Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review ASUS ExpertBook B9400CE Indonesia

Laptop bisnis untuk profesional dan  businessman, powerful, ringkas, dan super duper ringan.

Ngerjain proyek dari perusahaan luar negeri, pastinya saya harus menyesuaikan dengan jam kerja mereka. Sehingga, sering kali ketika proyek sedang berjalan, saya harus membawa laptop kerja ke rumah. Sebagai persiapan kalau ada revisi mendadak.

Namun, kalau laptop yang dibawa-bawa itu punya dimensi yang terlalu besar dan bobot yang berat maka proses membawanya akan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan bahkan melelahkan sehingga pikiran serta ide jadi kurang produktif. Maka dari itu, untuk profesional dengan mobilitas tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan perangkat yang ringan dan ringkas.

Selain itu, data klien dan perusahaan juga merupakan aset berharga yang kerahasiaannya harus terjaga. Jangan sampai bocor dan merugikan pihak tertentu. Jujur saja, sebagai penulis yang sering mengerjakan proyek siaran pers dari perusahaan game luar negeri, saya harus menjaga kerahasiaan materi yang diberikan hingga informasi itu resmi disebarkan kepada media massa dan publik.

Oleh karena itu, saya juga perlu memastikan agar data yang disimpan di perangkat kerja, dalam hal ini laptop, tidak bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Atau, kalaupun takdir berkata lain, misalnya laptopnya dicuri maka data yang ada didalamnya tidak bisa dibuka sehingga kerahasiaan informasi dari klien akan tetap aman.

Nah, sebagai solusinya. Ada laptop 14 inci dari ASUS yang cocok banget untuk profesional dengan mobilitas tinggi seperti saya, yaitu ASUS ExpertBook B9400CE.

asus expertbook b9400ce

Dalam membuat review laptop ini, saya mendapat kesempatan dari ASUS Indonesia untuk menjajalnya secara langsung sebagai daily-driver alias laptop kerja sehari-hari selama beberapa pekan. Jadi, status laptop ini ketika saya review adalah dipinjamkan, jadi bukan milik pribadi atau membeli, ya.

Selama menggunakannya lebih kurang dua pekan, ada beragam kesan yang telah saya rasakan, mulai dari kelebihan hingga kekurangan. Mungkin sharing saya ini bisa dijadikan pertimbangan apabila kamu sedang butuh untuk membeli laptop kerja demi menunjang aktivitas profesional.

Apa keunggulan dari ASUS ExpertBook B9400CE?


Dibekali spesifikasi tinggi yang sangat cukup untuk mendukung aktivitas bisnis, khususnya prosesor Intel Core i7-1165G7 (generasi ke-11) yang powerful dan RAM 16GB LDDR3 2133MHz.

dxdiag expertbook b9400ce

Telah dilengkapi dengan unit pengolah grafis Intel Iris Xe.

intel irish xe expertbook b9400ce

Menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 10 Pro 64-bit.

Storage yang sangat besar dan cepat, 1TB, dan sudah dipartisi menjadi 2, yaitu 380GB untuk sistem dan 572GB untuk penyimpanan umum.

storage

Punya dimensi yang sangat ringkas, dengan bobot super ringan. Bezel yang sangat tipis serta desain Ergo Lift Hinge yang dapat mengangkat bagian bawah laptop ketika cover dibuka, yang menciptakan sudut pengetikan yang lebih nyaman sekaligus menghadirkan sirkulasi udara dari dan keluar laptop jadi lebih baik. Engselnya pun bisa dibuka hingga 180 derajat.

ergolift hinge expertbook b9400ce

Material magnesium-lithium alloy yang sangat ringan, tapi kuat. Rasanya seperti plastik sih, tapi jauh lebih kuat.

Backlit keyboard agar tombol laptop dapat tetap terlihat dalam kondisi cahaya gelap yang semakin canggih berkat teknologi spill-resistant keyboard yang menjaga agar laptop tetap aman ketika keyboard terkena cairan, tersiram air minum, kopi, atau teh secara tidak sengaja. Tapi, jangan sekali-kali merendam laptop ini ke dalam kolam, ya!

