Meski sudah dimiliki cukup lama, namun saya belum pernah terpikir untuk membuat ulasannya. Mumpung kondisi sekarang sedang senggang, saya pikir bolehlah ya dibuatkan review singkatnya. Mengingat saya rasa barang ini sangat berguna bagi pemilik hape atau laptop dengan suara speaker yang kaleng-kaleng, seperti mendem atau cempreng.

Body Metal Kuat


Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker yang saya punya berwarna silver. Bagian atas dan samping body-nya yang terbuat dari metal sangat kokoh untuk melindungi bagian dalam speaker. Sedangkan bagian bawah terbuat dari plastik dan karet sehingga gripnya cukup bagus ketika diletakkan pada alas yang agak licin, seperti meja kaca atau plastik.


Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker Tampak Bawah
Tampak bawah

Mi Portable Bluetooth Speaker punya saya ini pernah dilempar oleh anak saya ke ubin. Jatuh dengan kencang. Untungnya tidak hancur berhamburan karena body metalnya yang kuat. Hanya penyok sedikit di bagian tepinya. Kualitas suaranya pun masih tetap terjaga. Syukurlah!

Xiami Mi Portable Bluetooth Speaker di Meja Plastik
Setup di meja plastik

Cara pairing Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker


Untuk menggunakan speaker bluetooth berbobot 58 gram ini, kita harus melakukan pairing terlebih dahulu dengan smartphone, laptop atau perangkat lain yang punya fitur Bluetooth v4.0.

  • Tekan dan tahan tombol power yang berada di bagian bawah speaker selama 3 detik dan pastikan bluetooth pada gadget yang ingin kamu pairing sudah aktif
  • Di gadget kamu, kalau saya di laptop. Bukan aplikasi bluetooth, pilih Add a Bluetooth Device atau Add Bluetooth or other device, setelah itu pilih Bluetooth dan dalam daftar perangkat yang terdeteksi akan muncul nama "Mi Portable Bluetooth Speaker"
  • Pilih itu dan proses pairing akan dimulai
  • Jika pairing berhasil, speaker ini akan berbunyi "beep"

Setelah pairing berhasil, selama nama speaker ini belum dihapus dari daftar bluetooth, maka kamu tidak perlu melakukan pairing ulang. Cukup nyalakan Mi Portable Bluetooth Speaker, kemudian pairing akan dilakukan secara otomatis. Kecuali jika kamu ingin menggunakannya di perangkat lain maka harus pairing lagi secara manual.

Kualitas Suara Mi Portable Bluetooth Speaker


Untuk suara, kita tidak bisa melakukan pengaturan langsung melalui Mi Portable Bluetooth Speaker. Jadi, suaranya tergantung pengaturan suara dan volume di laptop atau smartphone.

Terlepas dari pengaturan, menurut saya, suara yang dihasilkan sudah cukup memuaskan. Agak ngebas, kencang tapi tidak cempreng, dan nyaris tidak terdengar ada noise.

Jarak sambungan nirkabel antara speaker ini dengan laptop juga cukup jauh, sekitar lima meteran. Lebih dari itu akan terjadi gangguan, seperti suara putus-putus atau jadi kurang enak didengar.

Daya Tahan Baterai Awet


Daya tahan baterainya juga cukup lama, dua jam nonstop memutar lagu dengan volume sedang, belum ada tanda-tanda energinya akan habis sih. Hanya saja, tidak ada indikator yang menunjukkan sisa energi baterainya. Jadi, kira-kira saja atau kalau sudah mati baru diisi lagi.

Pengisian baterainya sendiri menggunakan micro-USB. Di dalam kemasannya sih tidak ada kabel atau Adapter untuk pengisian ulang. Hanya unit speaker bluetooth saja. Jadi, kalau mau isi baterai ya harus menggunakan adapter atau charger dari smartphone kamu. Dan ketika ngecas, Mi Portable Bluetooth Speaker tidak bisa digunakan.

Spesifikasi Lengkap


  • Versi Bluetoot: 4.0
  • Jarak efektif: 5 meter
  • Power:  2 W
  • SNR: 53 dB
  • Impedansi: 4 Ohm
  • Distorsi: THD<5%
  • Tipe baterai: Built-in rechargeable lithium battery
  • Daya tahan baterai: 4 jam (60 dBA / 1m, pink noise)
  • Bobot: 58 gram
  • Dimensi: 52x52x25 mm

Harga Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker di Indonesia


Saya ngecek harga speaker ini di Tokpedia dan Shopee selabagai dua e-commerce yang populer di Indonesia, kisaran harga Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker mulai dari Rp189.000 sampai sekitar Rp300.000. Untuk harga resmi, saya belum menemukannya.

***

Demikianlah ulasan saya setelah lebih dari setahun, saya lupa tentang waktu pasti ketika mendapatkan speaker Bluetooth ini, menggunakan Mi Portable Bluetooth Speaker dari Xiaomi. Secara keseluruhan, saya puas sih dengan performanya, khususnya daya tahannya yang kuat banget.

Apabila ada yang ingin ditanyakan, pendapat atau sekadar berbagi pengalaman tentang Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker, silakan tinggalkan saja pada kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Review Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker Indonesia"

Berlangganan via Email