Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Marketing di Instagram, Tutorial Lengkap Mengubah Akun Biasa Menjadi Bisnis


Tutorial Instagram mengubah akun biasa menjadi professional business creator

Cara membuat Instagram bisnis untuk beriklan.


Pada tutorial ini, saya akan mengajarkan kamu cara untuk mengubah akun Instagram biasa menjadi bisnis agar bisa menjalankan iklan di sana.

Sebelum masuk ke pembahasan, ketahui dulu apa itu Instagram bisnis. Ada dua tipe akun Instagram, yaitu personal dan profesional. Nah, Instagram bisnis adalah salah satu pilihan dari Instagram profesional yang mana opsi yang satu lagi adalah kreator.

Jadi, akun Instagram profesional terdiri dari pilihan bisnis (Business) dan kreator (Creator). Bedanya, ada di pilihan kategori dan kelengkapan informasinya saja. Kalau akun kreator lebih ke karir perorangan sedangkan bisnis ke level perusahaan atau brand besar.

Manfaat Akun Instagram Profesional


Berbeda dari akun personal yang hanya mengandalkan konten untuk mempromosikan diri, di Instagram profesional, kamu bisa menjalankan iklan berbayar untuk menjangkau lebih banyak penggemar.

Selain itu, kamu bisa melihat Insight dari setiap post. Apabila di akun personal hanya bisa melihat jumlah like dan komentar di setiap post, pada Instagram profesional bisa melihat jumlah yang melihat post, detail kunjungan, post mana yang paling banyak mendatangkan follower, like hingga terbanyak dilihat dalam periode waktu yang ditentukan.

Jadi, dengan Instagram profesional, kamu bisa lebih mudah dalam membuat perencanaan yang lebih matang dan tepat untuk mengembangkan bisnis atau karir berdasarkan data-data yang diberikan.

Cara membuat Instagram Bisnis


Dulu, syarat mengubah akun personal menjadi profesional adalah kamu harus punya Facebook page atau fanpage. Tapi, sekarang sudah tidak perlu. Jika ingin buat Facebook page, saya sudah buat tutorialnya, kamu bisa baca disini.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat Instagram profesional.

  • Buka akun Instagram di Hp Android kamu
  • Tekan tiga strip yang berada di kanan atas layar, kemudian pilih Settings, dan pilih Account
  • Pada bagian bawah, pilih Switch to Professional Account
  • Pilih Creator (untuk kreator konten, public figure, artis, dan influencer) atau Business (untuk bisnis lokal, retailer, brand, organisasi, dan penyedia layanan), jika sudah, pilih Next

Jika pilih Creator


  • Di laman berikutnya, kamu akan diperlihatkan keuntungan dari akun Instagram kreator, kemudian pilih Next
  • Pilih kategori, lalu tentukan apakah kategori itu mau diperlihatkan di profil atau tidak, kemudian tekan tombol Done, lalu proses perubahan akun akan dilakukan
  • Setelah prosesnya selesai, akun Instagram kreator kamu siap untuk digunakan

Apabila memilih Business


  • Pada laman selanjutnya, kamu bakal diperlihatkan keuntungan dari akun bisnis, khususnya hadirnya tampilan kontak, nomor telepon dan alamat, lalu pilih Continue
  • Berikutnya pilih kategori bisnis kamu, kemudian Next
  • Laman selanjutnya adalah isi kontak (email, nomor telepon dan alamat), lalu pilih Next atau Don't use my contact info jika ingin melewatkan saja
  • Tahap berikutnya, akan muncul rekomendasi akun Instagram dengan kategori yang sama dengan kamu, silakan follow atau lewatkan juga boleh, lalu Next
  • Selanjutnya, hubungkan akun Instagram ke Facebook page yang dimiliki atau Don't Connect to Facebook Now kalau belum punya atau ingin melewatkan
  • Tunggu proses pengalihan beberapa detik, dan akun Instagram bisnis kamu siap untuk digunakan

Cara Kembali ke Akun Personal


Jika kamu ingin kembali ke akun personal, silakan ke Settings, lalu Account, pilih Switch to Personal Account, dan tekan Switch back. Maka, akun akan kembali seperti semula. Namun, kamu akan kehilangan semua fitur akun profesionalnya.

Jika belum menghubungkan akun Instagram profesional (kreator atau bisnis) dengan Facebook page maka kamu tidak bisa menggunakan fitur Also post to Facebook ketika mengirim foto ke Instagram.

Alasannya, akun profesional hanya bisa melakukan Also post to ke fanpage. Jika mau share ke akun Facebook pribadi maka kamu harus kembali ke Instagram personal.

***

Well, itulah tutorial mengubah akun Instagram biasa menjadi bisnis agar bisa menggunakan Instagram Ads atau beriklan di Instagram. Berikan tanggapan kamu tentang pembahasan ini, dan apabila kamu punya pengalaman beriklan di Instagram juga boleh berbagi melalui kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Cara Marketing di Instagram, Tutorial Lengkap Mengubah Akun Biasa Menjadi Bisnis"

Berlangganan via Email