Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menaikkan Ranking Alexa dengan Cepat untuk Pemula

alexa

Petunjuk singkat untuk meningkatkan ranking Alexa blog kamu.

Saya membuat artikel ini berdasarkan laman yang dibagikan oleh Alexa dan mengemasnya ke dalam bahasa yang santai sehingga harapannya lebih udah untuk dimengerti untuk pemula. Jadi, seharusnya informasi yang dipaparkan disini adalah benar.

Sebagian dari para digital marketer masih menjadikan ranking Alexa sebagai acuan untuk menentukan website atau blog mana yang pas untuk promosinya.

Jadi, memang sangatlah tepat kalau kamu memiliki semangat untuk mencari cara meningkatkan ranking Alexa dari blog yang dikelola agar mendapatkan kepercayaan dari klien. Yang ujungnya adalah mendapat keuntungan, dalam bentuk uang, Rupiah maupun Dolar.

Bagi pemula yang baru terjun ke dunia blogging dan SEO, semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk menambah keilmuan.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara untuk menaikkan rank, ada baiknya kamu lebih mengenal tentang Alexa lebih dulu.

Tanya Jawab Seputar Alexa


Apa sih Alexa Rank? Alexa Rank atau peringkat Alexa adalah suatu perhitungan perkiraan mengenai popularitas website kamu dibandingkan dengan situs lainnya.

Perlu dicatat, disebabkan oleh perhitungan peringkat yang relatif sehingga pengukurannya tidak hanya dari traffic situs kamu saja, tapi juga perubahan pada situs lainnya.

Bagaimana Alexa mendapatkan data sebuah website atau blog? Alexa punya panel data yang besar dari jutaan orang di seluruh dunia. Berdasarkan dari sampel data itu, Alexa memperkirakan jumlah pengunjung untuk semua website di internet. Perhitungannya sangat rumit yang termasuk mengoreksi kesalahan, seperti mengidentifikasi dan membuang traffic palsu atau spam dari bot.

Cara Alexa Menentukan Ranking


Setiap harinya, Alexa memperkirakan rata-rata pengunjung harian dan pageview dari semua website atau situs web selama tiga bulan terakhir.

Website dengan kombinasi tertinggi antara pengunjung dan pageview selama tiga bulan akan menempati ranking #1 Alexa. Sedangkan website dengan kombinasi paling rendah akan menempati ranking sekitar 30 jutaan. Namun, jika tidak ada kunjungan dari siapapun selama tiga bulan maka tidak ada ranking sama sekali untuk situs itu.

Jadi, Bagaimana Mendapat ranking Alexa yang lebih baik? Oke, masuk ke pembahasan inti mengenai taktik serta cara meningkatkan Alexa Rank website atau blog.

Buat Konten Berkualitas yang Disukai Mesin Pencari dan Pembaca


Jadi, beginilah cara cepat untuk meningkatkan Alexa Rank, yaitu dengan membuat konten yang original dan menarik, melakukan update konten secara berkala sehingga membuat nilai lebih dari pembaca. Nah, konten yang menyimpang dari motivasi tersebut akan gagal membangun komunitas pembaca setia.

Ketika pembaca menemukan sumber yang lebih bernilai dan informatif, mereka akan tertarik dengan konten selanjutnya dan membagikannya kepada teman-teman dalam jaringannya, yang secara tidak langsung bakal mendatangkan para pembaca baru.

Konten yang berkualitas juga akan mendapat penghargaan dari mesin mencari atau search engine seperti Google.

Membangun Inbound dan Internal Link agar Disukai Mesin Pencari


Dapatkan lebih banyak situs dengan niche terkait untuk ditautkan ke website kamu melalui inbound link atau dikenal juga dengan external link.

Taktik ini akan sangat membantu mesin pencari menentukan niche website dengan jelas dan meningkatkan kepercayaan serta kualitas situs kamu.

Contohnya, apabila website kamu punya niche teknologi, alangkah lebih baik jika inbound link-nya juga dari website lain yang membahas soal teknologi.

Dengan kata lain, link dari website yang berkinerja baik akan meningkatkan kredibilitas situs kamu. Tentunya, taktik ini harus didukung juga dengan menghasilkan konten original yang menarik. Sebab, untuk apa mengajak pengunjung untuk datang ke website kamu, kalau kontennya kurang menarik.

Sebagai saran, berusahalah menjadi sumber informasi atau yang pertama agar lebih banyak website dengan Alexa Rank tinggi mengarahkan inbound link-nya ke situs atau blog kamu.

Disisi lain, internal link adalah tautan yang mengarahkan dari satu laman atau artikel lain pada situs kamu.

Ini bermanfaat karena bisa memandu pengunjung di website untuk menemukan pembahasan terkait atau yang menarik lainnya. Internal link juga berkontribusi sebagai sub-link yang muncul di bawah tautan laman utama kamu pada mesin pencari.

Jadi, pastikan untuk membuat konten terbaik agar sejalan dengan strategi internal link ini sehingga tidak terkesan memaksakan.

Pada akhirnya, inbound maupun internal link akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing hingga DuckDuckGo untuk mengerti konten yang dihadirkan pada website dan menentukan penilaian dari para pengunjung.

Namun, ada catatan penting yang perlu diketahui tentang strategi online dalam membangun link ini, yaitu gunakanlah link dengan tepat. Penggunaan link yang berlebihan justru dapat mengurangi kredibilitas atau keterbacaan situs kamu, bahkan bisa dikenakan sanksi oleh mesin pencari, seperti tidak munculnya website dalam pencarian kata kunci apapun. Ini bahaya!

Riset Kata Kunci


Berikutnya, temukan keyword atau kata kunci yang mengarahkan traffic ke website saingan kamu, kemudian optimalkan kata kunci yang ada untuk situs kamu (lebih lengkap, pembahasan lebih mendalam), atau beli kampanye PPC untuk kata kunci tersebut.

Dengan melakukan sedikit riset kata kunci, kamu dapat memahami bagaimana dan apa yang banyak dicari oleh pembaca.

Inbound Marketing Agent membagikan infografik yang bagus tentang poin penting dari strategi penempatan keyword yang akan membantu kamu dalam memilih area yang tepat di website untuk menempatkan kata kunci.

Pahami strategi pemasaran pesaing kamu dan catat apa saja yang berhasil. Ada beberapa alasan mengapa menganalisa persaingan ini jadi penting, tetapi secara singkat, analisis kompetitif akan menempatkan analisis situs kamu sendiri ke dalam cakupan yang jelas.

Dengan demikian, memberi kamu pemahaman yang lebih terang tentang data-data yang penting, strategi yang berhasil untuk kamu dan pesaing, dan memungkinkan untuk mengidentifikasi serta mengantisipasi tren di industri.

Semua sudut pandang analisa tersebut akan membantu menginformasikan keseluruhan strategi kamu untuk membuat keputusan bisnis yang lebih berwawasan yang secara positif bakal mempengaruhi posisi kamu di pasar, dalam kasus ini adalah Alexa Rank.

***

Sebelum mengakhiri, saya ingin berpesan bahwa tidak perlu ngecek Alexa setiap hari. Cukup cek sebulan atau tiga bulan sekali saja. Sisanya, fokus pada pembuatan konten, riset kata kunci, membangun link!

Oke, demikianlah pembahasan saya mengenai cara meningkatkan ranking Alexa atau peringkat Alexa untuk website atau blog. Jika ada saran, pertanyaan atau sekadar berbagi pengalaman, silakan tulis di kolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Ranking Alexa dengan Cepat untuk Pemula"

Berlangganan via Email