Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nyaris Ketipu Promo yang Ngaku dari Xiaomi Indonesia

redmi 9t

Saya nyaris tertipu promo diskon yang mengatas namakan Xiaomi Indonesia.

Jadi, modusnya itu melalui iklan di Facebook menggunakan fanpage palsu bernama "Xiaomi Indonesia" yang mengarahkan ke website penipuannya.

promo penipuan mengatas namakan xiaomi indonesia

Kalau di kasus saya ini, domain atau URL websitenya adalah https://xiaomi.discount/2021/id/payday.html yang terlihat sangat meyakinkan. Disana juga ada hitungan mundur yang membuat pengunjung yang percaya untuk segera melakukan transaksi.

Nah, dari URL tersebutlah yang membuat saya curiga. Soalnya, website resmi Xiaomi Indonesia hanyalah mi.co.id dimana berbagai promo hingga flash sale dilakukan.

Sebelum menyadari, saya hampir saya melakukan checkout pembelian Mi TV 4 43 Inci yang dibandrol seharga Rp2.299.000 yang mana harga aslinya Rp4.099.000.

mi tv 4 43 inci

Selain Mi TV, ada berbagai macam produk Xiaomi lainnya yang mendapat diskon di website itu, antara lain Redmi Note 9 hanya Rp1.099.000 hingga flash sale Redmi 9T dan POCO X3 NFC yang sangat dinantikan seharga Rp2.299.000.

Siapa yang tidak tergiut dengan potongan harga yang nyaris 50 persen?

Namun, ketika mau checkout, akhirnya saya terfikir untuk menanyakan promo tersebut ke pihak humas Xiaomo Indonesia. Dan, secara mengejutkan, bagian humas mengungkap bahwa modus penipuan tersebut banyak diadukan oleh Mi Fans.

Pada tanggal 18 Januari 2021, akun Twitter @XiaomiIndonesia juga pernah menerbitkan informasi mengenai modus penipuan yang mengatasnamakan Xiaomi Indonesia. Jadi, jangan percaya terhadap iming-iming promo diskon selain dari website atau media sosial resmi.


Well, dari pengalaman ini, saran saya adalah jangan terlalu hype ketika menemukan promo diskon di media sosial. Cek kebenarannya terlebih dahulu melalui website dan media sosial resmi Xiaomi Indonesia, termasuk juga dari brand lainnya.

Dan perlu diketahui, di masa yang akan datang, modus penipuan mengatas namakan XIaomi Indonesia ini mungkin akan hadir dengan URL website yang berbeda. Kamu harus terus berhati-hari dan ingat untuk lakukan pengecekan fakta terlebih dahulu ke website dan media sosial resmi seperti Twitter, Facebook, Instagram hingga TikTok.

Posting Komentar untuk "Nyaris Ketipu Promo yang Ngaku dari Xiaomi Indonesia"