Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Provider Internet Tercepat di Indonesia

Steam Global Traffic Map
Steam Global Traffic Map

Versi Steam.


Mungkin kamu pernah merasakan penasaran, tentang provider atau penyedia layanan internet (ISP) yang paling cepat di Indonesia untuk keperluan bermain game, khususnya PC.

Nah, berdasarkan data yang diperlihatkan oleh Steam, distributor game secara digital yang dimiliki oleh Valve Corporation, diperoleh informasi mengenai ISP di Indonesia yang memiliki kecepatan download tertinggi.

Tentu saja, data tersebut diperoleh berdasarkan para pengguna yang mengunduh game PC dari Steam. Namun, data ini bisa kita jadikan referensi untuk menilai penyedia layanan internet paling ngebut di Indonesia.

Sekadar untuk Referensi


Terlepas dari data yang dibagikan oleh Steam, faktanya, kecepatan internet ditentukan dari banyak faktor, khususnya lokasi.

Jadi, jika pengguna lain bisa mendapatkan kecepatan yang sangat tinggi dari ISP A pada kota A, belum tentu kecepatannya akan sama di kota B, C, atau lainnya.

Begitu juga dengan lemotnya internet ISP B di kota A, belum tentu pada kota B atau C, kecepatannya lemot juga. Bisa jadi, kecepatannya berbeda dan lebih baik.

Atau, kasus yang sering terjadi nih. ISP A punya kecepatan yang super tinggi di kota A, tapi tidak menjangkau atau melayani kota B dan C.

Penyedia Layanan Internet Tercepat versi Steam


Oke, penyedia layanan internet dengan kecepatan download dalam Bytes (B), bukan Bit (b) paling cepat berdasarkan rata-rata penggunanya di Steam bisa kamu lihat pada daftar di bawah ini.

  • PT. Mora Telematika Indonesia: 40.9 MBps
  • MyRepublic ID: 36 MBps
  • Biznet Networks: 28.6 MBps
  • PT. Cyberindo Aditama: 23.8 MBps
  • PT. Cemerlang Multimedia: 13.9 MBps
  • FirstMedia: 16.1 Mbps
  • PT. MNC Kabel Mediacom: 12.2 MBps
  • MNC Playmedia: 12 MBps
  • PT. Telkom Indonesia: 7.2 MBps
  • Telkomsel: 6.8 MBps

Dari data yang diberikan, persentase gamer Indonesia yang mengakses Steam dibandingkan dengan pengguna dari seluruh dunia adalah 0,5 persen. Ternyata kecil banget jika dibandingkan dengan traffic dari Amerika dan Tiongkok yang masing-masing sebesar 18 persen.

Kecepatan donwload ISP Indonesia di Steam
Kecepatan download

Perlu diketahui bahwa kecepatan download dari setiap ISP tersebut diambil berdasarkan rata-rata penggunaan di tujuh hari terakhir. Pada kasus ini adalah antara tanggal 29 Juni-5 Juli 2020. Sehingga, di kemudian hari, kecepatannya bisa saja berubah jadi lebih tinggi atau rendah.

Ketahui Kecepatan Download ISP di Steam


Jika ingin mengetahui kecepatan download dari para provider internet di Indonesia yang digunakan oleh pelanggan Steam dalam mengakses berbagai game PC yang ditawarkan, silakan lihat disini.

Cukup klik lokasi Indonesia di dalam Steam Global Traffic Map untuk mengetahui kecepatan download rata-rata dari ISP yang digunakan oleh gamer tanah air.

Posting Komentar untuk "Provider Internet Tercepat di Indonesia"