Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Hitung kWh dan Tarif Listrik PLN per Bulan

Cara hitung tarif listrik per bulan

Watt (W) = Volt (V) x Ampere (A)


Mungkin kamu tidak pernah berfikir atau ingin mengetahui cara untuk menghitung Watt (W) atau daya listrik. Namun, dengan mengetahuinya, kamu bisa memperkirakan biaya per bulan untuk listrik di rumah, kost, kontrakan atau kantor.

Kok bisa? Ya, bisa. Karena Watt adalah salah satu data yang dibutuhkan untuk perhitungan tarif atau biaya listrik yang kamu pakai setiap bulan. Jadi, setelah mengetahui Watt-nya, kamu bisa mengkonversinya menjadi kilowatt hour (kWh) yang kemudian dikalikan biaya per kWh dan jumlah hari dalam sebulan.

Bingung? Saya akan jelaskab sedikit demi sedikit. Dan, semoga penjelasan dari saya ini bisa dimengerti, ya.    

Perlu diketahui, perhitungan ini merupakan teori untuk perkiraan saja. Tulisan W, V atau A yang ada di perangkat listrik adalah perkiraan energi maksimal yang dapat dicapai karena biasanya di bawah dari yang tertulis atau sedikit lebih tinggi.

Makanya, ada istilah "listrik tidak stabil" itu karena dayanya dapat naik turun. Oleh karena itu, sebaiknya perangkat elektronik, khususnya PC, gunakanlah stabilizer untuk menjaga agar tetap awet.

Mengetahui fakta tersebut maka biaya yang ditemukan melalui perhitungan semacam ini adalah perkiraan kasar yang mengacu kepada kemungkinan penggunaan daya tertingginya.

Cara Hitung Watt


Untuk menemukan Watt, kamu bisa melihat pada sticker spesifikasi di perangkat elektronik. Atau, jika tidak ada, maka kamu bisa menemukan Watt dengan cara mengalikan Volt (V) dengan Ampere (A) pada perangkat elektronik.

Ambil contoh di adapter atau charger HP, deh. Charger standar biasanya memiliki output sebesar 5V dengan 2A. Dengan data tersebut, kamu bisa menghitung Watt yang dihasilkan.

W = V x A
W = 5 x 2
W = 10

Ubah Watt Jadi kWh


1W sama dengan 0,001kW. Jadi, charger yang memiliki output 5V 2A memiliki keluaran sebesar 10W. Jika dijadikan kW, maka tinggal bagi 1000 saja nilai Watt yang ada.

10W = 0,01kW

kWh adalah satuan untuk kilowatt hour atau kW per jam.

Temukan Biaya Listrik per Hari


Jika kamu ngecas baterai HP dengan charger tesebut total dalam sehari adalah 2 jam (ngecas dua kali dalam sehari, masing-masing 1 jam).

Katakanlah tarif dasar listrik Rp1500 per kWh, dengan harga tersebut, ayo hitung biayanya.

Biaya Harian = kWh x Waktu dalam Jam x Tarif
Biaya Harian = 0,01 x 2 x 1500 
Biaya Harian = 300

Sudah dapat nih perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk ngecas baterai per hari adalah Rp300.

Hitung Biaya per Bulan


Bagi pelanggan PLN pascabayar, pengetahuan ini digunakan untuk mengetahui perkiraan biaya listrik bulanan. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, bisa membuat perencanaan untuk beli token.

Nah, sekarang saatnya untuk membuat perkiraan perhitungan untuk penggunaan masing-masing peralatan listrik yang digunakan.

Caranya juga mudah. Masih mengambil contoh charger smartphone, cukup kalikan biaya listrik per hari dengan jumlah hari dalam sebulan. Katakanlah di bulan Juni ada 30 hari.

Biaya Bulanan = Biaya Harian x Jumlah Hari
Biaya Bulanan = 300 x 30
Biaya Bulanan = 9.000

Jadi, perkiraan biaya yang harus dibayar untuk charger HP selama sebulan adalah Rp9.000.

Tarif Listrik per Tahun


Untuk perhitungan listrik per tahun, tinggal kalikan saja biaya bulanannya dengan jumlah bulan dalam setahun, ya sudah pasti 12 sih.

Biaya Setahun = Biaya Bulanan x 12
Biaya Setahun = 9.000 x 12
Biaya Setahun = 108.000

Nah, ketemu. Jadi, biaya listrik tahunannya adalah Rp108.000 untuk ngecas HP dengan charger 5V 2A selama 2 jam setiap hari.

Kembali saya ingatkan bahwa perhitungan ini hanya perkiraan, faktanya bisa lebih murah atau kemungkinan kecil lebih mahal.

Cahaya lampu kota di malam hari

Sampai disini, semoga pembelajaran yang saya paparkan ini dapat dimengerti, pahami dan bermanfaat. Sehingga, bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kasus perangkat listrik lain, seperti kulkas, TV, PC, pendingin udara, kipas angin, mesin cuci, jet pump hingga lampu, silakan hitung sendiri berdasarkan paparan yang sudah saya tulis serta spesifikasi yang ada pada masing-masing perangkat elektronik tersebut.

Lebih kurang mohon maaf, jika ditemukan kesalahan dalam pemaparan langkah-langkah, saya harap pembaca yang mengerti dapat memberikan koreksi melalui kolom komentar!

Posting Komentar untuk "Cara Hitung kWh dan Tarif Listrik PLN per Bulan"

Berlangganan via Email