Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850

microsoft wireless mobile mouse 1850

Mouse wireless paling murah dan terbaik di harga 100 ribuan.

Penggunaan peripheral wireless atau nirkabel alias tanpa kabel pada perangkat komputer, PC Desktop maupun laptop, sudah semakin marak. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, penggunaan perangkat wireless nyatanya mampu memberikan kesan yang lebih bebas kepada pengguna.

Perangkat wireless yang banyak digunakan oleh pengguna dalam aktivitasnya menggunakan komputer antara lain, mouse, keyboard dan headset. Teknologi nirkabel yang digunakan pun beragam, mulai dari Bluetooth hingga melalui media transceiver atau dongle khusus.

Nah, bagi saya, perangkat wireless yang paling diprioritaskan adalah mouse karena device ini yang paling mobile atau banyak digerakkan. Jadi, dengan teknologi tanpa kabel, maka pergerakannya tentu akan jadi lebih fleksibel dibandingkan dengan mouse yang menggunakan kabel.

Ada banyak banget merek wireless mouse yang beredar di pasaran, mulai dari yang terjangkau sampai mahal. Fitur yang menyertainya pun beragam, mulai dari tombol macro, pengaturan sensitivitas, lampu RGB dan lainnya.

desain tampak atas
Desain Simetris

Wireless Mouse Paling Terjangkau


Dari sekian banyak produk wireless mouse di pasaran Indonesia, yang menurut saya paling murah, terjangkau, dan awet adalah Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850.

Saya juga menggunakan wireless mouse Microsoft lainnya, yaitu Bluetooth Mobile Mouse 3600, tapi yang ini harganya tidak murah.

Jadi, pada 8 Juni 2020, saya membeli mouse optik wireless dari Microsoft ini di Tokopedia seharga Rp125.000 (belum termasuk ongkos kirim). Padahal, MSRP atau harga resminya adalah 14.95 USD atau sekitar Rp211.000.

Saya memutuskan untuk beli karena pengalaman dengan 3600 dan setelah baca spesifikasinya yang mirip, tetapi ada perbedaan mendasar pada cara pairing atau menyambungkan ke perangkat serta kualitas material yang digunakan.

Desainnya sangat sederhana, mungil dan simetris. Jadi, mouse ini bisa digunakan dengan nyaman oleh pengguna tangan kanan maupun kiri (kidal). Tinggal ubah fungsi klik kiri dan kanannya pada pengaturan mouse di PC atau laptop.

Cara Penggunaan dan Pairing


Untuk mengoperasikan Wireless Mobile Mouse 1850 ini, caranya sangat mudah, nggak ribet. Cukup colokkan transceiver ke slot USB pada PC atau laptop, kemudian nyalakan mouse dengan cara geser switch yang terdapat di bagian alasnya, dan mouse kecil ini sudah langsung dapat digunakan.

pairing
Tinggal Colok, Langsung Pakai

Saya sendiri lebih sering menggunakan mouse ini di laptop. Jarak operasinya juga terbilang jauh banget, lebih kurang 3 meter antara mouse dan laptop, tapi masih bisa berfungsi dengan lancar tanpa patah-patah.

Bagi saya yang kadang menggunakan TV di rumah sebagai ekstensi monitor untuk laptop, sinyal mouse bisa stabil dalam jarak 3 meteran sih sangat membantu.

Kelebihan


Kelebihan lainnya, Wireless Mobile Mouse 1850 dapat digunakan pada perangkat smartphone atau Hp juga, lho. Namun, harus menggunakan kabel OTG (On-the-Go) sebagai perantaranya. Cara menggunakannya, colokkan kabel USB OTG ke smartphone, lalu pasang transceiver disana, nyalakan mouse, dan langsung bisa dipakai.

Kelebihan yang membuat saya yakin untuk beli adalah teknologi yang membuat mouse optik ini bisa tetap beroperasi dengan baik pada alas yang transparan atau memantulkan cahaya, seperti meja kaca, lantai atau sejenisnya.

Dengan teknologi keren semapam itu, maka pengguna tidak perlu mousepad atau alas khusus untuk bisa menggunakan mouse ini dengan baik.

Asal tahu saja, biasanya, mouse optik tidak bisa bekerja dengan baik pada alas kaca, transparan atau yang memantulkan cahaya. Bahkan, pada mouse optik yang harganya jutaan, kekurangan semacam ini masih bisa ditemukan.

Mouse berukuran kecil atau mice yang menggunakan 1 baterai AA sebagai sumber dayanya ini terdiri dari beberapa pilihan warna, yaitu Black, Wool Blue, Light Orchid, Flame Red, Cyan Blue, dan Magenta. Untuk produk yang saya review ini, warnanya adalah Black atau hitam.

pemakaian

Tombol yang tersedia pada Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850 ini, yaitu klik kiri, klik kanan serta tombol roda (Scrolling Wheel). Tidak seperti tombo roda di Mouse 3600 yang bisa digunakan untuk fungsi geser kanan dan kiri, roda di Mouse 1850 ini hanya untuk scroll atas dan bawah saja, serta buka link ke tab baru di internet browser.

Setelah lebih kurang lima bulan penggunaan, saya merasa sangat puas dengan performa yang diberikan oleh mouse ini. Apalagi dengan konsumsi dayanya yang sangat irit, jadi tidak perlu sering-sering ganti baterai.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, Microsoft mengklaim bahwa mouse ini bisa digunakan hingga 6 bulan dalam sekali penggunaan baterai. Namun, menurut saya sih tergantung tingkat penggunaan dari masing-masing orang dan jenis baterainya.

Kekurangan


Terlepas dari segala kelebihannya, kekurangannya tentu saja ada. Namun, kekurangan yang saya temukan ini mungkin bersifat personal, karena mungkin bagi sebagian orang tidak menjadi masalah.

Material plastik yang digunakan untuk membangun body-nya yang terasa ringkih. Ya jelaslah, mouse harga 100 ribuan memang materialnya kebanyakan seperti itu.

Satu lagi, sempat meninggalkan transceiver-nya ini di kantor dan, saya tidak bisa menggunakan mouse ini sama sekali ketika berada di rumah. Jadi, kita harus memastikan untuk selalu membawa transceiver bersama dengan mouse ini.

Agar tidak tertinggal, Microsoft juga sudah menyediakan tempat khusus untuk menyimpan transceiver, yaitu di dalam tempat baterai, tepatnya di samping baterai. Disana, ada slot khusus untuk penyimpanan transceiver.

transceiver
Penyimpanan Transceiver

alas mouse microsoft 1850
Alas Tertutup

Hanya saja, kekurangan yang ada itu tidak menjadi masalah besar kalau melihat harga yang ditawarkan. Sebuah wireless mouse harga 100 ribuan sih jarang banget, dan Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850 ini adalah yang terbaik di pasaran, menurut saya.

Kesimpulan


Secara keseluruhan, Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850 menawarkan performa dasar yang sangat dibutuhkan untuk sebuah mouse. Disamping hal mendasar itu, ada beberapa fitur yang membuat mouse ringkas yang mudah dibawa kemana-mana ini jadi sangat spesial.

Apabila hanya punya budget 100 ribuan tapi ingin memiliki mouse tanpa kabel terbaik, kamu wajib mempertimbangkan buatan Microsoft yang memiliki klaim garansi hingga 3 tahun setelah transaksi pembeliannya ini.

Posting Komentar untuk "Review Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850"

Berlangganan via Email