Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ketahui Sebelum Beli, Kenalan dengan Kuota Internet Lokal Telkomsel

kuota internet lokal telkomsel

Sebagai pengguna kartu perdana Telkomsel yang ingin beli paket data kuota internet, saya sempat bingung dengan pembagian kuota dari beberapa paket yang ditawarkan.

Soalnya, ada istilah Kuota Internet Lokal.

Apa sih Kuota Internet Lokal Telkomsel?


Nah, setelah melakukan pencarian via Google, akhirnya menemukan jawaban dari situs Gadgetren yang menjelaskan tentang Kuota Internet Lokal dengan bahasa yang cukup singkat dan mudah dimengerti.

Ternyata, Kuota Internet Lokal Telkomsel adalah data jaringan internet yang hanya bisa digunakan pada area atau zona tertentu. Biasanya, area tempat kita melakukan aktivasi kartu perdana atau membeli paket internet, dalam kasus ini dari Telkomsel.

Jumlah Kuota Internet Lokal dalam paket internet Telkomsel yang telah mendukung sinyal jaringan 2G, 3G dan 4G LTE juga lebih besar dari Kuota Internet Utama.

Lebih lanjutnya Kuota Internet Lokal hanya dapat digunakan pada daerah atau kota di mana kita mengaktifkannya. Tidak seperti Kuota Internet Utama atau Reguler yang berlaku secara nasional di seluruh Indonesia.

Selain Telkomsel, saya juga sempat menemukan bahwa ada juga provider internet lain yang punya kuota semacam ini, salah satu yang saya tahu adalah 3 (Tri) dalam paket Kuota Gaming bernama H3RO.

Bagaimana Menggunakannya?


Oleh karena itu, agar Kuota Internet Lokal bisa dimanfaatkan secara maksimal, belilah paket data internet pada area kamu akan menggunakan internet secara rutin atau paling sering. Misalnya, di rumah atau kantor.

Kalau saya sih karena di kantor sudah ada Wifi, maka mengaktifkan paket data internet yang menyediakan Kuota Internet Lokal ya di rumah. Supaya, kuotanya tetap bisa digunakan ketika sedang internetan dengan Hp di rumah.

Jadi, nanti jangan bingung kalau Kuota Internet Lokal tidak terpakai ketika internet-an dan hanya menyedot Kuota Utama. Kemungkinannya satu, kamu berada di luar jangkauan area Kuota Internet Lokal.

Ketika Kuota Utama habis dan hanya tersisa Kuota Internet Lokal, tetap saja, selama berada di luar jangkauan area, datanya tidak biasa digunakan.

Sebagai ilustrasinya, apabila kamu membeli paket kuota internet di Jakarta, maka Kuota Internet Lokal tidak bisa digunakan di Bogor, Bekasi, Tangerang, alih-alih Bali. Jadi, ya harus di Jakarta.

Kalau kamu internetan di luar zona Kuota Internet Lokal, maka kuota yang akan terpakai adalah Kuota Utama (kalau masih ada) atau otomatis potong dari pulsa seluler yang tersisa.

Cara Mengetahui Area Internet Lokal?


Untuk saat ini, setidaknya sampai artikel ini terbit, saya belum mengetahui cara pasti untuk membaca detail jangkauan area dari Kuota Internet Lokal.

Namun, yang saya ketahui sejauh ini adalah Kuota Internet Lokal berlaku dalam area kota atau kabupaten.

Nah, kalau kamu tidak mau direpotkan dengan Kuota Internet Lokal yang ternyata harga berlangganannya lebih murah, disarankan untuk beli paket internet yang isinya Kuota Utama semua walaupun harganya tentu lebih mahal. Tapi, lebih fleksibel. Tapi, mahal. Tapi, fleksibel, haha.

Jangan protes! Ada harga, ada rupa.

Kalau tidak mau kena harga paket internet yang mahal dari Telkomsel, solusinya ya gunakan provider lainnya.

Menurut saya, paket internet Telkomsel sih memang mahal. Saya pribadi menggunakan kartu Telkomsel untuk teleponan ke sesama pengguna dan untuk beli kuota data internet internasional kalau ke luar negeri.

Oh, untuk internet rumah, saya menggunakan modem Orbit 2 dari Telkomsel. Kalau mau tanya-tanya, silakan tulis saja di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Ketahui Sebelum Beli, Kenalan dengan Kuota Internet Lokal Telkomsel"

Berlangganan via Email