Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Biaya Admin, Tarik Tunai di ATM dan Pengalaman Transfer Saldo dari LinkAja

LinkAja

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan honor pembuatan artikel advertorial dari agensi yang bekerja untuk Telkomsel sebesar Rp200.000. Lumayan untuk beli kopi. Nah, pembayarannya itu dilakukan melalui akun LinkAja.

LinkAja adalah aplikasi yang bergerak pada bidang teknologi finansial yang dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Di LinkAja, kita bisa beli pulsa, paket data internet, bayar merchant dengan stiker NFC LinkAja atau snap kode QR dan token, bayar tagihan, beli voucher game, kirim donasi, kirim uang ke sesama pengguna LinkAja, bayar Pajak Bumi bangunan (PBB), dan masih banyak lagi.

Agar bisa mengambil honor tersebut, tentunya saya langsung membuat atau daftar akun atau LinkAja pada Hp Android yang digunakan. Setelah itu, mengajukan permohonan untuk upgrade akun dari standar ke premium agar bisa tarik tunai saldo LinkAja di ATM atau transfer online ke rekening BCA.

Kalau cuma akun standar, kita tidak bisa tarik atau transfer saldo. Tapi, tetap bisa top-up (cash-in atau isi saldo), menerima saldo dari sesama akun LinkAja, dan melakukan pembayaran ke berbagai layanan di LinkAja.

Download LinkAja versi Android disini.

Proses mengubah status LinkAja dari standar ke premium ternyata gampang banget. Kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan, memasukkan data yang diperlukan, foto e-KTP dan selfie dengan e-KTP.

Setelah semua langkah dilakukan, sisanya ya tinggal menunggu pengesahan dari pihak LinkAja. Tidak lama kok prosesnya.

Transfer Saldo LinkAja ke Rekening BCA


Sesudah disahkah, saya langsung proses transfer saldo yang telah diterima. Namun, karena saya ingin melakukan transfer ke rekening BCA, ternyata ada biaya administrasi Rp6.500.

Wah, saya jadi tidak bisa ambil bulat-bulat saldo yang ada itu. Sehingga, agar bisa tarik semua saldo, saya hanya bisa mengambil Rp193.500, karena dipotong biaya admin tadi.

Setelah baca-baca info di internet, supaya tidak kena potongan biaya admin LinkAja, saya harus transfer ke rekening Mandiri, BRI, BNI atau BTN alias bank yang dikelola oleh BUMN.

Yah, secara, saya tidak punya rekening selain BCA, jadi ya sudahlah direlakan saja. Ambil sebisanya, haha.

Tarik Tunai LinkAja di ATM


Di lain kesempatan, saya mendapat proyek advertorial lagi dari agensi yang bekerja untuk Telkomsel, dan honor menulisnya dikirim ke LinkAja. Angkanya sama, yaitu Rp200.000.

Nah, kali ini saya tidak mau transfer online ke rekening BCA. Tapi ingin coba untuk tarik tunai (cash-out) ke ATM dengan label Link. Prosesnya tidak jauh beda dengan transfer online ke rekening, namun ada sedikit perbedaan. Tinggal ikuti perintahnya dan pastikan kita berada pada ATM yang benar.

Awalnya, saya coba di ATM berlogo Link dan ATM Bersama di minimarket, ternyata tidak bisa. Kemudian, saya pindah ke ATM yang ada di gerai bank BRI, nah disini baru bisa.

Tips dari saya apabila kamu ingin tarik tunai di ATM. Jangan terlalu lama, karena waktunya singkat. Kalau terlalu lama, nanti transaksi akan dibatalkan. Selain itu, waktu yang diberikan oleh aplikasi LinkAja hanya lebih kurang 5 menit.

Namun, perlu diketahui bahwa tarik tunai di ATM ini dikenakan biaya admin sebesar Rp5.000. Jadi, saldonya tidak bisa ambil semua karena nominal yang tersedia, yaitu Rp100.00, Rp200.000, Rp500.000, Rp1.000.000, dan Rp1.200.000. Kalau ambil di ATM kena biaya admin, jadi yang bisa diambil hanya Rp195.000.

Agar bisa tarik semua saldo di LinkAja, kali ini saya memutuskan untuk top-up saldo ke LinkAja melalui BCA Mobile sebesar Rp10.000 (minimal), dan kena biaya admin sebesar Rp1.500. Jadi, saya transferlah sebesar Rp11.500 untuk memenuhi syarat penarikan. Sehingga, total saldo yang saya miliki sebesar Rp210.000.

Setelah dana masuk, saya langsung proses permintaan tarik tunai di ATM melalui LinkAja. Pilih yang Rp200.000.

Di ATM, tekan tombol warna hijau. Kemudian nanti akan muncul pilihan LinkAja. Pilih tarik tunai (Cash Withdrawal), masukkan nomor telepon LinkAja, dan nomor token yang diberikan di aplikasi LinkAja. Setelah itu, uang keluar. Ambil deh!

Sisa saldo di LinkAja jadi Rp5.000. Tidak bisa diapa-apain lagi, haha. Tinggal menunggu ada proyek selanjutnya yang honornya dikirim melalui LinkAja. Baru akan saya cairkan lagi melalui transfer online ke rekening atau ATM, tergantung situasi dan kondisi.

Biaya Admin LinkAja


Kamu harus tahu bahwa ada biaya yang perlu dibayar untuk menggunakan LinkAja. Walaupun tidak semuanya harus bayar, tai adalah beberapa.

Berikut adalah daftar biaya layanan LinkAja.
  • Top-up saldo Rp1.500
  • Top-up saldo dari GraPARI Telkomsel Rp0
  • Tarik tunai di ATM Rp5.000
  • Tarik tunai di GraPARI Telkomsel Rp0
  • Transfer online ke rekening BCA atau jaringan ATM Bersama Rp6.500
  • Transfer online ke sesama LinkAja Rp0
  • Transfer online ke rekening Mandiri, BRI, BNI, BTN Rp0
  • Penggantian Media (Sticker NFC) Rp5.000

Harga layanan LinkAja bisa berubah sewaktu-waktu. Jika nanti ada perubahan, sebisa mungkin daftar di atas akan saya update juga.

***

Oke, itu saja pengalaman saya menggunakan LinkAja. Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang LinkAja, silakan tuliskan di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Biaya Admin, Tarik Tunai di ATM dan Pengalaman Transfer Saldo dari LinkAja"

Berlangganan via Email