Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Terbaru Lancar Bermain Mobile Legends di Android tanpa Ngelag

Miya MLBB

Cara main Mobile Legends tanpa lag dan patah-patah.


Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB merupakan game mobile bergenre MOBA yang sangat diminati gamer Android di Indonesia. Selain gameplay yang seru dan kompetitif, alasan lain MLBB disukai gamer adalah karena bisa dimainkan pada smartphone berspesifikasi rendah.

Namun, tidak jarang ketika memainkan game dengan ekosistem esports yang sangat hidup ini, pemain merasakan patah-patah atau ngelag. Apalagi ketika pertempuran sedang ramai-ramainya. Padahal, kelancaran bermain merupakan salah satu kunci kemenangan pada game buatan Moonton ini.

Ada beberapa penyebab Mobile Legends jadi patah-patah atau ngelag ketika dimainkan. Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan kepada kamu tentang dugaan penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Gunakan Internet yang Stabil


Kasus yang paling sering terjadi ketika ngelag bermain MLBB dikarenakan koneksi internet yang digunakan gamer lemot.

Solusinya, sebaiknya gunakan jaringan terbaik di ponsel kamu. Gunakan penyetelan 4G, jangan cuma 3G, agar bisa internetan ngebut dan lancar. Semakin kecil ping permainan, semakin lancar bermain MLBB.

Sebelum bermain pastikanlah sinyal internet kamu bagus. Lihat indikator sinyal seluler di bagian atas layar hape kamu. Pastikan tidak menunjukkan simbol E atau H. Minimal H+, lebih bagus kalau 4G.

Lebih disarankan untuk menggunakan Wifi yang stabil ketika bermain di Ranked Mode. Atau, jika terpaksa menggunakan paket data seluler, carilah spot atau lokasi dengan sinyal penuh.

Jangan Buka Selain Mobile Legends


RAM juga bisa jadi sumber masalah patah-patah ketika bermain Mobile Legends kalau kapasitasnya terlalu kecil, misalnya hanya 512MB atau 1GB. Kalau di atas 2GB, seharusnya kapasitas memory sudah sangat cukup untuk bermain game dengan serial liga profesional bernama Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) ini.

Solusinya jika kamu bermain di hape kentang yang RAMnya tanggung adalah tutup semua aplikasi yang digunakan terlebih dahulu. Pastikan kamu hanya mengaktifkan MLBB. Atau, boleh juga matikan aplikasi yang berjalan di belakang layar secara manual atau menggunakan aplikasi cleaner (saya menggunakan CCleaner).

Hapus Aplikasi atau File yang Tidak Perlu dari Internal Storage


Lagi-lagi masalah yang banyak terjadi pada hape kentang. Tidak sedikit gamer yang masih menggunakan smartphone jadul untuk bermain MLBB, yang internal storage-nya hanya 8GB atau 16GB.

Berdasarkan pengalaman saya agar bisa lancar menjalankan aplikasi, khususnya game, di smartphone adalah internal storage yang dipakai tidak boleh lebih dari 70 persen. Jika lebih dari itu, performanya akan menurun dan berpengaruh pada kelancaran bermain Mobile Legends.

Solusi dari masalah ini, hapus aplikasi yang jarang kamu gunakan. Jika memungkinkan untuk pasang Micro-SD, pindahkan data penting atau yang masih dibutuhkan dari internal storage kesana. Dan jangan lupa, hapus cache yang tidak perlu menggunakan cleaner.

Sayangnya, untuk hape dengan internal storage 8GB sih agak sulit karena kapasitas penyimpanannya sudah habis oleh sistem operasi yang tidak bisa dikurangi ataupun dihapus.

Jangan Main Sambil Ngecas


Salah satu kebiasaan ketika menggunakan hape, khususnya saat bermain game, adalah sambil melakukan pengisian baterai atau ngecas.

Ketika ngecas, suhu dari baterai akan naik sehingga smartphone akan panas secara otomatis walaupun tidak digunakan. Akibat dari suhu tinggi itu, performa Android jadi menurun.

Solusinya, charge dulu hape kamu hingga penuh atau sampai persentase yang dibutuhkan sebelum bermain. Kalau telah penuh, suhu hape juga sudah stabil, barulah mulai bermain.

Gunakan Game Booster


Ada momen ketika kapasitas RAM sudah sangat mencukupi untuk main Mobile Legends, namun tetap lag. Kemungkinan karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka sekaligus sehingga kapasitas memory-nya banyak yang termakan.

Solusinya mudah, cukup matikan aplikasi yang sedang aktif untuk mengurangi beban memory. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi game booster untuk memaksimalkan pengalaman gaming di smartphone.

***

Itulah tips Mobile Legends agar lancar push rank tanpa lag dan patah-patah di smartphone Android spek kentang yang bisa jadi rekomendasi untuk diikuti.

Jika solusi di atas belum menyelesaikan masalah lag dan patah-patah dalam bermain Mobile Legends, coba untuk menurunkan kualitas grafis pada menu setting. Kalau masih belum lancar juga, mungkin masalahnya ada di spesifikasi hape yang terlalu rendah.

Semoga rangkaian solusi bermain Mobile Legends terbaru ini dapat membantu.

Apabila mengetahui penyebab lag beserta solusinya yang belum disebutkan di atas, berikan pendapatmu pada kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Tips Terbaru Lancar Bermain Mobile Legends di Android tanpa Ngelag"

Berlangganan via Email