Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Smart TV Bisa Pakai Antena Biasa?

smart tv samsung

Tren TV zaman sekarang ini sudah semakin banyak ke smart TV atau Android TV. Dan, sebagian masyarakat juga sudah mulai beralih dari TV biasa ke Smart TV karena memiliki berbagai program dan aplikasi yang menduung hiburan mereka.

Kemudian, banyak netizen yang ingin mencoba beralih dari TV biasa ke Smart TV bertanya, khususnya pembaca yang datang ke website ini, mengenai penggunaan antena biasa di Smart TV ata Android TV.

Sebelum lanjut, untuk ngingatkan kembali, saya akan mulai dari membahas tentang persamaan serta perbedaan Smart TV dan Android TV terlebih dahulu.

Persamaan Smart TV dan Android TV


Sebenarnya, Android TV sama saja dengan Smart TV. Bahkan, menurut saya, Andoid TV itu adalah bagian dari Smart TV.

Namun, tidak semua Smart TV itu Android TV, karena Android disini adalah sistem operasi yang digunakan oleh pabrik untuk menjalankan program di Smart TV. Soalnya ada juga Smart TV yang tidak menggunakan Android, misalnya Linux.

Singkatnya, Smart TV itu adalah wujud barangnya, sedangkan Android itu programnya. Sehingga, Smart TV yang menggunakan sistem operasi Android itu dikatakan sebagai Android TV.

Secara singkatnya seperti itu. Sampai disini, saya kita kamu sudah mengerti ya!

Tetapi, kalau belum mengerti juga, silakan tuliskan di kolom komentar tentang bagian yang belum dimengerti.

Perbedaan Smart TV dan Android TV


Nah, sekarang masuk ke perbedaannya. Secara umum sih, berdasarkan penjelasan di atas, nampakya tidak ada yang berbeda antara Smart TV dan Android TV.

Hanya saja, jika mengamati lebih lanjut, ada berbedaan mendasar antara kedua jenis TV tersebut. Tetapi, tidak terlalu banyak menurut saya.

Yang paling terasa adalah aplikasi atau program yang ada di Smart TV biasanya sudah disediakan oleh pabrik. Sedangkan, di Android TV, pengguna masih bisa mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan melalui Google Play Store.

Okey, cukup membahasan tentang persamaan dan perbandingan antara Smart TV dan Android TV. Sekarang kita masuk ke pembahasan utama mengenai penggunaan antena biasa di Smart TV.

Apakah Smart TV Bisa Pakai Antena Biasa?


Jawabannya adalah bisa.

Hampir semua Smart TV yang saya temui sejauh ini masih dibekali dengan slot untuk antena TV biasa atau konvensional.

Namun, panel layar Smart TV yang high-definition atau HD itu, rasanya sayang banget kalau disandingkan dengan kualitas tayangan dari antena biasa.

Agar maksimal nonton di Smart TV, disarankan untuk menggunakan minimal antena TV digital atau kalau memiliki budget lebih banyak, sebaiknya langganan TV kabel atau layanan Video on Demand (VoD).

3 komentar untuk "Apakah Smart TV Bisa Pakai Antena Biasa?"

  1. Kalo android tv gak pake wifi/paket data masih bisa digunakan sperti tv biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya? Mungkin cukup pilih source / input nya

      Hapus
  2. WHERE YOU SCAMMED OF YOUR COINS? CONTACT MORRIS GRAY FOR HELP!!!

    I invested a total of$95,000.00USD worth of Bitcoin with an online company who does trading and was guaranteed a payout of 25% a week. They ended up shutting down their company website but their website was still running. So I could still see my dashboard at that time and instead of paying weekly they ended up compounding my money. It ended up compounding to$179, 000USD so I requested for a withdrawal which was declined before they shutdown their website, I complained to my colleague at work who directed me about this recovery expert, Mr. Morris Gray, that helped him, I contacted him immediately, what surprised me most, was that I recovered my money that same week. You can contact him on his email at { MorrisGray830 at Gmail Dot com } and he will assist you on the steps to recover your invested funds.
    Just trying to help those who where scammed just the way I was too......

    BalasHapus