Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Versi Sistem Operasi Android! Masih 32-bit atau Sudah 64-bit?

cara mengetahui versi android 32-bit atau 64-bit

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak pengembang aplikasi yang melakukan update requirement aplikasi mereka dari yang awalnya berjalan pada sistem operasi Android 32-bit menjadi harus wajib kudu musti menggunakan versi 64-bit.

Apabila tidak dituruti, maka aplikasi yang mungkin biasa digunakan, tidak lagi bisa dijalankan pada perangkat smartphone yang dipakai saat ini.

Nah, bagaimana caranya mengetahui versi sistem operasi dari smartphone atau ponsel Android yang kita gunakan dan apakah bisa mengubah sistem operasi 32-bit ke 64-bit?

Yuk kita bahas satu per satu, ya!

Cara mengetahui Android yang dipakai 32-bit atau 64-bit


Saya ambil kasus pada tahun 2020 silam, ketika Niantic Lab mengumumkan bahwa game Pokemon GO tidak lagi mendukung smartphone Android 32-bit.

Tujuan dari perubahan tersebut adalah supaya pengembangan Pokemon GO bisa terus dilanjutkan untuk sistem operasi dan teknologi terbaru.

Sehingga, untuk pengguna yang ingin tetap memainkan Pokemon GO di ponselnya, disarankan untuk mengganti ponsel pintarnya ke gadget dengan sistem operasi Android 64-bit atau beralih ke iOS (iPhone).

Jika  ingin mengetahui sistem operasi Android yang digunakan 32-bit atau 64-bit, kita bisa menggunakan aplikasi bernama AIDA64 di Google Play.

Cara menggunakan AIDA64 untuk melihat versi Android

Langkah pertama, buka aplikasi AIDA64 yang sudah terpasang di smartphone-mu!

Kemudian, pilih menu CPU.

AIDA64 cpu

Di menu CPU, lihat pada bagian Instruction Set. Di sana akan diperlihatkan keterangan mengenai versi Android yang kita gunbakan, apakah 32-bit atau 64-bit.

AIDA64 sistem operasi 32-bit atau 64-bit

Keterangan dari smartphone yang saya gunakan saat ini, ASUS ZenFone 9, keterangannya adalah 64-bit ARMv9-A.

Apakan Android saya bisa ganti dari 32-bit ke 64-bit?


Jika ternyata ponsel atau hape yang Anda gunakan masih 32-bit, mungkin muncul keinginan untuk melakukan upgrade atau ganti sistem operasi untuk menjadikannya 64-bit.

Sayangnya, jawabannya adalah versi Android tidak bisa upgrade dari 32-bit ke 64-bit.

Fungsinya mengetahui sistem operasi berjalan pada versi 32-bit dan 64-bit adalah supaya kita dapat mengetahui apakah smartphone yang digunakan bisa mendukung aplikasi yang ingin dipasang atau tidak.

Kalau ponsel yang diluncurkan pada tahun 2023 ke atas sih, harusnya sudah berjalan di 64-bit semua. Untuk memastikan, tanya dulu ke counter penjualan dari smartphone yang ingin Anda beli ya!

***

Demikian cara untuk mengetahui perangkat Android yang kita gunakan menggunakan sistem operasi Android versi 32-bit atau 64-bit.

Apabila masih bingung dan kamu punya ada pertanyaan tentang tata cara yang saya buat ini, tulis saja di kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Cara Cek Versi Sistem Operasi Android! Masih 32-bit atau Sudah 64-bit?"