NumberPad di bagian Touchpad untuk input angka bagi pengguna yang membutuhkan layout seperti kalkulator.

keyboard numberpad expertbook b9400ce

Sudah lulus sertifikasi MIL-STD 810G, uji ketahanan standar Amerika Serikat, yang meliputi pengujian engsel hingga 50 ribu kali buka tutup, kekuatan port, tekanan panel hingga 30 kg tanpa kerusakan layar, jatuh dari ketinggian 120 cm, getaran hingga 500Hz dari segala arah selama 1 jam, tes ketinggian hingga 15.000 kaki, sampai pengetesan di suhu udara mulai dari 0-50 derajat celcius selama 20 jam.

Mendukung teknologi Wifi 6 untuk koneksi internet nirkabel yang lebih cepat.

Kenapa harus menggunakan ASUS ExpertBook B9400CE?


Untuk mendukung aktivitas mobile, maka seseorang perlu laptop yang mudah dibawa-bawa dan powerful untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Dengan bobotnya yang ringan dan dimensi ringkas, sudah pasti laptop ini tidak akan ngerepotin. Dibekali keamanan ekstra seperti Windows Hello sehingga kita bisa membuka kunci laptop hanya dengan menampakkan wajah di depan layar ataupun sidik jari.

Bagaimana ASUS ExpertBook B9400CE membantu menyelesaikan masalah harian saya?


Bobot yang ringan dan ketebalan yang sangat tipis 14,9 mm membuat bepergian membawa laptop ini jadi sangat santai.

Kalau dari hasil menimbangan saya, bobot laptop saja adalah sekitar 970 gram. Sedangkan untuk charger-nya memiliki beban sekitar 360 gram. Kalau ditotal berat keseluruhan jika membawa laptop beserta charger-nya adalah lebih kurang 1,33 kg.

Ini adalah bobot yang sangat sangat sangat ringan untuk sebuah laptop. Umumnya, bobot unit laptop ringan itu adalah sekitar 1,5 kg, belum termasuk charger. apalagi, charger laptop ini bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone dengan port USB Type-C.

Kemudian, karena spesifikasi yang tinggi, jadi apapun kebutuhan saya untuk menjalankan aplikasi, laptop ini sudah siap, khususnya menjalankan Photoshop dengan project berukuran besar hingga ratusan MB, dan membuka browser dengan banyak tab sekaligus, tidak membuat laptop ini jadi lemot.

work expertbook b9400ce

Tidak kalang penting, baterainya yang sangat awet. Dalam skenario pekerjaan saya sebagai jurnalis yang menuntut mobilitas tinggi, liputan, upload konten, meeting, berkirim email, editing foto, dan mengatur media sosial perusahaan, laptop ini bisa bertahan antara 4-5 jam dari kapasitas 100% hingga sekitar 30%. Durasi yang menurut saya ideal sampai di-charge kembali.

Dan yang paling menarik, karena laptop ini sudah mendapat sertifikasi MIL-STD-810G alias sudah lulus pengujian dalam berbagai skenario yang ekstrim, maka saya tidak khawatir apabila laptop ini terjatuh, kegencet, berada di ruangan yang dingin banget atau lingkungan bersuhu panas.

Bagian yang saya suka dari ASUS ExpertBook B9400CE?


Layar jernih dengan lapisan anti-glare. Ketika menggunakan laptop ini di luar ruangan atau dalam ruangan dengan pencahayaan yang tinggi, anti-glare nya membuat layar jadi tidak memantulkan cahaya. Selain itu, warna yang ditampilkan oleh layar juga menjadi lebih tegas dan nyaman di mata.

Output audio yang sangat memuaskan. Berbekal sistem audio dari harman / kardon, suara yang dihasilkan terdengar bulat, kencang, bass-nya juga enak banget, dan tidak ada noise. Nonton video dan dengar lagu di laptop ini jadi pengalaman yang lebih menyenangkan. Untuk saya pribadi, pengalaman nonton video referensi dari YouTube jadi enak banget dan hiburan di Netflix jadi lebih memuaskan.

Engsel yang memungkinkan laptop untuk bisa dibuka dengan satu tangan. Bagi sebagian orang, ini mungkin tidak terlalu penting, namun kelebihan ini ternyata membuat saya sangat nyaman ketika membuka laptop. Tidak ada lagi rasa kesal karena laptop susah dibuka. Bahkan, hanya dengan jari telunjuk, bisa terbuka dengan mudah.

stylish expertbook b9400ce

Ada 2 port USB Type-C Thunderbolt yang mendukung power delivery. Kelengkapan port lainnya, ada HDMI, mini HDMI, USB Type-A, dan Kensington Lock.

