Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Asik Tanpa Iklan, Pengalaman Langganan YouTube Premium

youtube premium

Akhirnya, saya putuskan untuk berlangganan YouTube Premium. Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan iklan di YouTube, namun belakangan, penggunaan YouTube ini akan semakin sering atau intens (karena baru beli Android TV) sehingga ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk berlangganan YouTube Premium.

Selain tidak adanya iklan, YouTube Premium juga memiliki keunggulan yang lain, khususnya untuk aplikasi mobile di smartphone. Bagi penggemar musik, langganan YouTube Premium memungkinkan mereka untuk mendownload video klip yang ada di YouTube sehingga mereka bisa nonton video lagu tersebut tanpa memerlukan internet.

Kalau tidak langganan YouTube Premium, kita hanya bisa mendownload video biasa yang bukan lagu atau video klip musik. Selain itu, apabila kita mematikan layar smartphone maka lagu atau video akan tetap diputar. Ini adalah layanan yang hanya ada apabila kita berlangganan YouTube Premium.

Kesan saya setelah sehari berlangganan YouTube Premium, rasanya tuh nyaman banget. Padahal, cuma nggak ada iklan doang gitu. Dulu juga YouTube tidak ada iklan dan rasanya biasa saja, tetapi dengan semakin banyaknya gangguan dari iklan saat nonton YouTube maka tidak adanya iklan jadi terasa sangat menenangkan.

Hanya saja, sekali lagi, saya tidak ada masalah untuk klik skip ketika iklan muncul. Tentu, gratisan harus menerima konsekuensi diganggu iklan saat seru-serunya nonton. Sebab, itulah yang diterapkan sejak dulu oleh perusahaan televisi komersial.

Selain keunggulan atau beragam kelebihan yang dihadirkan oleh YouTube Premium, kenyamanan keluarga adalah yang utama. Apalagi kalau punya anak kecil, kadang iklan yang muncul di YouTube itu ratingnya tidak cocok untuk mereka sehingga saya berpikir "Ya sudahlah, hilangkan saja iklan di YouTube ini dengan langganan YouTube Premium".

Saya pribadi membeli YouTube Premium melalui Tokopedia, jadi tanpa kartu kredit. Setelah melakukan pembelian, saya diberikan kode redeem yang nantinya diklaim melalui Google Play Store, kemudian kode itu akan berubah menjadi kredit yang digunakan untuk berlangganan.

Setelah memiliki kredit Google, pembayaran dilakukan melalui aplikasi YouTube di smartphone. Caranya, klik foto profil ada di pojok kanan atas aplikasi, kemudian pilih menu Purchases and Memberships, nah disitulah saya melakukan pembayaran, dan saat check out memilih pembayaran via kredit Google.

Setelah melakukan pembayaran, aplikasi YouTube saya di Hp atau smartphone langsung berubah menjadi mode YouTube Premium.

Yang paling mencolok adalah munculnya logo Premium di pojok kiri atas antarmuka aplikasi, kemudian munculnya pilihan YouTube Original dan Music App.

Saya juga langsung ngecek login YouTube di Android TV di rumah dan ternyata langsung berubah juga jadi YouTube Premium, tidak perlu diutak-atik lagi karena sudah deteksi secara otomatis. Dengan catatan, email yang digunakan masih sama.

Oh iya, keanggotaan YouTube Premium yang saya beli adalah yang Individual Membership seharga Rp59.000 yang hanya bisa digunakan oleh akun saya pribadi. Namun, ada juga pilihan layanan keanggotaan lainnya untuk keluarga, namanya adalah Family Plan seharga Rp89.000, yang bisa didaftarkan hingga 5 email berbeda. Harga tersebut adalah biaya yang harus dibayarkan setiap bulan dan belum termasuk tambahan pajak sekitar 10 persen.

Mungkin, bagi yang sering menggunakan aplikasi YouTube, nonton di laptop, PC, smart TV atau Android TV seperti saya, disarankan banget sih untuk langganan YouTube Premium. Namun, jika kamu adalah tipe orang yang tidak masalah tontonannya diganggu dengan iklan maka tidak perlu langganan.

Satu lagi, kalau baru pertama kali berlangganan YouTube Premium, tapi sebelumnya belum sempat mengambil trial atau coba 30 hari maka setelah langganan, kita akan tetap mendapat keuntungan itu. Dan, pembayaran yang dilakukan akan dialokasikan ke bulan selanjutnya.

Demikianlah pengalaman saya dalam menggunakan layanan YouTube Premium. Jika ingin bertanya lebih lanjut tentang pengalaman saya dengan layanan ini atau sekadar berdiskusi maka tuliskan saja pada kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Asik Tanpa Iklan, Pengalaman Langganan YouTube Premium"