Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Galaxy A34 5G! Smartphone Awesome dari Samsung

Galaxy A34 5G

Halo teman-teman!

Kali ini, saya berkesempatan untuk me-review sebuah smartphone Android dari Samsung, yaitu Galaxy A34 5G. Lebih kurang, saya telah menggunakan smartphone ini selama dua pekan, mulai dari untuk keperluan komunikasi, internetan, foto hingga gaming.

samsung galaxy a34 5g

Galaxy A34 5G adalah smartphone Android dari Samsung dengan spesifikasi RAM 8 GB dan storage 128 GB. Warna yang direview adalah Awesome Graphite. Smartphone ini sudah bersertifikat IP67 Water & Dust Resistant dan dilengkapi dengan Triple Camera 48 MP dengan OIS.

Kotak kemasannya cukup tipis dan berisi unit smartphone, kabel data Type-C to Type-C, SIM ejector, dan dokumen. Namun sayangnya, tidak ada kepala charger dan casing yang disertakan. Saat baru dibuka, sisi smartphone dilindungi dengan plastik.

Desain


Warna yang saya review adalah Awesome Graphite, dope, keren banget.

Desain Galaxy A34 5G ini menurut saya elegan dan minimalis. Lebih mantap lagi, desainnya itu mirip dengan flagship seri Galaxy S23. Terdapat notch di tengah atas layar untuk tempat Selfie Camera.

Layarnya 6,6 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 p) dengan panel Super AMOLED dan punya refresh rate hingga 120 Hz.

volume rocker

Untuk hiburan nonton video, layar Galaxy A34 5G tersebut jujur, enak banget. Apalagi dengan dukungan audionya juga yang menurut saya memuaskan. Jadi, betah berlama-lama scrolling konten di smartphone ini.

port

Feeling saat menggenggamnya, jujur saja, ukurannya cukup besar, dengan bagian belakang yang rata bange sehingga sudutnya terasa banget di genggaman. Nyaman sih, tapi rasanya ada yang mengganjal gitu kalau menggenggam dalam waktu yang cukup lama.

Kamera


kamera Galaxy A34 5G

Kualitas kamera Galaxy A34 5G sih biasa aja. Menurut pendapat saya, kamera utama dan bokeh-nya bagus dan memuaskan, meskipun bukan yang terbaik. Namun kamera ultrawide-nya kurang memuaskan karena efek kabut atau buram yang terlihat saat mengambil gambar.

Anda bisa lihat hasil foto menggunakan Galaxy A34 5G di Instagram pribadi saya!


Saat digunakan untuk rekam video, dikarenakan smartphone ini sudah support OIS, sehingga hasil rekaman videonya tidak goyang. Ada goyang pun hanya sedikit. Yang penting tangan stabil. Saya suka stabilitasnya.

Namun, ketika saya nyalakan Super Steady Mode untuk meningkatkan stabilitasnya, kualitas rekaman videonya malah jadi turun drastis. Terasa banget penurunan kualitasnya.

Pengalaman Gaming


Saat diuji coba untuk gaming, smartphone yang dibekali chipset MediaTek Dimensity 1080 MT6877V/TTZA ini mampu menjalankan game Battle Royale yang paling berat menurut saya, yaitu PUBG Mobile.

Kemudian, saya juga mencoba game yang lebih ringan dan sedang digandrungi oleh gamer tanah air, seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Free Fire. Satu lagi yang saya coba adalah Ragnarok Origin, sebuah MMORPG dari IP yang sangat populer di zamannya, yaitu Ragnarok Online.

main Ragnarok Origin

Game tersebut saya pilih karena itulah yang paling banyak dimainkan oleh gamer Indonesia. Jadi, harusnya sudah mewakili kebutuhan gaming kekinian lah ya.

Hasilnya, saya tidak merasakan ada kendala apapun saat memainkan game-game tersebut di Galaxy A34 5G ini. Lancar semua!

Baterai


Kapasitas baterai Galaxy A34 5G ini adalah sebesar 5.000 mAh dan sudah mendukung fast-charging 25W.

Sayangnya, tidak ada charger bawaan yang disertakan, sehingga harus membeli sendiri atau menggunakan yang sudah ada. Saya melakukan pengisian daya menggunakan charger 65 W dari ROG Phone 5.

Walaupun saya menggunakan charger 65 W, dikarenakan hape ini cuma support hingga 25 W maka daya yang bisa diserap saat ngecas hanya sebesar 25 W. Tidak bisa lebih cepat lagi.

selfie dengan galaxy a34 5g

Dalam keadaan layar mati, saat diisi daya, masih ada info status baterai yang diperlihatkan, ini sangat berguna untuk mengetahui perkiraan waktu baterai terisi penuh.

Menurut saya, baterai Galaxy A34 5G ini awet banget, untuk penggunaan normal seperti medsos, browsing, foto-foto, dan gaming sebentar, bisa bertahan seharian.

Berdasarkan pengetesan saya, dari 6%, sekitar 15 menit terisi hingga 33%, kemudian 15 menit lagi terisi hingga 47%. Lanjut cas lebih lama, sekitar 30 menit, terisi hingga 89%. Untuk pengisian penuh, saya rasa smartphone ini butuh waktu sekitar satu setengah jam.

Kesimpulan


Galaxy A34 5G tampil dalam desain elegan dan minimalis, dilengkapi dengan spesifikasi RAM 8 GB dan storage 128 GB yang cukup memadai. Kamera utama dan efek bokeh-nya cukup bagus, meskipun kamera ultrawide-nya kurang memuaskan. Performa gaming Galaxy A34 5G juga cukup baik, mampu menjalankan game dengan lancar tanpa kendala. Namun, sayangnya tidak ada kepala charger dan casing yang disertakan dalam kotak kemasan.

Baterai Galaxy A34 5G memiliki kapasitas yang cukup besar, namun tidak ada charger bawaan yang disertakan, sehingga harus membeli sendiri atau menggunakan yang sudah ada. Pengisian daya cukup cepat dengan fast-charging 25W, namun waktu pengisian penuh membutuhkan sekitar satu setengah jam lebih sedikit. Fitur info status baterai saat pengisian daya dalam keadaan layar mati dianggap sangat berguna.

samsung galaxy a34 5g user interface

Dengan demikian, Galaxy A34 5G dapat menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang mencari smartphone dengan desain menarik, performa gaming yang baik, dan baterai yang awet, namun perlu diingat bahwa tidak ada kepala charger dan casing yang disertakan dalam kotak kemasan.

Harga


Jika tertarik dengan smartphone ini, Galaxy A34 5G yang saya review ini dibandrol Rp4.999.000, sedangkan versi dengan storage lebih tinggi, yaitu yang dibekali kapasitas storage 256 GB, harganya Rp5.399.000.

Tinggal pilih, mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget!

Posting Komentar untuk "Review Galaxy A34 5G! Smartphone Awesome dari Samsung"