Daya tahan baterai yang sangat awet dan cepat penuh ketika charge. Berkapasitas 66Whrs, baterai ini bisa di-charge dengan charger smartphone dengan output USB Type-C. Dalam kondisi menjalankan aktivitas bekerja harian seperti menulis naskah artikel, email, nonton referensi di YouTube, meeting online, hingga editing foto, saya gunakan jam 9 pagi saat baterai masih 100%, kemudian jam 12 siang saat istirahat masih tersisa sekitar 50%. Saat istirahat kerja, sekitar 60 menit, saya tinggal untuk isi baterainya, dan ketika masuk jam kerja, baterainya sudah penuh lagi, bisa lanjut proyek sampai pulang tanpa khawatir kehabisan baterai atau ngecas lagi.

Charger 65W dengan output USB Type-C yang dimensinya ringkas serta memiliki bobot yang ringan banget.

Webcam dengan kualitas yang cukup baik. Ada penutup kamera manual (Webcam Shield) untuk keamanan yang lebih pasti sehingga tidak perlu lagi ditutupi tisu atau jepitan jemuran donk. Bagi yang khawatir webcam-nya disadap oleh hacker, Webcam Shield akan membuat kita merasa lebih aman.

Bobot ringan dan desain yang ringkas. Jadi bisa dibawa-bawa dengan mudah, baik digenggam maupun masuk ke ransel.

master fakry expertbook b9400ce

Warna Star Black yang mewah dan permukaan yang tidak mudah kotor akibat bekas sidik jari.

Ada fitur Fn lock. Mungkin bagi sebagian orang, Fn adalah tombol yang sepele. Namun, bagi saya, fitur Fn lock ini sangat berguna.

Bagian yang kurang saya suka dari B9?


Port yang sangat terbatas, tidak ada slot SD card atau micro-SD. Namun, ASUS masih menyediakan dongle RJ45 melalui port micro HDMI untuk pengguna yg ingin menggunakan jaringan LAN. Jika ingin menggunakan mouse, sebaiknya pakai yang bluetooth agar port USB yang ada bisa digunakan untuk keperluan lain seperti flashdisk.

kelengkapan port

Arrow key sangat kecil, tapi ini umum sih untuk laptop 14 inci.

Tidak dibekali Microsoft Office Home & Student 2019, padahal laptop ASUS lainnya dengan harga yang lebih terjangkau sudah termasuk.

Siapa yang cocok menggunakan laptop ini?


Profesional yang punya aktivitas mobile dan perlu laptop yang kuat untuk menjaga produktivitas, seperti pengusaha dan businessman. Kemudian, Laptop ini juga cocok untuk content creator, designer hingga photographer karena layarnya 100% sRGB yang dapat menampilkan detail warna yang akurat.

Laptop ini kurang cocok untuk pengguna yang ingin bermain game. Menurut saya, seseorang yang membeli dan menggunakan laptop ini, kemungkinan kecil sih untuk bermain game. Sebab, dari segmennya saja menyasar ke pengusaha dan businessman.

Meskipun demikian,  sebenarnya masih bisa gaming yang ringan, seperti mostly game PlayStation 1 yang dimainkan menggunakan emulator PC. Saya juga pernah mencoba Metal Slug yang dibeli dari website Steam, bisa jalan lancar juga.

Karena dimensinya yang ringkas dan ringan, ASUS ExpertBook B9400CE dapat dibawa dengan mudah dan digunakan di mana saja dengan nyaman, mulai dari meja cafe yang sempit, kursi bandara, saat duduk di kereta hingga pesawat.

Di mana bisa membeli ExpertBook ini?


ASUS ExpertBook B9400CE yang direview ini, Intel i7 Gen 11, RAM 16GB, storage SSD 1TB, sistem operasi Windows 10 Pro, dan garansi 3 tahun, harganya adalah Rp29.999.000.

Jika ingin varian yang lebih terjangkau, bedanya hanya di sistem operasi yang menggunakan Windows 10 Home, harganya Rp27.999.000.

Jika terarik untuk membeli, ASUS ExpertBook B9400CE bisa dibeli salah satunya melalui website resmi ASUS Indonesia DISINI.

***

Well, sampai disini review saya mengenai ASUS ExpertBook B9400CE. Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan laptop ini. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Akan saya jawab sebisanya berdasarkan pengalaman selama menggunakannya.

Posting Komentar untuk "Review ASUS ExpertBook B9400CE Indonesia"