Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review SAMUDRA, Game Petualangan Bertema Kesadaran Lingkungan

samudra game

Sebuah game karya developer indie Indonesia, Khayalan Arts, yang bertajuk SAMUDRA telah rilis di Steam pada 21 September 2021.

Pada game bergenre petualangan yang memiliki elemen puzzle yang kental ini, pemain akan bermain sebagai seorang pemuda yang menyelidiki apa yang terjadi di dasar laut.

Saya sendiri telah memainkan game PC ini lebih kurang 2,5 jam dan ketika review ini diterbitkan sudah sampai pada chapter 2. Belum tamat sih, namun saya mendapatkan kesan positif serta tantangan selama memainkan game ini. Khususnya dari sisi artwork-nya yang indah banget.

Sebelu membaca lebih lanjut, yuk nonton trailer-nya dulu!


Dalam petualangannya, karakter utama Samudra mengenakan helm pernapasan bawah laut. Karakter juga akan dibekali lentera yang didapatkannya dari Angler Fish raksasa pada awal permainan. Selain sebagai penerangan, lentera juga berfungsi untuk membakar rintangan yang akan dihadapi.

lentera anngler fish

Di game ini, tidak ada teks dialog yang ditampilkan, semua bentuk komunikasi dan teka teki diberikan melalui simbol-simbol. Menurut saya, ini adalah konsep yang sangat menarik yang membuat unsur teka-teki menjadi lebih kental.

Kontrol terasa sangat sederhana. Mulai dari awal bermain hingga chapter 2 pun hanya tombol arah untuk menggerakkan karakter dan sebuah action button untuk segalanya, mulai dari memanjat, bersembunyi, membakar, lompat, hingga menghindar. Walaupun demikian, pemain harus menekan action button pada waktu yang tepat untuk melewati semua halangan.

teka teki puzzle
Puzzle

Yang lebih menarik lagi, Samudra menyajikan beragam kejutan yang membuat saya, mungkin kalian juga, menjadi lebih tertantang dalam mengeksplorasi dunia dalam game ini lebih jauh lagi. Jadi penasaran, kira-kira di mana lagi kejutannya akan muncul. Seru!

Untuk urusan grafis, saya cukup menyukai artwork dari game ini. Seperti yang sempat disinggung di awal artikel. Samudra telah membawa saya masuk ke dalam dunia imajinatif yang sangat unik. Membangkitkan imajinasi masa kecil tentang dalamnya Samudra serta entitas yang mungkin ada di dalamnya.

monster laut samudra

Sebagai penutup, isu lingkungan yang diangkat pada game ini juga perlu menjadi perhatian untuk siapapun yang memainkan Samudra. Sampah yang berseliweran di sepanjang permainan seharusnya membuat kita sadar mengenai daruratnya pencemaran lingkungan, dalam kasus ini adalah lautan.

Posting Komentar untuk "Review SAMUDRA, Game Petualangan Bertema Kesadaran Lingkungan"